AksesorisElektronikKameraPhotography

5 Rekomendasi Flash Eksternal Terbaik Untuk Kamera Mirrorless

Flash eksternal merupakan peralatan fotografi yang sangat penting. Lampu kilat ini cukup esensial bagi seorang fotografer. Karena dapat membantu para fotografer menghasilkan cahaya pada saat menangkap sebuah momen terlebih pada kondisi minim cahaya.

Terdapat 2 jenis lampu flash kamera, yaitu Flash kamera DSLR dan Flash kamera Mirrorless. Untuk flash kamera DSLR sangat mudah didapatkan, berbeda halnya dengan kamera mirrorless yang cukup sulit untuk didapatkan. Lampu flash yang bisa digunakan untuk kamera mirrorless pun biasanya dibuat spesifik untuk merek tertentu.

Meski begitu terdapat 5 rekomendasi lampu flash yang dapat digunakan khusus untuk kamera mirrorless Anda. Simak ulasannya!

1. Fujifilm EF-X500

Di urutan yang pertama, ada Flash Fujifilm EF-X500. Lampu ini banyak digunakan kamera mirrorless. Untuk hasil terbaik sebaiknya Anda menggunakannya dengan kamera mirrorless Tipe Fujifilm. Ada banyak fitur yang ditawarkan. Yaitu, terdapat flash coverage sebesar 24-105 mm. Kemudian, flash Fujifilm EF-X500 ini memiliki fitur wide panel dan zoom yang berguna membantu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Selain itu, terdapat kepala flash yang dapat diputar hingga 180 derajat ke kanan, 135 derajat ke kiri, 90 derajat ke atas, 10 derajat ke bawah. Sayangnya, flash Fujifilm EF-X500 harganya sekitar Rp 7 juta. Tergolong mahal bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan.

2. Nissin i60A

Flash satu ini cukup sesuai dengan berbagai merek kamera mirrorless. Flash Nissin i60A dapat kamu pakai pada kamera mirrorless Fujifilm, Micro ¾, Canon, Nikon, dan Sony. Flash Nissin i60A dapat transmit High Sync Speed (HSS) dan auto (TTL).

Selain itu bisa digunakan dalam slave mode off camera dengan Nissin Air 1 commander. Flash ini juga sudah dilengkapi LCD untuk memudahkan setelan saat digunakan. Harga untuk flash ini berada diangka Rp 3,8 juta.

3. Yongnuo YN560

Flash Yongnuo YN560 sudah cukup terkenal sebagai flash untuk kamera mirrorless. Menariknya, flash satu ini dilengkapi fitur pengaturan cahaya otomatis, dilengkapi dengan 20 dynamic colors and correction yang membantu mempertegas warna pada hasil foto yang Anda tangkap.

Lihat juga:  8 Merk Speaker Premium Terbaik 2022

Yongnuo YN560 memiliki teknologi wireless transceiver fantastic (controlling ability, realizing remote control and the flash mode, and focal length). Selain itu YN560 ini juga memiliki ISO 100 dalam 105mm. Flash Yongnuo YN560 ini berkisar Rp 850 ribuan saja.

4. Meike MK320

Khusus Anda pengguna kamera Sony dan Fujifilm Flash Meike MK320 ini sangat direkomendasikan. Harganya terbilang masih bisa dijangkau, yaitu sekitar Rp 1 jutaan,-. Memiliki desain unik, dibagian kepala Meike MK 320 ini dapat digeser ke atas dan ke bawah hingga 90 derajat serta 120 derajat untuk ke kiri dan ke kanan.

Selain itu, Meike MK 320 bisa transmit High Sync Speed (HSS), TTL, manual dengan full power 1/1 hingga 1/128, multi front/rear sync, slave optik S1 dan S2. Flash ini juga dilengkapi dengan LCD yang menampilkan pengaturan kamera seperti indikator baterai dan ISO dan mode flash. Selain itu Meike MK 320 juga dapat mengatur flash mode menggunakan fill flash atau wireless.

5. Godox TT350

Di urutan terakhir ada Godox TT350. Flash ini support untuk semua kamera mirrorless, tergantung kode huruf di bagian paling belakang nama tipe flash ini. Godox TT350 bisa transmit auto (TTL), manual flash, dan multi flash dengan kecepatan sinkronisasi mencapai angka 1/8000s.

Terdapat 2 buah baterai AA pada Godox TT350 ini. Meski demikian, flash ini mampu menghasilkan cahaya hingga 210 kali dalam kondisi baterai penuh. Anda dapat mengatur flash ini melalui LCD. Harga yang ditawarkan untuk flash Godox TT350 yaitu, sekitar Rp1,2 jutaan.

Bagi Anda yang ingin membeli Flash kamera Mirrorless, silahkan klik disini.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi lampu flash eksternal untuk kamera mirrorless. Anda dapat memilih dengan menyesuaikan merek kamera mirrorless yang digunakan. Selain itu, ketika membeli Anda harus mengecek spesifikasinya, flash manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, dari kelima itu mana lampu flash yang akan Anda pilih?