Kesehatan

7 Koyo Terbaik untuk Redakan Pegal dan Nyeri Otot

Selain balsam, koyo adalah salah satu cara praktis untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Berbentuk patch atau lembaran yang dapat ditempel langsung pada titik nyeri.  Efek penggunaan koyo bisa Anda rasakan dengan cepat, sehingga sinyal otak menutupi rasa nyeri dengan rasa hangat atau panas yang Anda rasakan.

Ada banyak merk produk koyo terbaik yang dijual di pasaran. Beberapa jenis koyo tersebut memiliki rasa panas, ukuran, dan bahan plester yang berbeda serta memiliki keunggulannya masing-masing.

Berikut rekomendasi koyo paling bagus yang bisa dipilih beserta estimasi harganya!

1. Hansaplast Koyo Panas

Banyak yang mengenal Hansaplast sebagai plester untuk mengobati luka. Namun ternyata Hansaplast juga memiliki produk Koyo Panas berfungsi untuk meredakan nyeri otot dan pegal-pegal. Koyo ini memiliki bahan plester yang lembut dan breathable (berpori) sehingga tidak membuat kulit pengap. Ukurannya pun cukup besar untuk menutup area bermasalah yang luas.

Ketika digunakan, koyo merekat dengan baik dan rasa panasnya tidak membuat perih di kulit. Rasa hangat dan aromanya sangat menenangkan. Uniknya, kain plester ini sangat tipis dan warnanya senada dengan warna kulit sehingga tidak begitu mencolok jika sedang pakai koyo ketika beraktivitas di luar.

Di sisi lain, kemasan utama produk ini dibuat dengan teknologi heat lock agar kualitas koyo sisanya tetap terjaga dalam kemasan. Terdapat 10 lembar koyo dalam satu sachet. Ukuran koyo ini hanya 5.5 cm x 10 cm. Jika Anda ingin membeli koyo Hansaplast, Anda hanya perlu menyiapkan budget Rp5 ribuan.

2. Koyo Cabe

Siapa yang tak mengenal Koyo Cabe? Dari namanya saja jelas bahwa koyo ini memberikan sensasi panas dan pedas yang paling kuat di antara lainnya. Pedas koyo cabe disebabkan karena kandungan capsaicin oleoresin.

Untuk awal pemakaian rasa pedasnya bisa terasa sangat tajam hingga mirip seperti melepuh. Selain itu, sensasi panas koyo cabe dapat bertahan lama. Aroma herbal cabenya pun juga sangat kuat. Koyo Cabe memiliki ukuran 5.5 cm x 4.5 cm. Harga koyo Cabe mulai dari Rp 9 ribuan saja.

3. Koyo Salonpas

Salonpas mungkin adalah koyo populer yang sering tampil di iklan-iklan TV. Koyo ini mengandung 7,18 g metil salisilat, mentol 5,66 g, champora 1,24 g yang dapat memberikan sensasi hangat untuk meredakan nyeri dan pegal-pegal pada otot.

Lihat juga:  Pilih mana: Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual?

Sensasi hangatnya juga kuat, namun tidak sampai sepedas koyo Cabe. Daya lekatnya tidak selengket Koyo Cabe dan pelepasannya juga tidak perih. Tidak hanya meredakan pegal, koyo Salonpas bisa juga dapat mengatasi sakit kepala, sakit gigi, memar, tangan atau kaki yang terkilir, dan nyeri pada sendi.

Untuk harga koyo Salonpas sangat murah yaitu, Rp6 ribuan per pcs.

4. Koyo Takahi

Takahi Koyo Hangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, sakit otot leher, punggung pegal, memar, hingga nyeri sendi.

Keunggulan lainnya adalah, Takahi koyo mampu bertahan hingga 8 jam. Saat digunakan pun rasa panasnya tidak perih di kulit serta plester juga terasa nyaman dan lembut. Namun perlu diingat, produk ini hanya diperuntukkan untuk anak usia 12 tahun ke atas. Estimasi harga Takahi Koyo adalah Rp 4.850.

5. Koyo Neo Rheumacyl

Koyo Neo Rheumacyl berukuran 4 x 6 cm. Koyo ini memiliki warna yang sama dengan warna kulit. Dalam satu sachet, berisi 10 lembar koyo. Saat digunakan, rasa panasnya pas dan tidak perih. Anda dapat menggunakan koyo ini sehari 3 kali untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, pegal-pegal, hingga sakit pinggang karena encok. Untuk membeli Koyo Neo Rheumacyl Anda cukup menyediakan Rp15.000 saja.

6. Counterpain Patch

Counterpain Patch merekat erat di kulit dan tidak mudah lepas, sehingga cocok digunakan di bagian tubuh yang ditekuk. Selain itu, koyo counterpain mengandung L-Menthol, glycol salicylate, dl-camphor, dan vitamin E.

Ukuran koyo ini adalah 10 cm x 7 cm. Saat digunakan, plester koyo terasa lembut dan mengeluarkan aroma segar. Rasa panas yang dihasilkan pun juga tidak akan perih dan iritasi.

Koyo ini umumnya dipakai untuk meredakan nyeri otot dan sendi akibat terkilir, keseleo, pegal-pegal, dan cedera akibat olahraga. Estimasi harga koyo counterpain adalah Rp9.500/Pcs dan kemasan isi 4 sachet mulai dari  Rp100 ribuan.

7. Tiger Balm Plaster-RD

Koyo Tiger balm bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada pundak, otot, punggung, hingga sakit kepala. Koyo ini memberikan sensasi panas yang kuat ketika ditempelkan pada kulit.

Dalam satu sachet berisi 2 plester koyo. Koyo ini juga mudah digunakan dan bisa menempel pada kulit dengan erat. Harga Tiger Balm Plaster sekitar Rp. 17.500 per pcs.

Kesimpulan

Menggunakan koyo adalah salah satu cara praktis bagi Anda yang ingin meredakan rasa sakit dan nyeri. Selain praktis, penggunaannya juga minim efek samping dibandingkan obat pereda nyeri yang diminum seperti pil. Selamat memilih!