Olahraga

10 Merk Sepeda Balap Terbaik 2021

Mengendarai sepeda adalah kegiatan yang sehat sekaligus menyenangkan. Jika kamu sering berkendara di jalan raya, kamu bisa loh menikmati serunya mengendarai sepeda balap (road bike). Seperti namanya, sepeda jenis ini lebih mumpuni untuk dipakai berkendara dalam kecepatan tinggi di atas jalanan rata.

Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Element, London Taxi, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.

Maka dari itu kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk kamu yang ingin memiliki road bike. Simak artikel ini sampai selesai ya. 

1. Polygon Strattos S2

Polygon adalah merek sepeda lokal yang punya reputasi mendunia. Produk ini dirancang khusus dan  sangat cocok untuk kamu yang baru memulai hobi bersepeda karena. Dengan budget dibawah sepuluh juta, kamu sudah mendapatkan sepeda berjenis all-rounder yang apik untuk dibawa pada kecepatan tinggi, sekaligus mumpuni buat melahap tanjakan. Frame berbahan alloy membuat bobot sepeda cukup ringan. Aerodinamikanya pun cukup baik dengan geometri frame yang tidak terlalu dalam. Dibekali groupset Shimano Claris dengan delapan kecepatan, sepeda ini sudah lebih dari cukup untuk melintasi jalanan perkotaan.

2. JAVA Suprema

Kombinasi frame enteng dengan performa yang maksimal. Untuk kamu penggemar sepeda yang punya budget cukup besar, jangan ragu untuk memuaskan hasrat dengan membeli produk buatan Java satu ini. Dengan geometri yang cukup dalam, kamu akan berada dalam posisi berkendara yang agresif dengan aerodinamika yang sangat baik. Mencapai kecepatan tinggi tidak akan menjadi masalah buat sepeda ini berkat frame enteng full carbon, plus jeroan Shimano 105 yang digadang oleh banyak pesepeda sebagai kombinasi terbaik antara performa dan ketahanan. Di atas sadel JAVA Suprema, kamu bakal merasakan sensasi mengendarai race bike.

3. Element Roadbike FRC 38 Gen 2

Nyaman untuk berkendara jauh dengan efek lelah yang minim. Jika kamu pemula yang baru coba-coba dan memiliki budget tipis, maka road bike produksi Element satu ini layak dibawa pulang. Meski harganya bersahabat, penampakan sepeda ini cukup rapi karena punya sistem internal cable. Dengan delapan group speed, sepeda ini menawarkan performa cukup baik di jalan raya.

Element Roadbike FRC 38 Gen 2 juga cocok untuk berkendara jarak jauh berkat geometrinya yang mensejajarkan tinggi sadel dan stang. kamu dapat duduk dengan posisi cenderung lebih tegak, sehingga kelelahan pun berkurang.

4. Polygon Helios LT9X

Memiliki standar balapan profesional. Untuk kamu yang budget-nya tinggi, maka Polygon Helios adalah salah satu alternatif yang sangat pantas dipertimbangkan. Keseluruhan komponen sepeda ini, mulai dari material frame hingga groupset-nya, memenuhi standar balap profesional dari Union Cycliste Internationale (UCI). Kecepatannya di jalan tidak akan mampu didekati oleh sepeda balap lain pada kelas di bawahnya.

Karena merupakan sepeda standar balap, tentu saja geometrinya telah dirancang untuk memastikan aerodinamika sempurna dan handling responsif. Nyaris seluruh bagian sepeda ini terbuat dari karbon sehingga beratnya sangat ringan, yakni sekitar 6 kilogram saja. Rasanya, mustahil kamu bakal kecewa dengan performa dari Polygon Helios LT9X.

5. Pacific Primum Pro

Endurance bike kelas profesional untuk penghobi gowes jarak jauh. Pacific Premium Pro adalah alternatif road bike kelas profesional lainnya yang bisa menjadi alternatif. Sepeda ini lebih dari mampu untuk kamu ajak lari di kecepatan tinggi. Namun, karena termasuk jenis endurance bike, kamu juga bisa membawanya menempuh perjalanan jauh. Ukuran gear nya tidak sedemikian besar, membuat tarikannya cukup mantap untuk menaklukkan tanjakan. 

Geometri sepeda tidak terlampau dalam untuk menghadirkan keseimbangan antara aerodinamika dan kenyamanan. Komponen penggeraknya dipersenjatai Shimano Ultegra sebelas kecepatan yang ditahan dengan rem cakram bawaan set Ultegra. Hal ini membuat produk ini berbeda dari produk yang lain, karena Pacific nya yang mampu mengeluarkan performa baik di kondisi hujan sekalipun.

6. Thrill Enthral Elite

Sepeda kelas menengah yang sudah dipersenjatai Shimano 105. Sebagai road bike kelas menengah, spesifikasi yang ditawarkan Thrill Enthral Elite sangat menggiurkan. Tidak tanggung-tanggung, sepeda ini telah dilengkapi groupset Shimano 105 yang cukup baik untuk level kompetisi. Meskipun rangkanya belum karbon, penyematan Shimano 105 sudah lebih cukup untuk mengkompensasi bobotnya. Menariknya, geometri sepeda ini juga tidak tidak terlalu dalam, artinya kenyamanan kamu tidak akan terkorbankan. Dari segi penampilan, road bike buatan brand lokal ini terlihat gahar dengan warna hitam redup.

7. United Vitessa 1.00

Menawarkan performa seimbang antara speed dan endurance. Satu lagi sepeda buat kamu yang baru mau memulai hobi bersepeda. Dengan merogoh kocek yang tidak terlalu dalam, kamu sudah mendapatkan groupset lengkap Shimano Sora sembilan kecepatan yang asyik buat mengebut.

Karena berjenis all-rounder yang menghasilkan performa seimbang antara speed dan endurance, sepeda ini juga nyaman dipakai untuk perjalanan jauh dan medan menanjak. Meski frame-nya masih berbahan alloy, khusus bagian fork, materialnya terbuat dari full carbon. Alhasil, getaran yang merembet ke tangan pun teredam lebih baik. Bobot keseluruhan sepeda juga menjadi lebih ringan.

8. Pacific Tractor 3.0

Dilengkapi spesifikasi mumpuni yang tetap ramah di kantong. Dengan harga yang tidak membuat kantong tipis, delapan kecepatan dari Shimano Claris bisa kamu miliki. Selain itu, fork dan frame bagian bawahnya dibuat pipih untuk memaksimalkan aerodinamika. Kamu  pun dapat mengajaknya lari di kecepatan tinggi tanpa masalah. Jika kamu bosan berkendara di jalanan perkotaan yang terkesan monoton, kamu bisa membawa sepeda ini ke daerah pinggiran yang jalannya naik-turun dan penuh liku. Tidak perlu khawatir, kelelahan kamu bakal diminimalisir berkat geometrinya yang menjamin endurance.

9. Thrill Ardent 3.0

Mulai kebiasaan bike to work dengan sepeda ini. Kamu yang berniat memulai bike to work sangat cocok memakai Thrill Ardent 3.0. Selain harganya terjangkau, performa sepeda ini cukup baik untuk pemakaian jarak jauh dalam waktu lama. Jika ingin mengendarai pada kecepatan tinggi, penggerak Shimano Claris pada sepeda ini mampu mengabulkannya tanpa masalah. Geometrinya menghasilkan postur bersepeda yang nyaman, alias takkan menyiksa kamu ketika menempuh perjalanan pulang kantor saat kondisi badan sudah lelah. Selain itu, produk Thrill berwarna merah neon ini juga cocok untuk membakar kalori maupun cardio low impact.

10. United Stygma

Road bike full carbon dengan harga low budget. Mengingat harganya yang masih cukup terjangkau, United Stigma bisa dikatakan sebagai road bike yang cukup mewah. Bagaimana tidak, sepeda ini sudah memiliki rangka full carbon. Jika itu masih kurang, komponennya juga full pakai Shimano 105. Dengan kombinasi antara bobot ringan dan penggerak yang kompeten, sepeda ini bakal menghasilkan top speed yang memacu adrenalin kamu.

Aerodinamika sepeda ini sangat baik berkat geometrinya yang dalam. Meski belum pada level balap profesional, kecepatan sepeda ini sudah cukup untuk kompetisi di kelasnya. Jika harga sepeda ini sedikit melebihi budget kamu, United juga menyediakan varian Stigma Lite yang mengganti groupset dengan Tiagra untuk menciptakan selisih harga yang lebih murah beberapa juta.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yoga atau Pilates?

Leave a Reply