AksesorisElektronikGameTechnology

5 Stik Kontroler Terbaik untuk Game PC 2022

5 Stik Kontroler Terbaik untuk Game PC

Stick PC menjadi bagian tak terpisahkan dalam bermain game di komputer maupun smartphone. Alasannya adalah menggunakan joystick membuat pengaturan permainan lebih mudah dan mendapatkan pengalaman terbaik. Namun, Anda harus jeli dalam memilih joystick terbaik. Baik itu dari segi performa, desain, hingga harga yang ditawarkan.

Bagi para gamer PC, keyboard dan mouse bisa jadi sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi banyak judul game yang ada. Namun, khusus untuk game bergenre fighting, simulasi penerbangan, pertempuran udara, dan balapan akan lebih maksimal jika kita menggerakkannya dengan sebuah stik kontroler (joystick maupun gamepad).

Berikut 5 rekomendasi stik PC yang dapat Anda gunakan untuk bermain game!

1. Kontroler Xbox One

Kalau dari pengalaman penulis, menggunakan stik kontroler Xbox One untuk PC terasa lebih intens dan adaptif. Bobotnya yang pas dan bahannya yang berkualitas membuat pengontrol game yang satu ini banyak dipilih untuk digunakan secara universal, yakni untuk Microsoft Windows 10 dan konsol Xbox One.

Pada web resminya, produk ini dijual seharga 79,99 dolar AS atau setara Rp1,1 juta. Harga ini sudah termasuk wireless adapter untuk koneksi nirkabel. Namun, untuk menjalankannya, sistem operasi di PC milikmu juga harus Microsoft Windows 10 atau 11. Oh, ya, pastikan juga keaslian produk yang kamu beli. Pasalnya, banyak produk abal-abal yang dibuat mirip dengan stik kontroler yang satu ini.

Memainkan beberapa jenis game dengan stik kontroler akan membuat semuanya bertambah lengkap dan mengasyikkan. Namun, sebaiknya kamu tetap bijaksana dalam mengelola bujet untuk gaming, oke!

2. Razer Wolverine Ultimate

Selanjutnya ada Razer Wolverine Ultima Chroma yang kompatibel untuk Xbox One dan juga bisa Anda jadikan sebagai stick PC. Tombol-tombol yang dimilikinya dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan serta tingkat responsivitas tinggi saat digunakan. Selain itu juga terdapat tombol tambahan yang bisa disesuaikan.

Bahkan thumbstick dan tombol D-padnya bisa Anda ganti dengan ukuran berbeda sesuai keinginan. Berkat keunggulannya ini Anda dapat mengatur ukuran tombol yang sesuai saat digenggam. Ada pula pencahayaan RGB untuk pengalaman terbaik dan mudah diatur.

3. Astro C40 TR

Di Indonesia, stik kontroler Astro C40 TR dijual dengan harga Rp4 hingga 6 jutaan. Produk ini bisa digunakan untuk memainkan game PC dan PS4. Nah, salah satu kelebihan dari stik ini adalah bahan dasar dan teknologinya yang memang dibuat dengan presisi. Bobotnya juga terasa mantap di tangan dengan cepat menandakan bahwa produk tersebut terkesan mahal.

Lihat juga:  Pilih Mana: AC Daikin atau Sharp?

Modul dan beberapa tombol yang ada di sekujur bodi Astro C40 TR juga bisa dilepas-pasang. Tentu hal ini akan memudahkan kita dalam membersihkan sela-sela stik dari debu yang membandel. Yang membuat produk ini makin bergengsi adalah keterlibatannya dalam berbagai macam perlombaan gaming di seluruh dunia. Yup, produk Astro kerap kali dipakai gamer atau atlet esports sebagai kontroler resmi mereka.

4. Logitech F710

Setelah sukses dengan seri F320, Logitech mengeluarkan seri terbarunya yakni Logitech F710 Wireless Gampead. Joystick ini sangat cocok bagi Anda dengan preferensi yang ringkas saat bermain game. Sebab, Anda hanya tinggal memasukkan reciver nano yang ada pada port USB untuk transmisi data 2,4 GHz dengan sangat responsif. Untuk sumber tenaga, mengandalkan baterai tipe AA dua unit.

Fitur Dual Vibration Feedback Motor menjadikan permainan semakin seru. Tidak hanya mudah dikustomisasi, Logitech F710 Wireless Gampead juga kompatibel digunakan dengan TV Sony Android. Pegangan joystick ini sangat kokoh dan kuat sehingga lebih stabil saat digunakan dengan 10 tombil yang bisa diprogram.

5. 8BitDo SN30 Pro

Jika Anda pecinta retro dan ingin bernostalgia dengan joystick PC gaya lama, 8BitDo SN30 Pro bisa menjadi pilihan. Mengusung konsep joystick Super Nintendo klasik, seolah membuat Anda kembali ke masa lalu dengan game platformer 2D dan JRPG. Letak tombolnya pun langsung akrab Anda kenali.

Walaupun mengusung tema yang jadul, kemampuan stick ini tidak perlu diragukan lagi. Desain dan bodinya sendiri cukup kokoh. Begitu juga dengan tombol yang nyaman. Hanya saja, beberapa gamers menyebutkan jika kurang nyaman bila digunakan dalam permainan yang cukup panjang. Dengan harga berkisar di angka Rp470 an Anda sudah dapat memiliki stick ini.

Kesimpulan

Dari semua stick PC tersebut, dapat menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari gamepad untuk PC terbaik. Dengan adanya stick khusus, akan membuat aktivitas gaming Anda akan terasan lebih nyaman saat bermain. Jika Anda mencari kelima stick tersebut, bisa Anda temukan disini.