Photography

10 Merk Tripod Terbaik 2020

Tripod adalah alat stan untuk membantu supaya badan kamera dapat berdiri dengan tegak dan tegar. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer.

Maka dari itu dibutuhkan tripod dengan kualitas yang baik agar hasil fotografi semakin maksimal. Nah kali ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi merk tripod terbaik yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilihnya untuk aktivitas potret-memotret kamu.

Merk Tripod Terbaik

Berikut ini kriteria yang kami gunakan untuk membuat list merk tripod terbaik:

  • Popularitas
  • Fitur
  • Kegunaan
  • Panjang kaki
  • Daya tahan

Yuk simak langsung daftarnya:

1. Andoer Tripod A-618

Rekomendasi pertama versi Selera.id untuk merk tripod terbaik datang dari Andoer Tripod A-618. Selain material aluminium yang ringan, tripod ini sanggup menopang beban kamera sampai 20 kg.

Merk Tripod Terbaik

Tidak hanya itu, kamu tidak perlu terlalu capek membungkuk karena tripod ini mempunyai tinggi maksimal sampai 180 cm. Itulah sebabnya tripod ini layak dimiliki para fotografer jurnalistik/olahraga.

Selain kapasitas beban dan tinggi maksimal yang lebih dari yang lain, tripod ini bisa dipakai untuk segala jenis fotografi. Kamu dapat memakainya untuk mengambil gambar low angle, macro, sampai panorama. Tidak cuma berfungsi sebagai tripod, namun dapat kamu gunakan juga sebagai monopod dengan melepas salah satu kakinya.

2. Xiaomi 3 in 1 Monopod Tripod Mini

Xiaomi menawarkan produk dengan konsep 3 in 1, yakni tripod mini, tongsis monopod, dan bluetooth remote shutter dalam satu alat. Tongsis Xiaomi Yi Selfie Stick ini dibuat dari bahan material aluminium berkualitas tinggi yang dibalut dengan karet anti-slip, untuk mengurangi guncangan. Dilengkapi dengan remote shutter Bluetooth 3.0, kamu dapat mengambil foto dari jarak jauh dengan mudah.

Merk Tripod Terbaik

Tongsis Tripod Mini Xiaomi dikhususkan untuk smartphone dengan lebar sampai 80 mm, seperti iPhone 7, iPhone 7 Plus maupun Galaxy S-series. Clamp holder smartphone pada perangkat ini bisa diputar 360 derajat, sehingga kamu dapat mengambil gambar dengan jangkauan luas dan tanpa batas.

3. Manfrotto Tripod Compact Advanced

Berbeda dengan tipe Compact Light, Manfrotto Tripod Compact Advanced sanggup menopang beban kamera sampai 2x lipatnya. Beban tripod sebesar 1, 4 kg ini sanggup menopang kamera sampai 3 kg. Rangka dengan material aluminium membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Merk Tripod Terbaik

Tripod ini memakai jenis 3 way head dengan 2 tuas handle pada bagian kepalanya. Tuasnya bisa dilipat dikala sedang tidak dipakai, sehingga menghemat space saat disimpan.

Kaki tripodnya terdiri atas 5 tingkatan yang bisa dikunci dengan sistem flip lock. Untuk kamu para travel blogger/vlogger, tripod ini layak kamu miliki karena kemudahan setting dan portability-nya.

4. Sony VCT-VPR100 Remote Control Tripod

Sony VCT-VPR100 Remote Control Tripod dapat terhubung dengan berbagai perangkat kamera melalui kabel, sehingga kamu dapat mengoperasikannya melalui remote control. Terdapat kabel multi-terminal, kabel A/VR, kabel terminal jarak jauh, dan kabel LANC yang disertakan pada kemasan saat pembelian.

Merk Tripod Terbaik

Tripod ini mempunyai tinggi maksimum sampai dengan 150 cm, lengkap dengan gagang ergonomis yang kokoh. Dengan remote control, kamu dapat mengatur tombol start, stop, zoom dan slow zoom saat perekaman video. Tripod ini akan membantu kamu untuk mengabadikan berbagai momen penting tanpa mesti berada di dekat kamera.

Baca juga: Kamera 360 Derajat Terbaik

5. Velbon Tripod CX-888

Sering mendapatkan hasil video atau foto yang blurry? Mungkin kamu masih belum menguasai teknik pengambilan gambar yang tepat. Tetapi, bisa juga karena tripod yang kamu gunakan sering “mengguncang” kamera, sehingga hasil foto maupun video tidak seperti yang kamu harapkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Nikon D3400 vs Canon 1300D

Merk Tripod Terbaik

Tripod dari Velbon sanggup mengurangi guncangan yang sering terjadi saat mengambil gambar. Tripod ini dibuat dari material aluminium yang ringan, tapi juga kokoh dan stabil. Berat kamera yang sanggup ditopang tripod ini sebesar 2 kg. Amat cocok untuk kamera DSLR, mirrorless, maupun camcorder milik kamu.

6. Weifeng WF 3642B Camera Tripod

Weifeng WF 3642B merupakan tripod portable yang dapat dipakai untuk pengambilan gambar maupun video. Dengan tripod kamu dapat menjadi fotografer dengan tingkat yang lebih baik dari sebelumnya. Tripod ini mempunyai tinggi maksimal kaki 1335 mm, 3-way smooth pan head, bubble level dan pelepas kunci pada kaki penyangga yang mudah untuk dipakai.

Merk Tripod Terbaik

Dibuat dari bahan yang aluminium alloy yang sanggup menopang berat kamera sampai 7 Kg. Ball head pada tripod memberikan kemudahan saat melakukan pengambilan gambar, sehingga mempunyai hasil gambar yang stabil. Ideal jika dipakai untuk outdoor fotografi, saat liburan, dan timer fotografi.

7. Manfrotto Tripod Compact Light

Kamu suka memotret panorama saat mendaki gunung? Produk ini cocok untuk kamu. Tripod yang sanggup menopang berat kamera sampai 1,5 kg ini mempunyai berat tidak lebih dari 1 kg.

Merk Tripod Terbaik

Material alumunium membuat tripod ini sangat ringan saat dibawa bepergian. Tripod ini memang tertuju untuk Kamu yang gemar melakukan perjalanan jauh tanpa mesti memikirkan bawaan yang terlalu berat.

Kepala tripod dari Manfrotto Tripod Compact Light ini berjenis ball head. Ada 4 tingkatan kaki tripod yang dapat disesuaikan dengan objek yang akan didapat. Selain itu, tripod ini mempunyai sistem flip lock yang memudahkan kamu memastikan apakah kaki tripod telah terkunci dengan baik.

8. Velbon Tripod EX 640

Tripod ini dilengkapi dengan quick release yang memudahkan untuk melepas dan memasang kamera ke tripod. Tripod mempunyai 4 kaki dengan maksimal tinggi 170 cm dengan kapasitas load maksimal 5 Kg. Dengan kapasitasnya, tripod ini dapat menunjang kamera DSLR ataupun kamera compact lainnya dengan stabil.

Merk Tripod Terbaik

Velbon Tripod EX 640 merupakan tripod berbahan aluminium yang memberikan kenyamanan saat kamu memotret, dan ringkas, kokoh, namun ringan saat dibawa bepergian. Tripod ini dapat digerakan dalam 3 arah dan diputar mendatar 360 derajat, sehingga berguna sekali jika mau membuat foto panorama.

Lihat juga Pilih Mana : Kamera Canon atau Nikon?

9. Alloy Tripod Monopod 3 Legs Stand Base

Permasalahan yang biasa terjadi saat harus merekam video selama berjam-jam lamanya adalah rasa lelah yang berlebih. Tripod yang juga sanggup berfungsi sebagai monopod dari alumunium alloy ini sanggup menguranginya. Dengan tinggi maksimal sampai 166 cm, kamu tidak perlu terlalu membungkuk saat sedang merekam atau mengambil foto.

Merk Tripod Terbaik

Kamu dapat menambahkan piranti quick release untuk mengganti posisi kamera dengan lebih cepat. Kapasitas beban sebanyak 5 kg membuat kamu leluasa untuk memakai kamera jenis apapun. Para fotografer pernikahan layak memilikinya karena tripod ini sanggup menjaga stabilitas pengambilan gambar, baik video maupun foto.

10. Bexin Tripod Ultra Mini PRO-MS08

Dan Bexin Tripod Ultra Mini PRO-MS08 menjadi rekomendasi terakhir dari kami untuk merk tripod terbaik. Seperti namanya, tripod dari Bexin ini benar-benar berukuran mini.

Merk Tripod Terbaik

Dalam keadaan terlipat, tripod ini cuma berukuran 18 cm. Sangat mini, bukan? Tripod ini cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai food blogger. Kamu bisa membawanya dengan totebag saat jalan-jalan atau wisata kuliner.

Tripod ini memiliki kapasitas beban sampai 8 kg. Kaki tripod ini bisa dilebarkan untuk memudahkan kamu dalam pengambilan gambar dengan low angle atau pun micro shooting. Kepala tripod berjenis ballhead membuat pengambilan gambar yang bergerak menjadi lebih halus dan minim blurry.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply