Home

6 Cat Akrilik Terbaik 2020

Bagi Anda yang suka melukis, Tentu mengenal cat lukis bukan? Jenis cat lukis apa yang Anda biasa gunakan?
Ada banyak produk jenis cat yang dijual di pasaran. Selain cat air dan cat minyak, jenis cat lain yang sering digunakan para artis, seniman dan juga pecinta seni adalah akrilik.

Kelebihan dari cat akrilik ini adalah teksturnya yang mirip cat air. Cat ini juga mudah larut dalam air dan dapat menempel pada berbagai media gambar. Produknya pun memiliki berbagai variasi antara lain package, warna hingga tekstur.

Untuk membantu Anda memilih maka kami akan merangkum beberapa produk cat akrilik terbaik yang bisa jadi referensi Anda dalam melukis nanti. Penasaran? Yuk, langsung di simak saja di Selera.id

Cat Akrilik Terbaik

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list cat akrilik terbaik:

  • Kandungan
  • Popularitas
  • Kelebihan
  • Ragam Varian Warna
  • Ukuran
  • Kemasan
  • Manfaat

1. Sakura Acrylic Color

Pertama produk dari Sakura. Sakura Acrylic Color merupakan cat akrilik yang bisa memilih warna terpisah, tidak harus sesuai set yang tersedia. Biasanya, Anda akan merasa kesulitan bila tiba-tiba kehabisan warna tertentu saat melukis.

Cat Akrilik Terbaik

Bisa juga Anda hanya membutuhkan beberapa warna tertentu di dalam satu set cat akrilik. Untuk kondisi-kondisi seperti itu, tentunya akan lebih boros apabila Anda membeli satu set warna sekaligus.

Nah, produk ini dapat menjadi solusi Anda ketika kehabisan warna tertentu atau hanya membutuhkan beberapa warna saja. Produk ini dijual satuan dan tersedia 57 varian warna yang bisa Anda pilih. Kemasannya berbentuk tube transparan sehingga memudahkan Anda untuk memilih warna.

Berikut beberapa kelebihan dari Sakura yang perlu Anda ketahui

  • Kemasan Transparan
    Masalah kemasan seringkali menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam memilih jenis cat Akrilik. Sakura Color adalah salah satu pilihan yang tepat karena menyediakan kemasan transparan yang dapat memudahkan penggunanya ketika memilih warna. Saat proses melukis pastinya akan sangat ribet jika harus membolak-balik kemasan untuk mengetahui warnanya, maka dengan kemasan transparan semua lebih mudah.
  • Dijual Satuan
    Saat melukis Anda mungkin hanya membutuhkan beberapa warna saja dan tidak ingin membeli secara utuh. Maka solusinya adalah dengan memilih Sakura Color karena bisa dibeli dalam jumlah satuan. Selain itu, cat ini juga masuk dalam golongan cat Akrilik untuk sepatu yang bisa langsung menempel dengan sempurna. Maka bisa dikatakan jika cat satu ini sangat multifungsi dalam penggunaannya.

2. Marie’s Acrylic Colours

Selanjutnya produk dari Marie’s Acrylic Colours. Produk ini dibuat secara sistematis oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan seniman sesuai dengan standar internasional.

Karena dikerjakan secara sistematis, warna-warna yang dihasilkan pun cemerlang, cepat kering, serta tidak mudah pudar. Bila Anda mencari cat akrilik dengan kualitas berstandar internasional, produk ini cocok bagi Anda.

Cat Akrilik Terbaik

Keunggulan dari cat akrilik merk marie’s ini adalah:

  • Memiliki banyak varian warna seperti Titanium White, Lemon Yellow, Emerald Green, Cobalt Blue,Crimson Red, Black dan sebagainya
  • Banyak pilihan media
    Media lukis yang bisa digunakan yaitu kanvas, kertas, kayu, kain, semen dan lainnya

Baca juga: 10 Merk Cat Tembok Rumah Terbaik 2020

3. Faber Castell Acrylic Colours

Siapa yang tak mengenal produk satu ini. Jelas tidak asing bukan? Jika Anda yang ingin berkenalan dengan cat akrilik, bisa memilih produk dari Faber Castell ini sebagai starter pack Anda.

Cat Akrilik Terbaik

Selain mendapat 12 varian warna, Anda juga mendapatkan bonus palet serta kuas di dalam kemasannya. Tentunya ini dapat mengurangi budget Anda karena tidak perlu membeli palet dan kuas lagi secara terpisah.

4. Giotto Decor Acrylic Mat

Jenis cat Acrylic selanjutnya adalah Decor Mat yang memiliki kemasan super lucu. Kemasannya berupa botol kecil dengan aneka warna yang sangat ekspresif. Motif bunga-bunga yang terdapat pada bagian depan juga semakin menjadikan cat satu ini tampak menarik.

Cat Akrilik Terbaik

Berikut beberapa kelebihan yang terdapat pada cat satu ini

  • Mudah Dibersihkan
    Biasanya beberapa cat warna akan sangat susah dibersihkan ketika sudah menempel pada tangan. Alhasil tangan menjadi kotor karena noda cat. Namun, jika menggunakan varian jenis Akrilik satu ini Anda tidak perlu lagi merasa khawatir karena hanya dengan digosok saja cat akrilik bisa terkelupas dengan sempurna.
  • Menempel dengan Sempurna
    Meskipun mudah dibersihkan ketika berada di tangan, cat ini tetap merekat dengan sempurna apabila diaplikasikan pada medianya. Bahkan cat ini juga tergolong dalam cat akrilik untuk sepatu karena tingkat perekatannya yang sangat maksimal. Cara menggunakan cat Akrilik Decor Matt juga sangat simple dan anti ribet. Wajib masuk list Anda, nih.
Lihat juga:  Pilih Mana: Vinilex atau Mowilex?

5. Reeves Acrylic Color

Kemudian ada Cat akrilik Reeves. Produk cat akrilik ini memiliki 24 pilihan warna ini akan menyatu dengan baik pada permukaan kertas, kanvas, ataupun sepatu berbahan kanvas.

Cat Akrilik Terbaik

Varian warnanya yang cantik akan memperindah lukisanmu. Bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pemula. Selain itu, produk ini aman untuk digunakan anak-anak karena telah lulus sertifikasi uji non-toxic.

6. Joyko TiTi Acrylic Color AC-12ML-12

Jika anak Anda membutuhkan cat akrilik untuk kegiatan prakarya di sekolah, kami merekomendasikan produk yang satu ini!

Cat Akrilik Terbaik

Produk ini mengklaim tidak mengandung racun sehingga aman digunakan untuk anak-anak. Selain formulanya yang ramah anak, harga dari produk ini pun ramah di kantong!

Baca artikel lainnya 10 Merk Cat Kayu Paling Bagus 2020

Cara Memilih Cat Akrilik yang Baik

  • Periksalah jenis cat akriliknya
    Ada beberapa jenis cat akrilik pada dasarnya yaitu:
    Jenis transparan untuk gambar dengan ekspresi mendalam
    Cat akrilik jenis ini berciri sangat cepat kering dan dapat menghasilkan lukisan yang indah pada berbagai media lukis. Dengan memakai medium tambahan, Anda bisa menghasilkan karya layaknya menggunakan cat minyak. Apalagi, cat akrilik jenis ini memiliki kelenturan yang tinggi sehingga tidak mudah retak bahkan saat digunakan pada media kain.
    Jenis opaque (gouache) cocok untuk para designer
    Cat akrilik tipe gouache juga bisa menutupi warna dasar yang diaplikasikan di awal. Oleh karena itu, cat ini sering dipilih untuk keperluan menggambar desain seperti desain tekstil dengan hasil akhir matte. Hasil akhir yang matte juga membuat tipe ini banyak digunakan untuk mewarnai action figure dan mainan plastik. Namun, karena teksturnya kurang fleksibel dibanding cat jenis transparan, ada risiko terjadinya keretakan saat Anda gunakan pada media kain dan sejenisnya.
    Jenis cair untuk diaplikasikan di permukaan yang luas
    Cat akrilik menjadi tahan air setelah kering sehingga sering digunakan para seniman untuk menggambar dinding. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan airbrush untuk mengaplikasikan pada permukaan yang lebih luas. Namun, jika cat akrilik dalam kemasan tabung dicairkan dengan air dalam jumlah banyak, pigmennya bisa mengendap jika dibiarkan terlalu lama.
  • Periksalah bahan dasar media gambar yang digunakan
    Pada umumnya, cat akrilik bisa digunakan dengan baik pada berbagai media, seperti kertas, kain, kanvas, papan, dan sebagainya. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengecat batu atau kulit, yang mana merupakan salah satu kelebihan cat akrilik.
    Disisi lain, ada juga bahan dasar media gambar yang kurang cocok dipakai bersama cat akrilik. Contohnya, bahan yang dilapisi minyak atau bahan kanvas khusus cat minyak. Sebagian produk cat akrilik juga bagus digunakan pada media logam, tetapi agak sulit menempel pada media plastik. Oleh karena itu, ketika memilih cat akrilik, perhatikan kelebihan dan kekurangan dari media gambar yang hendak Anda gunakan.
  • Periksalah jumlah dan jenis warnanya
    Kebanyakan produk cat akrilik memiliki jumlah warna beragam dalam satu setnya, mulai dari 12 warna, 24 warna, hingga 48 warna. Kebanyakan cat akrilik yang ditujukan untuk pelajar yang terdiri dari 12 warna dasar. Namun, bila Anda membeli cat akrilik yang ditujukan untuk penggunaan umum, belum tentu semua warna dasar tersedia.
    Bahkan dalam satu set cat akrilik 12 warna, bisa terdapat perbedaan warna tergantung masing-masing produsennya. Misalnya, terkadang ada set cat akrilik yang membedakan warna merah menjadi magenta atau carmine. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan hal ini agar Anda bisa mendapatkan warna sesuai keinginan.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply