AplikasiApplicationTechnology

8 Rekomendasi VPN Terbaik 2022

Virtual Private Network atau VPN merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Singkatnya, VPN menghubungkan komputer atau telepon genggam ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga dapat mengakses internet menggunakan koneksinya.

Dahulu, VPN lebih sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melindungi data yang sensitif. Namun, seiring berjalannya waktu layanan ini digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah atau koneksi tertentu.

Selain itu, VPN banyak digunakan untuk pengguna internet yang ingin mengakses konten yang diblokir di negaranya. Di sisi lain, VPN juga dapat digunakan sebagai perlindungan perangkat dari kemungkinan hack. Agar Anda tidak salah dalam memilih VPN, berikut ini rekomendasi VPN terbaik tahun 2022 yang bisa Anda gunakan. Simak selengkapnya!

1. VyprVPN

Diurutan yang pertama, ada penyedia layanan VPN berbasis di Swiss, yaitu VyprVPN. Layanan ini terbillang menguntungkan penggunanya karena memiliki undang-undang privasi. Istimewanya, layanan ini menawarkan 73 lokasi server dan penggunaan data yang tidak terbatas.

Selain itu, juga ada fitur ekstra seperti pilihan auto-connect untuk memudahkan saat mematikan saklar. Anda juga akan mendapat dukungan keamanan dari protokol Chameleon milik VyprDNS.

VyprVPN juga menawarkan platform yang cukup luas dan khusus pengguna Windows tersedia tampilan antarmuka yang mudah digunakan. Namun, tetap keunggulan terbaik dari layanan ini terdapat pada kecepatan aksesnya.

2. Surfshark

Yang membuat Surfshark istimewa adalah unlimited connection. Surfshark juga bisa menggunakan satu akun untuk sebanyak mungkin koneksi VPN. Simple nya, semua perangkat di rumah Anda bisa menggunakan layanan Surfshark secara bersamaan dengan menggunakan satu akun yang sama.

Layanan ini bisa disebut unik. Pasalnya, kebanyakan layanan lain hanya mengizinkan setidaknya 5 hingga 10 perangkat dengan koneksi VPN dari satu akun saja.

Di sisi lain, Surfshark memiliki 3.200 server yang terletak di 100 lokasi yang ada di 65 negara berbeda. Jumlah negaranya memang tidak begitu banyak, namun fitur unlimited yang ditawarkan Surfshark sangat menguntungkan.

Selain itu juga VPN ini dapat berjalan pada Windows, Mac, Android, iOS, dan Linux. Serta juga memiliki koneksi VPN yang cepat, meski kalah tipis dari ExpressVPN.

Surfshark juga memiliki beragam fitur menarik, salah satunya adalah Camouflage Mode. Fitur ini akan menyamarkan aktivitas VPN sehingga penyedia layanan internet tidak akan menyadari penggunakan VPN di jaringan Anda.

3. Private Internet Access

Private Internet Access memang tidak memiliki kecepatan yang kencang seperti layanan lain. Akan tetapi, VPN ini memiliki banyak fitur yang sangat menarik. Private Internet Access telah memiliki 10.000 server di 100 lokasi yang ada di 84 negara.

Di sisi lain, Private Internet Access juga telah mendukung 10 perangkat secara bersamaan. Artinya, satu akun bisa dipakai 10 perangkat secara bersamaan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Doku Wallet atau Gopay?

4. NordVPN

Berikutnya berasal dari di Amerika Tengah yang jarang dijadikan pusat teknologi produk-produk keluaran NordVPN ini mampu bersaing dengan layanan sejenis lainnya di berbagai faktor. Setidaknya, NordVPN memiliki 5.400 server yang berada di 80 lokasi yang ada di 60 negara. Jumlah perangkat yang dapat menjalankan koneksi VPN ini adalah enam perangkat.

NordVPN juga hadir dengan kecepatan yang cukup cepat, meski masih belum secepat ExpressVPN. NordVPN juga menawarkan fitur dedicated IP. Selain itu, NordVPN dikenal sebagai salah satu VPN terbaik yang ada saat ini dengan server dan kecepatan koneksi yang mumpuni.

5. ExpressVPN

ExpressVPN dinilai sebagai layanan VPN terbaik yang ada saat ini. Alasannya, karena memiliki koneksi internet yang super kencang, banyak pilihan server serta keamanan yang mumpuni.

ExpressVPN memiliki setidaknya 3.000 server yang tersebar di 160 lokasi yang ada di 94 negara di dunia. Menariknya lagi, ia dapat digunakan secara bersamaan di lima perangkat berbeda sekaligus. ExpressVPN dapat berjalan di Windows, Mac, Android, iOS, dan Linux.

Performa ExpressVPN banyak dipuji-puji oleh para reviewer karena diklaim memberikan performa yang kencang, artinya memiliki koneksi yan juga cepat. Artinya, Anda dapat memakai layanan seperti tanpa menggunakan VPN.

Selain itu, itur keamanan ExpressVPN juga terbilang lengkap, seperti enkripsi standar dan 256-bit DNS. Layanan tersebut juga memiliki protokol sendiri yang disebut sebagai Lightway yang dikatakan aman. Istimewanya, terdapat banyak tutorial berbasiskan situs yang mudah diikuti untuk membantu Anda menggunakan layanan ini.

ExpressVPN juga menyediakan layanan chat pada situs mereka dengan agen yang siap menjawab segala permasalahan Anda.

6. ProtonVPN

Layanan ProtonVPN terus berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini. Dari ratusan server menjadi nyaris 2.000 (dan terus bertambah). Saat ini, ProtonVPN memiliki setidaknya 1.600 server yang tersebar di 85 lokai yang ada di 63 negara.

Tak hanya itu, ProtonVPN juga dikenal mampu menghadirkan koneksi VPN yang kencang. Artinya, kecepatan internet yang Anda miliki tidak akan berkurang atau menurun jauh meski sedang memakai VPN.

7. IPVanish

Apakah Anda sedang mencari layanan VPN dengan koneksi unlimited? Jika benar, maka IPVanish adalah jawabannya. IPVanish memiliki 2.000 server yang berada di 75 lokasi yang ada di 50 negara. Salah satu keunggulannya adalah tampilan antarmuka. Selain itu VPN ini memiliki interface yang akan membuat Anda banyak belajar hal teknis tentang VPN.

Kesimpulan

Itu rekomendasi VPN terbaik yang wajib Anda coba. Anda tak perlu bingung lagi untuk mengakses situs atau layanan yang diblokir. Namun perlu digaris bawahi, disarankan untuk menggunakan aplikasi VPN ini secara bijak. Semoga bermanfaat.