Elektronik

10 Merk AC Hemat Listrik dan Paling Bagus 2019

AC atau Air Conditioner merupakan alat elektronik yang digunakan untuk mendinginkan suhu udara. AC menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting saat ini untuk mengatur suhu dalam ruangan dan sangat cocok bagi yang tinggal di iklim tropis yang memiliki panas yang cukup terik seperti di Indonesia.

Tetapi, tentu tidak dapat sembarangan dalam memilih AC. Jika salah memilih kalian akan mendapatkan kualitas buruk dan akan membuat konsumsi daya listrik di rumah lebih boros dan tidak awet dalam penggunaannya.

Untuk itu, kami telah menyusun rekomendasi merk AC hemat listrik dan paling bagus saat ini.

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list rekomendasi AC hemat listrik dan paling bagus:

  • Keawetannya
  • Kapasitas listrik
  • Harga
  • Desain
  • Fitur yang tersedia
  • Spare part

1. Daikin

AC Daikin diproduksi oleh perusahaan yang berasal Jepang. Perusahaan ini beroperasi di Jepang, China, Australia, India, Asia Tenggara, Eropa dan Amerika Utara. Daikin mengembangkan refrigeran R-410A serta mengembangkan sistem pendinginan udara Variable Refrigerant Flow (VRF).

Adapun seri terbaik dari AC Daikin yaitu seri Urusara 7 (FTXZ), European Designed , Hi-Inverter, dan Multi-S. Semua seri terbaru dari AC Daikin sudah dilengkapi dengan teknologi Inverter yang lebih hemat energi. Selain itu, Daikin juga sudah dilengkapi dengan freon R32 yang tidak merusak lapisan ozon.

AC Daikin mempunyai banyak sekali fitur seperti:

  • Energy Saving
  • Quiet Operation
  • Comfortable Airflow Control yang membuat AC nyaman dan hemat.

Baca juga perbandingan antara: AC Daikin atau LG.

2. Sharp

Merk Sharp sangat populer karena banyak menghasilkan produk elektronik, termasuk Sharp. Merk AC Sharp dikenal sebagai salah satu yang paling hemat listrik. Sharp dapat mendinginkan ruangan dengan cepat, namun tidak menyedot banyak listrik.

Salah satu merk AC yang bagus dan tahan lama adalah AC yang diproduksi oleh Sharp. Karena, semua AC Sharp sudah dilengkapi dengan Plasmacluster untuk menghilangkan virus, jamur, alergen, dan bau di ruangan. Sharp juga mempunyai slogan “Sayonara panas!” untuk membuktikan bahwa AC-AC dari Sharp dapat mendinginkan ruangan dengan waktu yang lebih cepat.

3. LG

LG merupakan salah satu perusahaan elektronik yang terkemuka, tidak heran jika merk LG juga jadi salah satu merk AC terbaik yang tersedia di Indonesia. Fitur dan teknologi terbaru telah diterapkan di seri AC terbaru dari LG dan bisa jadi alternatif bagi yang ingin membeli AC baru.

Anda dapat mendapati berbagai fitur inovatif pada AC LG seperti Energy Efficiency Rating yang dapat mengukur jumlah energi yang dibutuhkan pada kondisi tertentu. AC buatan perusahaan asal Korea Selatan ini juga dapat mencegah debu dan kuman mengganggu serta hemat energi.

Simak perbandingan lebih lanjut: AC LG atau Panasonic.

4. Panasonic

Panasonic merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi banyak produk, termasuk juga air conditioner. Merk AC Panasonic termasuk salah satu yang terbaik pula. Tipe AC yang disediakan Panasonic pun cukup lengkap baik single split, ceiling type maupun floor type.

Panasonic menyediakan berbagai jenis AC yang lengkap untuk konsumennya. Mulai dari single split, cassette type, ceiling type, sampai dengan floor standing type. Untuk AC hunian yang bisa dipakai di ruangan-ruangan tempat tinggal Anda, hampir semua seri AC Panasonic sudah dibekali teknologi inverter yang hemat energi dan mampu membuat AC lebih cepat dingin.

Berikut adalah keunggulan AC Panasonic yaitu:

  • AC Panasonic ini didesain untuk konsep yang ramah terhadap kesehatan, ramah lingkungan dan juga lebih hemat listrik.
  • AC Panasonic ini dibuat untuk membuat kualitas kebersihan udara. AC Panasonic ini dilengkapi dengan Nano-G dan econavi yang termasuk dalam tipe Deluxe Low Watt dengan beberapa pilihan.
  • AC Panasonic ini terhitung tipe econavi buat fitur yang membuat penggunaan listrik lebih irit dengan metode memindai ruang kosong serta memindai aktivitas orang dalam ruangan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Simbadda atau Polytron?

5. Gree

Gree merupakan vendor pendingin ruangan yang berasal dari negeri tirai bambu. Selama ini, Gree selalu berusaha menghadirkan produk AC berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Gree adalah produsen elektronik pembuat AC pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi Triple Protection, yaitu tahan api, anti bocor serta anti temperatur tinggi. Teknologi itu dikombinasikan dengan refrigerant R32 yang berefisiensi tinggi serta ramah lingkungan.

6. Samsung

Merk Samsung memang tidak terlalu berfokus pada produk AC, dapat terlihat dari sedikitnya tipe AC yang dikembangkan oleh Samsung. Meski begitu bukan berarti Samsung mengesampingkan kualitas.

AC Samsung dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, yaitu AC yang dinginnya cepat dan merata namun juga lebih ekonomis serta tahan lama.

AC Samsung dilengkapi dengan teknologi Triple Protector yang dapat mencegah kompresor dan controller dari kelebihan beban aliran listrik.

Baca juga: Pilih Mana: AC LG atau AC Samsung?

7. Aux

Nikmati tidur yang berkualitas dengan teknologi Deep Sleep System dari AC Aux yang dapat membuat suhu ruangan yang terkontrol dan dapat membantu kamu tertidur lebih lelap.

Aux ASW-09A4/FOR1 salah satu contoh karena AC ini menjanjikan efisiensi energi listrik yang maksimal untuk penggunaan di rumah. Selain itu, untuk ukuran AC 1 PK daya listriknya pun cukup rendah, hanya 680 watt saja. Dilengkapi dengan fitur auto restart dan deep sleep juga membuat produk ini menjadi semakin fungsional digunakan.

Selain itu AC Aux juga dilengkapi dengan 3-in-1 filter, yaitu:

  • Vitamin C.
  • Silver Ion.
  • Anti-formaldehyde yang sangat efisien dalam membunuh bakteri hingga 93,8 persen.

8. Polytron

Merk AC Polytron pun cukup populer dan bagus kualitasnya. Polytron dilengkap teknologi canggih di tiap seri AC yang diproduksi. Tak heran jika Polytron menyediakan merk AC yang awet dan hemat energi di antara merk AC lainnya.

Polytron Neuva Ice Series PAC09VXM dirancang secara khusus, AC ini diklaim mampu mendinginkan dengan sangat cepat. Meski begitu, AC 1 PK ini hanya menghasilkan suara <30 dB sehingga tidak akan membuat Anda kebisingan. Selain itu, AC berbintang 4 ini juga dilengkapi filter khusus menyaring debu dan carbon filter untuk menghilangkan bau tak sedap di ruangan Anda.

AC ini juga memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) sehingga mampu membersihkan udara di dalam ruangan Anda dari berbagai bakteri, kuman, virus, dan partikulat berbahaya lainnya

9. Mitsubishi

Meski Mitsubishi lebih dikenal sebagai produsen otomotif, Mitsubishi juga memproduksi peralatan elektronik, salah satunya AC.

Perusahaan Mitsubishi ini berasal dari Negara Jepang yang berdiri sejak 1970 ini menghadirkan beberapa jenis AC berkualitas terbaik untuk kamar tidur. AC buatan Mitsubishi dirancang untuk membuat konsumsi daya listrik di rumah dapat sangat hemat, tetapi tetap dingin maksimal.

Kelebihan AC Mitsubishi ini, yaitu:

  • Memiliki fitur Econo Cool dan Filter Anti Bakteri dalam memaksimalkan proses kerja yang efisien.
  • Cocok digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu besar, seperti kamar tidur.

10. Midea

Yang terakhir yang dapat kami rekomendasikan yaitu merk AC terbaik yang bisa jadi pilihan tepat bagi kamu di rumah, yaitu Midea. Perusahaan ini banyak memproduksi peralatan elektronik dan telah berdiri sejak 1968 di Guangdong, China.

AC Midea ditawarkan dengan berbagai model yang variatif dan dilengkapi fitur terkini, seperti intelligent cool untuk penyesuaian dengan cuaca, flash cooling untuk dingin yang lebih cepat, hingga silky cool. AC ini memastikan udara di dalam kamar bersih, segar dan lebih sehat.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk membeli AC hemat listrik dan paling bagus ya!

Leave a Reply