BeautyKecantikanKesehatan

7 Obat Jerawat di Apotek yang Ampuh dan Aman 2022

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan. Tidak hanya di wajah, jerawat dapat muncul di area lain seperti punggung hingga dada.

Penyakit jerawat diakibatkan oleh produksi minyakyang berlebih yang menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil di atas kulit hingga pada akhirnya  menggumpal darah kotor. Selain itu, jerawat juga bisa dikarenakan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Namun tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak obat jerawat yang di jual di apotek dengan murah dan terjangkau.

Obat jerawat yang dijual di apotek tentunya lebih terjamin aman secara medis, karena telah mendapat izin dari BPOM. Ini berarti, obat jearawat ini juga bisa dibilang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti hydroquinon atau merkuri yang biasanya banyak terdapat pada kosmetik atau krim wajah.

Namun, Anda harus tetap perlu cermat dalam memilih obat jerawat yang cocok untuk kulit Anda dengan melihat kandungan bahannya, apalagi jika kulitmu tergolong sensitif maka harus benar-benar detail dalam pemilihan.

Untuk itu, agar Anda tidak kebingunan dalam mencari obat jerawat terbaik, berikut 7 rekomendasi obat jerawat di apotek yang dijamin ampun dan aman terbaik 2022. Simak selengkapnya!

1. Acnecide 5% Gel

Produk yang satu ini memiliki kandungan utama Benzoyl Peroxide yang mampu mengatasi jerawat. Acnecide mempunyai kandungan glycerin yang dapat melembapkan kulit wajah Anda.

Selain itu, ada pula formula microsphere yang bermanfaat untuk meminimalisir produksi minyak berlebih sehingga mencegah kembali datangnya jerawat. Teksturnya yang mirip gel, bermanfaat untuk membuat kulit lebih tenang.

2. Vitacid

Selain Acnecide, ada salah satu obat jerawat di apotek yang juga mempunyai kandungan retinoic acid, seperti halnya Vitacid. Kandunganyang terdapat dalam obat ini merupakan bahan aktif turunan dari vitamin A derivative yang mencegah penuaan dini seperti mengurangi garis halus serta kerutan.

Di sisi lain, Vitacid juga tersedia dalam tiga varian yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti varian 0,025% untuk dosis ringan, 0,05% untuk dosis sedang, serta 0,1% untuk dosisi yang tinggi. Agar kulit tidak menjadi kering, jangan lupa untuk aplikasikan hydrating toner setelah pemakaian Vitacid.

3. Acne Feldin Lotion

Produk obat jerawat di apotek yang bisa Anda coba selanjutnya adalah Acne Feldin Lotion. Bukan hanya ampuh untuk mengobati masalah kulit berjerawat, tetapi juga mampu meminimalisir jerawat yang akan timbul pada kulit wajah Anda. Selain itu, terdapat kandungan sulfur yang berfungsi untuk mengatasi jamur, bakteri, dan parasite lainnya yang menyebabkan jerawat.

Lihat juga:  7 Merk Susu Whey Protein Yang Bagus 2022

Kemudian, ada pula kandungan champor untuk memberikan sensasi dingin agar kulit jadi lebih tenang dan mempunyai senyawa anti-mikroba. Cukup digunakan dua hari sekali, lalu kocok terlebih dahulu botol sebelum digunakan.

4. Medi-Klin Clindamycin phosphate Gel

Mediklin merupakan obat jerawat yang mempunyai dua varian produk warna ungu dan orange yang diklaim mempunyai kandungan yang lebih ringan. Hal ini dikarenakan hanya terdapat kandungan clindamycin phosphate didalamnya dengan konsistensi gel ringan.

Obat jerawat ini diperuntukkan untuk mencegah dan mengobati jerawat yang cenderung ringan. Selain itu, produk ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat ke permukaan kulit.

5. Benzolac

Berikutnya Benzolac, obat yang memiliki ekstur krim ringan yang wajib Anda coba. Sebelum membelinya, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan karena terdapat tiga varian yang bisa dipilih. Yaitu, Benzolac 2,5% untuk jerawat ringan-sedang, Benzolac 5% untuk jerawat sedang-parah, serta Benzolac CL untuk mengatasi jerawat batu.

Sesuai dengan yang ada pada kemasan, produk ini memiliki kandungan utama benzoyl proxide serta clindamycin phosphate yang mampu mengatasi jerawat agar cepat kering. Selain itu, produk ini juga dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati agar tidak timbul komedo dan jerawat.

6. Verile Acne Gel

Apakah Anda merupakan orang yang cocok dengan obat jerawat dalam bentuk gel? Jika iya, produk dari Verile yang satu ini layak Anda coba. Ada kandungan asam salisilat, allantoin, serta vitamin B3 untuk merawat kulit berjerawat. Saat diaplikasikan, kulit akan terasa tenang karena efek dingin yang diberikan. Kandungannya pun diklaim mampu untuk melawan bakteri penyebab jerawat tanpa meninggalkan bekas.

7. Mediklin TR

Pemilik jenis kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dengan produk yang satu ini. Hal ini dikarenakan Mediklin sebagai obat jerawat di apotek mempunyai kandungan yang cukup keras. Namun, produk ini diklaim ampuh untuk mengatasi jerawat hormonal atau cystic acne yang membandel.

Mempunyai tekstur gel, produk ini terdapat kandungan clindamycin phosphate dan tretinoin. Terdapat dua varian yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu varian ungu dan orange. Cukup gunakan secara tipis agar kulit tidak menjadi sangat kering.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan obat jerawat yang cocok dengan kuliat Anda? Saran kami, pilihlah obat jerawat yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Kemudian pastikan kandungannya tidak akan membuat kulit menjadi iritasi. Namun jika terjadi efek samping, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!