HiburanOlahraga

7 Lomba Kemerdekaan 17 Agustus yang Unik dan Seru

Masyarakat Indonesia tengah bersiap memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan menjelang peringatan hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus. Mulai dari memasang bendera hingga mempersiapkan lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai lomba yang diadakan di sebuah lapangan untuk bersama memainkan perlombaan yang ada. Selain mempererat ikatan kekeluargaan kebersamaan dan jiwa nasionalisme, perlombaan-perlombaan ini juga disediakan dengan berbagai hadiah menarik seperti kulkas, mesin cuci, TV dan lain sebagainya.

Namun, apakah Anda tahu apa saja lomba-lomba 17 agustus yang unik dan seru untuk dilakukan di kampong Anda? Mari simak pembahasan berikut ini!

1. Panjat pinang

Panjat pinang adalah lomba yang selalu ada saat perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Dalam lomba ini, para peserta harus berusaha memanjat batang pohon pinang yang diberi oli untuk sampai ke puncak. Di puncak batang pohon pinang tersebut, telah tersedia beragam hadiah menarik seperti sepeda, kulkas, baju serta peralatan rumah tangga.

Dalam permainan ini, setiap peserta harus saling membantu agar salah satu anggota tim dapat berhasil mencapai sampai puncak pohon pinang untuk mengambil hadiah.

2. Bakiak

Bakiak juga merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang sering digunakan untuk lomba 17an. Bakiak umumnya terbuat dari kayu yang dibentuk menyerupai sandal bertali karet. Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal sehingga dimainkan oleh tiga orang. Setiap kelompok harus berjalan kompak menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah ditentukan untuk memenangkan pertandingan.

Kelompok yang pertama kali mencapai garis finish adalah pemenangnya. Karenanya, dibutuhkan ketangkasan, kekompakan, dan strategi sangat dibutuhkan agar anggota kelompok dapat melangkah dengan mudah.

3. Balap karung

Lomba balap karung sering ditemui pada perayaan 17 Agustus. Setiap peserta berlomba mencapai garis finish menggunakan karung. Cara mainnya pun cukup unik, peserta harus melompat di dalam karung mencapai garis finish. Agar lomba balap karung makin seru, biasanya panitia lomba menambahkan aksesori, seperti helm.

Lihat juga:  Pilih Mana: Speaker Aktif Roadmaster vs Polytron

4. Merias dengan mata tertutup

Lomba merias wajah dengan mata tertutup biasanya diikuti oleh perempuan baik ibu-ibu maupun remaja. Setiap kelompok terdiri dari dua orang. Satu orang sebagai perias dengan mata tertutup, sementara satu orang lainnya dirias. Permainan ini sangat seru karena hasil riasan biasanya cemong alias tidak rapi. Adapun pemenangnya adalah kelompok dengan hasil riasan paling bagus.

5. Tarik tambang

Lomba yang satu itu ini tak pernah absen saat perayaan kemerdekaan. Tarik tambang yang merupakan salah satu ikon perayaan 17 Agustus dapat dimainkan oleh semua kalangan. Cara bermainnya pun sederhana. Peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan minimal lima hingga sepuluh orang. Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang.

Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawannya terjatuh. Tak hanya kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kekompakan dan kerjasama tim yang baik.

6. Menangkap belut

Meski terlihat sederhana dan menggelikan, lomba menangkap belut ini sebenarnya sulit. Pasalnya, setiap peserta lomba harus menangkap belut yang sangat licin kemudian membawanya ke ember yang telah disediakan. Tak jarang peserta yang sudah berhasil menangkap belut harus kehilangan tangkapannya di tengah jalan karena tubuh belut yang sangat licin dan sulit untuk dipegang.

7. Makan kerupuk Lomba

Lomba ini selalu jadi yang menarik di antara yang lain saat perayaan 17 Agustus. Terlihat sederhana, namun lomba makan kerupuk sangat seru untuk di tonton. Setiap peserta harus makan kerupuk yang diikat pada sebuah tali, tanpa menggunakan tangan.

Selain itu, peserta harus berlomba menghabiskan kerupuk lebih cepat jika ingin memenangkan perlombaan tersebut. Agar lebih seru, panitia lomba kerap menggoyangkan tali yang mengikat kerupuk sehingga peserta harus berusaha menggapai kerupuk dengan mulut.

Kesimpulan

Itulah 7 Lomba Kemerdekaan 17 Agustus yang Unik dan Seru yang bisa kampung atau daerah Anda adakan untuk memeriahkan kemerdekaan. Menurut Anda lomba mana yang paling seru dan meriah?