AksesorisAplikasiApplicationGadgetsSmartphoneTechnology

5 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik 2022

5 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik 2022

Saat ini teknologi telah merajalela, tak ketinggalan smart lamp. Dengan pencahayaan yang tepat, kita mengatur suasana yang tenang dan nyaman di dalam ruangan, bahkan bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Secara sederhana, lampu pintar adalah salah satu perangkat yang berbasis IoT (Internet of Things). Perangkat ini menggabungkan lampu LED dengan sensor. Oleh karena itu, lampu pintar mampu memberikan kemudahan yang tidak dapat diberikan oleh lampu konvensional.

Selain itu, beberapa lampu pintar dilengkapi dengan remote control yang dapat dioperasikan melalui smartphone. Berikut ini adalah 5 rekomendasi lampu terbaik 2022 untuk rumah Anda.

1. Philips 4x Smart WiFi LED Downlight

Jika Anda ingin lampu pintar dengan instalasi praktis dan fitur powerful, Philips 4x Smart WiFi LED Downlight ini adalah pilihan yang tepat. Dapat dioperasikan melalui remote control atau voice command, lampu ini cocok untuk rumah yang memiliki langit-langit tinggi.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan lampu, dari hangat ke terang. Lampu ini memiliki tingkat kecerahan sampai 600 lumens dan derajat cahaya putih yang dapat diatur dari 2700k hingga 6500k. Tak hanya mudah dioperasikan, lampu ini juga dapat menghemat tagihan listrik dengan konsumsi daya 9 W. Lampu ini diklaim mampu bertahan hingga 15.000 jam.

Berbeda dari lampu pintar Philips Hue, Philips 4x Smart WiFi LED Downlight ini tidak memerlukan hub khusus untuk instalasinya. Kamu hanya membutuhkan hub lampu biasa untuk dapat menikmati fitur canggih lampu ini. Harga lampu pintar Philips 4x Smart WiFi LED ini dibanderol Rp1 jutaan.

2. Bardi Smart Light Bulb 12W

Bardi Smart Home atau Bardi adalah took yang bergerak pada produk smart home dan bersertifikasi di Indonesia. Dengan tagline “Always in Control” Bardi smart home hadir di berbagai daerah di Indonesia.

Bardi smart bulb sendiri memiliki berbagai kombinasi warna RGB di dalamnya. Bahkan, diklaim memiliki hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Rentang kecerahan lampu sendiri berada di angka 90-900 lumens, Anda dapat mengatur lampu ini dengan mudah melalui aplikasi Bardi Smart Home selama terkoneksi dengan Wi-Fi.

Bardi Smart Bulb RGBWW 12W WiFi Wireless IoT sangat mudah dipasang. Pasalnya, ia menggunakan ulir E27, fitting lampu paling umum di Indonesia. Untuk mengatur lampu, Anda wajib menggunakan aplikasi Bardi yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

3. Xiaomi Yeelight Bedside Lamp

Xiaomi Yeelight memungkinkan Anda untuk dapat menikmati pencahayaan lampu yang berwarna-warni. Smart lamp ini didesain untuk dapat diletakkan dekat tempat tidur agar suasana kamar dapat diatur sesuai keinginan.
Lampu ini desain menyerupai tabung yang dapat terhubung melalui konektivitas Bluetooth. Untuk mengatur cahaya lampu sesuai dengan keinginan, pengaturannya dapat dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana: AutoCAD atau Sketchup?

Selain itu Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dan warna lampu dengan sensor sentuhan. Dengan mengaplikasikan gestur sentuhan yang berbeda, Anda dapat mengaplikasikan fungsi pengaturan yang responsif dan praktis untuk menciptakan bermacam warna menyesuaikan suasana hati Anda.

Uniknya, pengguna Xiaomi Mi Band juga dapat melakukan sinkronisasi praktis dengan lampu pintar ini untuk dapat mendeteksi waktu dan rutinitas. Ketika meninggalkan lampu dalam keadaan menyala sebelum tidur, cahaya lampu akan padam secara otomatis. Tanpa perlu mematikan secara manual.

4. Philips Hue Go

Produk Philips yang satu ini memiliki keunggulan dari segi kepraktisannya yang tanpa menggunakan kabel. Walauoun digunakan di dalam rumah, Anda dapat memindahkan posisi lampu untuk dipasang di kamar tidur, ruang keluarga hingga dapur. Bentuknya didesain minimalis seperti menyerupai mangkuk untuk penempatan yang serasi dengan berbagai ruangan rumah Anda.

Fungsi lampu ini perlu terhubung dengan fungsi bridge untuk integrasi konektivitas lampu Philips Hue Go dengan Philips Hue lainnya. Ketika sudah terkoneksi dalam satu jaringan, Anda dapat menyalakan dan memadamkan lampu hanya melalui aplikasi smartphone.

Baterai lampu ini dapat diisi ulang selama 1,5 untuk waktu penggunan selama 3 jam. Untuk menciptakan suasana hangat di pelataran rumah, Anda dapat memindahkan letak lampu ini dengan praktis dan mudah.

5. LIFX LED Lamp

LIFX tersedia dalam berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk waktu awal penggunaan lampu, Anda dapat memilih LIFX Z LED Starter Kit yang tersedia di marketplace Indonesia. Setelah memiliki starter kit, Anda perlu mengatur pemasangan strip lampu untuk ditempelkan pada permukaan ruangan yang dinginkan.

Setelah lampu dipasang, lampu LIFX dapat dihubungkan melalui koneksi WiFi. Setelah terhubung, unduh aplikasi pada gadget Anda yang tersedia dalam versi Android, iOS dan Windows untuk mengatur fungsi lampu LED dengan lebih mudah.

Selain itu warna dan fitur cahaya lampu LIFX dapat diubah sesuai dengan keinginan. Penyesuaian warna cahaya juga bisa kamu atur sesuai dengan suasana yang ingin kamu ciptakan pada ruangan di rumah.

Semua lampu pintar tersebut dapat Anda temui disini.

Kesimpulan

Pada dasarnya, fungsi lampu pintar adalah kemudahan untuk menyesuaikan dengan mood yang Anda punya. Selain itu kemudahan lain ialah dapat dikoneksikan baik Bluetooth ataupun WiFi. Akses kendalinya juga bisa kamu akses dengan mudah dari gadget.

Terlepas dari rekomendasi merek, kamu harus memastikan bahwa lampu yang kamu miliki bisa dipakai dengan mudah sesuai kebutuhan. Nah, itu tadi rekomendasi lampu pintar terbaik yang bisa Anda beli. Mana yang paling cocok untuk Anda?