AksesorisApplicationElektronikKantorPhotographyTechnology

7 Webcam Eksternal Laptop Terbaik 2022

Kehadiran webcam atau kamera eksternal laptop sangat membantu dalam hal melakukan pertemuan daring, apalagi resolusi kamera webcam saat ini sudah sangat baik. Dengan webcam yang bagus akan membuat persentasi atau pun kegiatan meeting online terlihat professional.

Selain itu, webcam juga biasa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Nah, untuk mendukung agar kegiatan meeting dan belajar menjadi lebih lancar, Anda memerlukan webcam bagus.

Berikut 7 rekomendasi webcam terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Simak ulasan di bawah ini!

1. Havit HV-V622

Rekomendasi webcam laptop terbaik kami selanjutnya adalah Havit HV-V622. Webcam ini sangat mudah diarahkan kemana saja secara manual. Karena memiliki fungsi pivot pada bagian dasarnya. Pemasangannya juga sangat mudah karena tidak membutuhkan driver tambahan.

Fitur lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • USB 2.0 interface
  • Built in microphone
  • Sengaja didesain untuk laptop atau LCD monitor
  • Mampu bekerja dengan banyak aplikasi pesan sekaligus

Untuk menginstalnya sangat mudah karena tidak membutuhkan banyak driver ataupun program tambahan. Anda bisa menggunakannya ketika ada panggilan video melalui Skype, Yahoo Messenger, Microsoft’s MSN Live, dsb.

2. Logitech B525

Rekomendasi webcam laptop selanjutnya adalah Logitech B525 yang dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal dibanding sebelumnya. Webcam bagus ini menawarkan desain lipatnya sangat ringkas, dan dilengkapi dengan universal mounting clip untuk laptop. Video yang dihasilkan sangat jelas dan tajam.

Dari segi gambar, kualitas dari webcam ini memiliki resolusi HD 1080p serta dapat menangkap 30 frame perdetik. Selain itu juga mampu menghasilkan gambar yang cerah meskipun cahaya sedang redup. Auto focus internalnya pun bisa mempertajam hingga kedekatan 10 cm. Kemudian, B525 ini sudah memiliki sertifikat kompatibel dan dilengkapi dnegan Skype for Business. Integrasi yang lebih baik dengan LifeSize, Vidyo, Zoom dan Broadsoft.

Untuk menggunakannya, Anda hanya tinggal melakukan plug dan play untuk memulai meeting harian. Tidak ada ketentuan software khusus untuk PC dan Mac. Tinggal dipasangkan di laptop dan Anda sudah bisa bekerja dengan lancar.

3. Microsoft LifeCam Studio

Dari segi harga, webcam ini lebih mahal dibandingkan dengan Microsoft Lifecam Cinema karena dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, namun tentunya kualitas yang didapatkan juga sebanding. Webcam ini dilengkapi dengan fitur auto focus dan true color, sehingga mampu menghasilkan gambar yang nampak seperti aslinya. Microsoft Lifecam Studio juga mampu merekam video dalam kualitas yang tinggi dengan resolusi 1080p.

4. Logitech BCC950

Bagi Anda yang sering bekerja dari rumah dan harus menjalani konferensi video dalam skala kecil, maka Logitech BCC950 adalah pilihan yang tepat. Desain all-in-one yang diusungnya mudah digunakan dan sangat menghemat ruang. Webcam ini dapat dipasang di meja kantor atau pun konferensi. Video HD dan audio yang dihasilkan pun jernih.

Lihat juga:  Pilih mana: Google Nest Mini vs Google Home Mini?

Dengan menggunakan Logitech BCC950, maka jangkauan videonya juga luas, terlebih saat meeting dengan peserta yang banyak. Produk ini dilengkapi dengan footprint dan kamera setinggi pandangan mata, sehingga menjadikannya cocok bagi pekerja yang tingkat produktifitasnya tinggi. Mikrofon noise-cancelling dan omni-directional nya juga mampu membuat suara dan anggota lainnya terdengar dengan jelas. Bahkan hingga jarak 2,4 meter.

5. A4Tech PK-836F

Rekomendasi webcam laptop selanjutnya ialah A4tech PK-836F. Webcam ini pas untuk menunjang kegiatan bekerja dari rumah karena memiliki fitur portable sehingga dapat dipindahkan kemanapun.

Lewat mikrofon yang mampu menangkap suara bahkan dalam frekuensi yang kecil sekalipun dengan kualitas yang jernih, Anda tak perlu menginstall banyak driver tambahan. Uniknya, A4tech PK-836F memiliki superior lowlight performances, sehingga menghasilkan gambar yang bagus dalam kondisi apapun.

6. Logitech C310

Berikutnya ada Logitech C310, merek yang merajai dunia perangkat komputer yang sudah sangat familiar di teling. Selain harganya yang terjangkau dan telah dilengkapi dengan clip universal yang cocok digunakan untuk laptop, LCD atau CRT, kamera 5 mp, recording video 1280×720 serta mikrofon build-in.

Untuk menggunakannya, diperlukan beberapa spesifikasi berikut:

  • Monitor dengan resolusi minimal HD 720p
  • Ruang kosong storage 200 MB
  • 2, 4 Ghz CPU.
  • Porot USB 2.0.
  • RAM 2 GB.
  • OS Vista, 7, 8, dan lebih tinggi.

Webcam ini memiliki fitur yang cukup baik dengan resolusi 720p, penerangan otomatis dan mic anti noise. Anda tidak perlu khawatir, gambar yang dihasilkan tidak akan terlalu gelap atau terang karena bisa menyesuaikan dengan pencahayaan asli.

7. Microsoft LifeCam HD-3000

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli kamera eksternal laptop, maka Microsoft Lifecam HD-3000 bisa jadi alternatif untuk Anda beli. Webcam yang dibanderol dengan harga terjangkau ini mampu menghasillkan perekaman video dengan kualitas tampilan HD 720p.

Selain itu, webcam ini juga telah dibekali dengan mikrofon yang berfungsi untuk mengurangi noise di sekitar. Fitur true colornya mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih, bahkan dengan keadaan background gelap sekali pun.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi lebih lanjut, Anda dapat melihat daftar webcame tersebut disini.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi webcam atau kamera eksternal laptop terbaik untuk Anda. Untuk kualitas yang bagus, tentu ada harga yang cukup tinggi untuk Anda keluarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang saat ini sedang mencari webcam terbaik.