Photography

8 Kamera Pocket Terbaik 2020

kamera pocket merupakan kamera yang cukup simple dan ringkas dibawa kemanapun, Selain itu kamera pocket terbaik  juga memiliki fitur berkualitas tinggi yang telah menarik perhatian banyak pengguna kamera, baik pemula maupun fotografer profesional.

Dengan banyaknya pilihan kamera pocket terbaik yang ada, Selera.id telah mengurutkan 10 rekomendasi kamera pocket terbaik yang dilengkapi dengan spesifikasi berperforma tinggi agar artikel ini dapat menjadi referensi untuk memilih kamera pocket terbaik Anda.

Kamera Pocket Terbaik

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list kamera pocket terbaik:

  • Spesifikasi.
  • Popularitas.
  • Performa.
  • Fitur.
  • Desain.
  • Kapasitas baterai.
  • Ukuran.

Langsung saja disimak daftarnya dibawah ini:

1. Canon PowerShot G3 X

Rekomendasi kamera poket pertama selera.id yaitu Canon PowerShot G3 X. Kamera ini selain memiliki bobot yang ringan, desain bodinya juga tampak maskulin. Tidak mengherankan bahwa kamera ini sangat diminati di pasaran. Terutama dengan kelebihan lainnya seperti resolusi dibekali sensor CMOS tipe 1.0 inci dan resolusi kamera sebesar 20.2 MP.

Kamera Pocket Terbaik

Dapat dipastikan bahwa hasil gambar yang Anda ambil sangat tajam dan berkualitas tinggi. Fitur lain yang ditawarkan yaitu, tingkat zoom dengan kecepatan yang memukau dan menu frame full HD dari 24p sampai 60p memungkinkan Kamu untuk menangkap video dengan akurat dan jernih.

Spesifikasi Canon PowerShot G3 X:

  • 20.2MP 1″ High-Sensitivity CMOS Sensor
  • DIGIC 6 Image Processor
  • 25x Optical Zoom f/2.8-5.6 IS Lens
  • 24-600mm (35mm Equivalent)
  • 3.2″ 1.62m-Dot Tilting Touchscreen LCD
  • Full HD Video at 60p; HDMI Output
  • Built-In Wi-Fi Connectivity with NFC
  • ISO 12.800 & 5.9 fps Continuous Shooting

2. Sony Cybershot DSC-W800

Selanjutnya, yaitu Sony Cybershot DSC-W800. Kehadiran kamera Sony Cybershot DSC-W800 sendiri diplot sebagai salah satu suksesor untuk memenuhi permintaan pelanggan akan kamera pocket yang lebih ringkas dan dapat dibawa kemanapun dengan simple. Dilengkapi dengansensor kamera CCD sebesar 20.1MP yang ditopang kemampuan 5x optical zoom setara 26-130mm, Sony Cybershot DSC-W800 diklaim dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail tajam setara kamera DSLR.

Kamera Pocket Terbaik

Kamera ini juga dilengkapi dengan kemampuan perekaman video hingga 720p HD (720 x 1280 piksel) dalam format AVI. Untuk memudahkan proses navigasi, dibagian punggung Cybershot DSC-W800 tersemat layar LCD TFT 2.7 inci yang memiliki kerapatan hingga 230k dot. Selain itu, Kamera ini juga masih membawa tombol fisik, lampu flash LED, dan teknologi Electronic Image Stabilization untuk meminimalisir adanya blur akibat tidak stabilnya tangan ketika menggunkan kamera ini.

Kelebihan Sony Cybershot DSC-W800:

  • Sudah dapat menrekam video berkualitas HD 720p.
  • Dilengkapi dengan  fitur Electronic Image Stabilization (EIS).
  • Mudah dioperasikan oleh pengguna pemula.

Lihat juga perbandingan antara: Panasonic Lumix S1R vs Sony A7R III.

3. Canon PowerShot G9 X Mark II

Rekoemndasi lainnya dari Canon kembali. Produsen Canon mengeluarkan kamera dengan mengusung tema mungil dan menawan yakni seri PowerShot G9 X Mark II. Kamera ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan yang mencari kamera pocket yang memiliki fitur-fitur modern. Kelebihan yang ditawarkan sangat baik, sebab dapat mengusung sistem prosesor 7 DIGIC.

Kamera Pocket Terbaik

Tidak ketinggalan terdapat sensor resolusi 20 Mp yang berukuran 1 inchi, membuat gambar yang diambil selalu memiliki hasil yang tajam. Kamera ini sangat mudah digunakan bagi para fotografer pemula karena dilengkapi Dual Sensing Image Stabilization yang lebih memudahkan penggunaan agar tidak menghasilkan hasil yang goyang.

4. Panasonic Lumix DMC-LX100

Lumix DMC-X100 adalah kamera pocket pertama di dunia yang menggunakan sensor besar 4/3 (Micro Four Third) yang luasnya dua kali lebih besar dibandingkan sensor 1 inci. Oleh karena itu, kamera ini masuk dalam list kamera pocket terbaik selera.id. Sebagai kompensasi ukuran sensor ini, bodi Lumix DMC-LX100 dapat dibilang sedikit lebih besar dibandingkan seri LX keluaran Panasonic lainnya. Tapi pastinya tetap simple untuk digunakan untuk sehari-hari.

Kamera Pocket Terbaik

Dilengkapi lensa Leica dengan nilai F 1,7-2,8, kamera ini menggabungkan kemampuan sensor besar dengan lensa cepat sehingga memungkinkan pengambilan gambar yang detail dan tajam serta bokeh yang keren! Dengan sensitivas ISO-nya yang tinggi, kamera ini cocok untuk Anda yang ingin mengambil foto pada kondisi yang minim cahaya.

Lihat juga:  Pilih mana: Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI?

5. FUJIFILM X70

Fujifilm X70 dilengkapi sensor APS-C yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi setara kamera DSLR. Lensa fix yang terpasang pada kamera ini  memiliki jarak fokus cukup lebar, yaitu 18 mm. Ini menjadikannya lebih unggul dalam pemotretan lanskap maupun arsitektur dibandingkan dengan beberapa seri X keluaran Fujifilm lainnya.

Kamera Pocket Terbaik

Walaupun kamera ini tidak memiliki jendela bidik, monitor LCD pada Fujifilm X70 memiliki fungsi layar sentuh dan dapat diatur sudut kemiringannya. Selain itu, kamera ini juga dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi pada smartphone. Desain bodinya yang ringkas tapi juga klasik, Fujifilm X70 terlihat berkelas dan sangat cocok untuk mengabadikan momen sehari-hari bersama sahabat maupun keluarga terdekat.

Baca juga: Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Fujifilm XT3?

6. Ricoh GR II

Ricoh GR II dibekali dengan sensor APS-C yang setara dengan sensor pada beberapa kamera DSLR yang ukurannya jauh lebih besar. Selain itu, dengan didukung sensitivitas ISO yang tinggi, kamera satu ini dapat menghasilkan kualitas gambar yang tajam. Keunggulan Ricoh GR II dibandingkan generasi sebelumnya yaitu, tersedianya fitur koneksi Wi-Fi dan NFC yang juga memungkinkan Anda mengendalikan kamera dari jarak jauh menggunakan smartphone atau device lainnya.

Walaupun lensa pada Ricoh GR II tidak dapat di-zoom, jarak fokus lensanya cukup lebar, yaitu 28 mm, sangat pas untuk fotografi lanskap maupun street photography. Dengan lensa fix ini, bodi kameranya pun lebih ringkas dan simple sehingga mudah dibawa dan sangat pas untuk dibawa untuk travelling lho!

7. Nikon COOLPIX A900

Kamera selanjutnya memiliki kelebihan yaitu dilengkapi sensor CMOS beresolusi 20 megapiksel serta kemampuan lensa superzoom dengan 35x optical zoom, Nikon Coolpix A900 sangat fleksibel digunakan untuk mengambil foto jarak dekat maupun jauh.

Kamera Pocket Terbaik

Memiliki bodi yang ramping dan ringkas menjadikannya mudah dibawa dan digunakan sehari-hari. Namun, ukuran sensor 1/2,3 inci pada kamera ini menjadikannya tidak terlalu cocok untuk pengambilan foto dalam kondisi kurang cahaya.

Nikon Coolpix A900 dinekali dengan monitor LCD yang bisa diatur sudut kemiringannya sehingga memudahkan pemotretan dari sudut yang sulit dijangkau sekalipun. Sedangkan untuk pengambilan video, Nikon A900 memiliki fitur 4K ultra-HD serta penstabil getaran 5-axis, Pas untuk Anda yang ini merekam video dengan hasil yang tajam dan memuaskan.

8. Fujifilm FinePix XP90

Lini kamera XP hasil besutan Fujifilm sering kali diketahui dengan desain bodinya yang amat kuat di seluruh medan, tidak lain seri Fujifilm FinePix XP90. Desainnya yang compact ditambah penampilan bagus membuat kamera penerus Fujifilm FinePix XP80 ini sangat di rekomendasikan untuk para pecinta fotografi yang hobi melaksanakan bermacam kegiatan ekstrim diluar ruangan.

Kamera Pocket Terbaik

Kamera ini memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air, debu dan goncangan juga menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki kamera pocket lain dikelasnya. Selain dibekali durabilitas memadai, Fujifilm FinePix XP90 diketahui juga sudah menggunakan sensor CMOS BSI 1/2.3 inci beresolusi 16,4MP.

Kekuatan lensa tersebut diklaim dapat memberikan performa kamera dengan sudut yang lebih lebar serta sanggup menghasilkan bidikan objek sampai 10fps dalam resolusi penuh, sebaliknya ketika resolusi diturunkan ke 2MP Fujifilm FinePix XP90 dapat digunakan untuk mengambil foto secara kontinyu hingga 60fps.

Fitur Fujifilm FinePix XP90:

  • Untuk mengoptimalkan penggunaannya, perangkat ini juga dilengkapi kemampuan optical zoom sampai 5 kali dan digital zoom hingga 10 kali.
  • Terdapat juga konektivitas berupa Wi-Fi yang berfungsi membagi hasil foto maupun video ke smartphone secara nirkabel.
  • Terdapat sebuah port Micro USB.
  • Memiliki Slot memori eksternal.
  • Lampu flash LED,
  • layar warna 920 dot berukuran 3 inci, serta sejumlah tombol navigasi baik dibagian belakang maupun di sisi atas.

Semoga dapat menjadi referensi Anda!