Musik

8 Merk Microphone Condenser Terbaik 2021

Microphone condensor adalah kebutuhan utama untuk studio rekaman. karena microphone ini memiliki fungsi sebagai sumber input rekaman dari instrumen-instrumen yang akan di rekam.

Kualitas microphone tentu ikut mempengaruhi bagus atau tidak hasil rekaman yang di peroleh.

Fungsi dari microphone condenser ini sebagai mengolah sinyal vokal agar terdengar lebih jelas. Sebagai mikrofon yang fungsinya yaitu menangkap suara vokal maka condenser ini akan memiliki kemampuan dalam menangkap suara yang lemah sekalipun.

Tapi, dalam memilih microphone yang kualitas suara paling baik memang tidak mudah. Sehingga ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, Oleh karenanya kali ini selera.id akan memberikan kalian rekomendasi merk microphone condenser terbaik.

1. Shure KSM 9

Merk microphone condenser terbaik yang kami rekomendasikan yaitu dari KSM 9. Microphone ini adalah keluaran dari Shure.

Fungsi dari KSM 9 ini yaitu merupakan microphone premium mengubah kutub yang bisa memungkinkan pengguna untuk beralih ke cardioid dan super cardioid. KSM 9 memiliki desain diafragma ganda dan juga pola kutub yang bisa berubah.  Dengan menggunakan microphone ini suara yang dihasilkan akan lebih halus dan presisi di spektrum frekuensi dibandingkan dengan mikrofon studio biasa.

Microphone satu ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggul sebagai pelengkapnya. Selain itu, desain dari microphone ini berlapiskan emas, pola berlawanan dan juga bisa diganti, suspensi shock mountain yang lebih maju, komponen elektronik premium masuk ke dalam kelas A, bagian dalam yang berlapiskan emas. Respons frekuensi jarak utuh 50 Hz sampai dengan 20 KHz, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Shure SM58

Jenis microphone condenser terbaik lainnya yang juga terkenal, masih dari merk yang sama yaitu Shure. Tetapi, dengan tipe yang berbeda. Jenis microphone ini cocok untuk suara vocal yang digunakan oleh para penyanyi. Mic yang satu ini juga dapat digunakan untuk studio musik atau untuk acara live musik. Baca juga: Merk Microphone Wireless Yang Bagus.

Banyak perusahaan rekaman yang menggunakan mic ini dikarenakan memberikan sound vocal yang sangat baik. Bagi penyanyi musik-musik keras seperti rock, cocok untuk menggunakan mic ini karena mis Shure ini memiliki screaming vocal yang cukup intens.

3. Rode NT3

Microphone Rode NT3 yang satu ini sangat cocok untuk gitar akustik, terutama untuk melengkapi hasil suara dari gitar yang tidak dapat tertangkap dengan baik. Selain bagus untuk gitar, microphone satu ini juga cocok untuk alat musik lainnya seperti drum, perkusi, dan sebagainya.

Khusus untuk drum, microphone condenser ini cocok untuk jenis musik drum yang frekuensi suaranya tinggi. Karena microphone Rode ini tidak cocok dengan frekuensi suara drum yang rendah. Microphine Rode ini juga cukup baik untuk kualitas suara vokal, tapi tidak cocok untuk suara vokal jenis bariton.

4. Behringer C1

Behringer C1 ini adalah microphone condensor yang terbilang cukup mempuni karena dapat menangkap bunyi/suara secara jernih dan jelas. Berbicara dari segi harga, Harga microphone ini pun tergolong cukup murah, namun kualitas yang dihasilkannya cukup baik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Microphone Behringer C1 ini juga dapat dijadikan pilihan alternatif terbaik untuk menyiasati budjet kalian yang terbatas. Dengan harga yang relatif murah, kalian sudah dapat memiliki microphone condensor yang bagus untuk kebutuhan home recording. Lihat juga artikel lainnya: Microphone Yang Bagus.

5. Shure KSM 44A

KSM 44A merupakan premium microfon dari brand shure yang cocok digunakan untuk rekaman distudio atau stage performance dengan desain dan teknologi elektro akustik yang menawan. Komponen yang dibuat pun  premium sehingga setiap mikrofon KSM ini dirancang untuk dapat menangkap dan juga mengontrol nuansa sonik yang lebih rinci.

Fitur utama yang dimiliki microphone satu ini yaitu Dual 1 inch, externally biased, ultra-thin, 2.5 μm, 24 Karat gold-layered. dan microphone ini juga dilengkapi teknologi mutakhir Prethos amplifier yang berfungsi untuk menyediakan transparansi, respons transisten yang sangat cepat, tidak adanya penyeberangan distorsi, harmonic minimal, dan juga distorsi termodulasi.

6. Audio Technica AT2020

Mikrophone satu ini yaitu jenis USB micprophone yang pengoperasiannya membutuhkan koneksi USB untuk dihubungkan ke Mac atau Window. Keistimewaannya, USB microphone ini tidak membutuhkan driver pendukung ketika dihubungkan ke PC atau laptop. Jadi dapat langsung digunakan, hanya tinggal mengatur setting input suaranya saja di perangkat komputer.

Jangkauan suara yang dihasilkan oleh mikrofon ini cukup juga luas, dan detail. Dapat menangkap frekuensi suara antara 20 Hz – i6 KHz. Dengan keunggulan fitur yang ada mikrofon condesor yang seperti ini cukup cocok untuk kebutuhan home recording.

Baca juga perbandingan antara Microphone Condenser vs Microphone Dynamic.

7. Rode Classis II

Jika dibanding dengan merk microphone yang lainnya, microphone rode classis II yang satu ini harganya memang terbilang sangat mahal. Microphone ini cocok untuk vokal dengan genre musik rock dan suara gitar. Kalian dapat menggunakan mic Rode Classic ini untuk instumen akustik serta drum overhead.

Memilih merk microphone terbaik memang agak sulit. Karena banyaknya varian microphone dalam berbagai merk, dan dengan harga yang berkisar dari 18 jutaan tentunya Rode Classis II ini dilengkapi dengan fitur yang lebih unggul, dan suara yang dihasilkan dapat lebih jernih.

8. Samson C01

Samson C01 ini memiliki desain dengan teknologi dual-layer diafragma yang dapat menangkap frekuensi suara dengan halus, akurat, rinci dan bersih. Nada bass dan high end yang dihasilkannya juga terdengar natural.

Mikrofon condensor ini banyak digunakan oleh penyanyi youtuber untuk kebutuhan cover musik. Jadi Samson C01 ini merupakan salah satu mikrofon yang cukup populer dan sangat cocok untuk kebutuhan home recording anda. Harganya pun masih tergolong murah, dibanderol dengan kisaran harga 1 jutaan.  Cocok bagi kalian yang baru memulai bisnis home recording.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply