Perabotan Rumah Tangga

10 Merk Cat Tembok Rumah Terbaik 2021

Untuk urusan penampilan rumah, baik di sebelah luar maupun interior, pemilihan cat adalah salah satu keputusan paling penting yang dapat Anda lakukan. Dan tak melulu tentang warna, merk cat juga akan menentukan hasil akhir yang diberikan serta durabiliti yang mampu diberikan. Semakin baik mereknya, semakin baik pula kualitasnya.

Lalu apa saja merk cat tembok rumah terbaik yang ada di pasaran?

Tenang. Sebab dalam posting kali ini, Anda dapat melihat 10 merk cat tembok rumah terbaik yang dapat dijadikan referensi.

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list cat tembok terbaik:

  • Daya tahan (durability)
  • Ragam pilihan warna
  • Harga vs Kualitas
  • Keamanan
  • Popularitas
  • Pilihan pembaca Selera.id

Langsung saja simak daftarnya:

1. Nippon Paint Vinilex

Nippon Paint merupakan perusahaan cat dengan sejarah 130 tahun, salah satu merk paling terkenal di Asia Pasifik dan Indonesia. Merk ini identik dengan kualitas, inovasi serta pilihan warna yang melimpah. Untuk warna apa pun yang Anda inginkan, Nippon Paint pasti memilikinya.

Selain itu, Nippon Paint sangat aman digunakan karena memiliki kandungan beracun Volatile Organic Compound (VOC) nyaris nol. Tak heran jika merk cat yang satu ini sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga, terutama digunakan di kamar anak dan balita. Bau yang ditumbulkan juga tidak menyengat dan tentu saja cepat kering.

Vinilex sebagai salah satu produk unggulan Nippon Paint adalah cat tembok No. 1 dan  paling laris di Indonesia yang berbahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik berkualitas tinggi, dengan kelebihan sebagai berikut:

  • Tahan disikat 1200 kali
  • Warna tahan lama
  • Anti-pudar
  • Anti-jamur
  • Cepat kering
  • Cocok diaplikasikan di dinding interior dan eksterior serta langit-langit berbahan dasar asbes, batako, beton, papan, mortar dan lain sebagainya.

Nippon Paint Vinilex menempati urutan pertama sebagai merk cat terbaik versi pilihan pembaca Selera. Jangan ragu memilih merk ini jika Anda memiliki rencana mengecat rumah tercinta.

Lihat perbandingan: Vinilex atau Dulux.

2. Mowilex

Di urutan kedua ada Mowilex.

Kami merekomendasikan merk ini untuk penggunaan exterior atau luar ruangan karena daya tahan yang diberikan terhadap segala jenis cuaca. Pilih Mowilex Weathercoat yang diformulasikan khusus untuk iklim di Indonesia yang punya karakteristik tersendiri, seperti suhu panas, kelembaban udara yang tinggi, paparan sinar Ultraviolet dari sinar matahari yang menyengat.

Mowilex Weathercoat adalah cat berbahan dasar air dengan lebih dari 60 pilihan warna yang berani memberikan garansi hingga 5 tahun. Teksturnya yang kental memungkinkan penggunaan cat yang lebih irit dibandingkan merek lainnya.

3. Kem-tone

Meski merek yang satu ini jarang terdengar di kalangan umum, Kem-tone merupakan cat yang sangat populer di kalangan developer perumahan dan konstruksi. Cat premium satu ini berada di urutan ketiga daftar rekomendasi cat terbaik versi Selera.id.

Kem-tone adalah salah satu varian cat andalan bersama dengan line up lainnya seperti Spectrum dan Colortone yang diproduksi oleh perusahaan asli Indonesia yang didirikan oleh Edy Darmawan pada tahun 1983 bernama SCI Paint (PT. San Central Indah) yang berlokasi di Bandung.

Beberapa keistimewaan merk cat yang satu ini meliputi:

  • Tahan segala cuaca dan sinar UV matahari
  • Low VOC
  • Anti lumut dan jamur
  • Warna tidak mudah pudar
  • Dapat dibersihkan dengan air sabun

Berikut beberapa varian dari Kem-tone beserta penjelasannya yang dapat Anda pilih:

Kem-tone satin finish paint: Mengkilap seperti satin yang lembut khusus untuk interior.
Kem-tone exterior: Cat tembok 100% Acrylic khusus untuk eksterior yang tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV matahari. Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur.
Kem-tone flat finish paint: Cat tembok dengan hasil akhir flat (dof) khusus untuk interior. Cocok untuk permukaan yang kurang rata.
Kem-tone ultraPrimer: Cat dasar berbahan dasar air digunakan khusus untuk tembok yang memiliki kadar kelembaban tinggi. Cocok untuk kamar mandi.

Lihat juga:  10 Juicer Terbaik 2021

Simak perbandingan lebih lanjut: Kemtone atau Dulux.

4. Dulux Catylac

Catylac merupakan salah satu varian dari cat Dulux yang paling populer. Tak heran jika banyak orang yang melihat Catylac seperti merk tersendiri dan berbeda dengan induknya. Ini menjadikan Catylac berada di urutan keempat, sesuai dengan pilihan pembaca Selera.id.

Dulux Catylac memiliki 3 varian yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, yakni:

  • Catylac Exterior
  • Catylac Interior
  • Catylac Interior Glow

Meski ketiga jenis cat diatas punya peruntukan yang berbeda, seluruhnya menawarkan fitur premium yang relatif sama, meliputi:

  • Menggunakan teknologi ChromaBrite
  • Bebas timbal
  • Low VOC

5. Jotun

Bukan Jepang atau Indonesia, Jotun adalah merk cat yang berasal dari salah satu negara Eropa nun jauh disana, Norwegia. Jotun memiliki lebih dari 70 perusahaan di lebih dari 43 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Lini produk Jotun terbilang cukup lengkap, dari cat untuk interior, eksterior hingga cat kayu dan besi berkualitas tinggi.

Kami menempatkan Jotun dalam urutan kelima daftar merk cat terbaik yang dapat Anda pilih.

6. Propan

PT Propan Raya ICC adalah produsen cat tembok atau cat dinding, cat kayu, cat besi, cairan penghilang cat dan segala jenis cat (coatings).  Propan jadi salah satu merk cat Indonesia yang sudah diekspor ke banyak negara.

Kelebihan utama dari cat ini adalah ketersediaan varian yang lengkap, dari cat tembok, cat batu alam hingga cat mobil sekali pun dimiliki oleh merek yang satu ini.

Hebatnya lagi, Propan berani memberikan garansi hingga 12 tahun, meliputi meliputi meliputi cat eksterior Decorflex dan Decorshield, serta cat interior Decorsafe, Decorlotus, dan Decorcryl.

Jika ingin melihat daya tahan serta hasilnya, Anda dapat mengamati beberapa bangunan terkenal, diantaranya: WTC Mangga Dua Jakarta (2003), Setiabudi Exclusive Apartement Bandung (2003), The Pakubuwono Residence Jakarta (2004), The Beleza Jakarta (2005), Setia Budi Kuningan Jakarta (2006).

7. Avitex

Cat orang hebat. Itulah slogan dari merk cat yang satu ini. Avitex dari Avian Brands yang iklannya sering nongol di televisi dapat Anda jadikan pertimbangan terutama bagi yang ingin lebih mengirit biaya. DIbandingkan merk terkenal lain, cat Avitex memiliki harga yang kompetitif dengan kualitas yang terbilang baik.

Jasmine merupakan varian yang paling ekonomis untuk interior rumah Anda. Ada pula varian Fres, cat tembok beraroma lemon segar yang diformulasikan khusus untuk permukaan interior dan eksterior rumah Anda.

8. Toa

Merek cat asal Thailand yang satu ini mulai menarik perhatian para pengembang serta pemilik rumah di Indonesia.

Dengan harga kompetitif, TOA adalah cat tembok kualitas premium dengan teknologi partikel NANO yang dapat melindungi dan mempercantik tembok rumah.

9. Decolith

Decoltih adalah merk cat yang diproduksi oleh PT. Warna Agung yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001 sebagai perusahaan yang mengedepankan mutu produk dan berkontribusi pada lingkungan dengan mengolah kembali limbah produksi sehingga mencegah pencemaran industri.

Kualitas dari Decolith dibuktikan dengan penghargaan “Satria Brand Award” sebagai merk cat tembok pilihan konsumen untuk area Jawa Tengah secara berturut-turut pada tahun 2013, 2014, 2015, dan 2017.

Baca juga: Pilih mana, Kemtome atau Decolith?

10. Paragon

Paragon adalah merek cat PT Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah. Produk ini terbilang cukup ekonomis dan terjangkau tetapi memberikan hasil yang tidak mengecewakan Anda.

Paragon merupakan merek yang sudah mengantongi standar internasional ISO 9001 sehingga dengan sangat yakin kami masukkan dalam daftar rekomendasi merk cat terbaik di Indonesia untuk tembok rumah Anda.

Semoga bermanfaat.