AplikasiApplicationGameTechnology

7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik 2022

7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik 2022

Merekam layar PC, baik itu laptop maupun komputer biasanya dilakukan ketika kita ingin membuat video tutorial atau untuk membuat video streaming saat bermain game. Untuk mendapatkan hasil rekaman video yang maksimal, tentunya akan Anda membutuhkan software khusus untuk merekam monitor PC dengan hasil yang tajam.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda temukan, beberapa dari aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Berikut 7 aplikasi perekam layar PC terbaik tahun 2022.

1. Action!

Di posisi pertama, ada aplikasi Action! Keunggulannya dari software ini adalah Anda dapat merekam video dengan resolusi HD hingga 1080p. Hasilnya, video yang Anda hasilkan jadi super jernih. Aplikasi ini dapat dijadikan rekomendasi untuk Anda gunakan melakukan streaming secara real time.

Poin plus lainnya adalah kita bisa mengambil gambar (screencapture) secara cepat. Format file yang dihasilkan nanti adalah berupa MP4 dan AVI. Tertarik mengunduhnya?

2. Dxtory

Dxtory merupakan software yang digunakan untuk merekam layar PC. Aplikasi ini ringan dan memiliki user interface dan pengaturan yang sederhana, sehingga cocok untuk digunakan pemula. Dxtory juga mampu merekam video dengan kualitas yang tinggi dan dapat merekam dua audio secara langsung. Sangat cocok untuk membuat video tutorial untuk di upload ke Youtube.

3. XSplit Gamecaster

Aplikasi untuk merekam layar PC berikut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan streaming saat bermain game. Xsplit Gamecaster dapat menayangkan streaming ketika sedang bermain game dengan lancar. Xsplit Gamecaster juga menayangkan video streaming dengan kualitas asli sesuai yang Anda mainkan.

4. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Jika Anda sedang malas, Anda dapat mencoba aplikasi Apowersoft Free Online Screen Recorder. Kelebihannya, tidak ada batasan waktu sama sekali saat merecord sebuah video. Selain itu ada banyak opsi ekspor file dan watermark yang mengganggu. Apowersoft cocok digunakan untuk merekam presentasi, tutorial hingga peragaan perangkat lunak.

Walaupun demikian, Apowersoft tidak cocok dipakai untuk merekam game, dikarenakan ada beberapa iklan yang cukup mengganggu pemandangan. Opsi lain yang bisa lakukan, Anda dapat merekam seluruh layar atau menyeleksi sebagian area tertentu saja.

Lihat juga:  Pilih Mana: WordPress atau Joomla?

5. Debut Video Capture

Video Capture merupakan software yang dikembangkan oleh perusahan NCH, aplikasi edit video ternama. Meskipun interface-nya sedikit ketinggalan zaman, namun setidaknya aplikasi ini mudah untuk dipahami. Dengan Debut Video Capture, Anda dapat merekam layar tanpa batas waktu dan watermark. Dan yang terpenting, aplikasi ini dapat didownload secara gratis.

Pasca merekam layar, tidak ada opsi untuk edit video, namun kita bisa mengedit filter serta menambahkan teks dan watermark sendiri sesuai yang kita inginkan. Hasilnya bisa disimpan dalam format MP4, MOV dan AVI, namun tak bisa mengekspor video langsung ke YouTube atau Facebook.

6. OBS Studio

Selanjutnya ada OBS Studio, aplikasi merekam layar PC yang dapat didownload secara gratis. Ini adalah software yang bisa melakukan screen recording sekaligus streaming game. Perekaman menghasilkan video berkualitas HD dan tak ada batasan panjang video. OBS Studio merupakan aplikasi berjenis open source, oleh karena itu tak perlu lisensi jika ingin memakainya.

Melalui OBS Studio, Anda dapat melakukan streaming langsung ke Twitch atau YouTube, lalu menyimpan proyek video dan hasilnya nanti akan berupa format FLV. Di sisi lain, minusnya Anda perlu menyesuaikan diri untuk memahami aplikasi ini.

7. ShareX Screen Recorder

Selain beberapa aplikasi tersebut yang dapat Anda coba adalah mengunduh ShareX Screen Recorder. Kelebihan aplikasi ini ialah bisa menyimpan sebagai video atau GIF serta terdapat puluhan opsi ekspor. Namun, minusnya adalah antarmuka terlihat kaku dan tidak cocok untuk merekam game.

ShareX bersifat open source, tentunya tanpa disertai dengan watermark yang mengganggu dan bebas merekam video tanpa batasan waktu. Uniknya, Anda dapat merekam dengan opsi GIF, fitur yang jarang ada di aplikasi sejenisnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi untuk merekam layar PC untuk mendukung pembuatan video tutorial atau video streaming saat bermain game favorit Anda. Agar kualitas dari video yang Anda rekam lebih maksimal, gunakan peralatan tambahan lain seperti webcam dan microphone berkualitas yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko online. Semoga bermanfaat.