KendaraanOtomotif

11 Oli Motor Matic Terbaik 2019

Motor matic menjadi salah satu kendaraan yang paling digemari oleh sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan cara pengemudian nya yang lebih mudah dan tidak membutuhkan pengoperan gigi. Harga yang disematkan pun tidak setinggi motor dengan transmisi gigi atau kopling.

Motor matic dengan kelincahan yang mumpuni dan memiliki daya yang tinggi tentunya menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu dibutuhkan oli dengan kualitas baik untuk menopangnya agar motor senantiasa berperforma tinggi dan lincah dalam melintasi jalanan.

Pada kesempatan kali ini, Selera.id akan membuat list beberapa oli motor matic terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai perbandingan dan referensi dalam memilih oli andalan kamu.

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list oli motor matic terbaik:

  • Popularitas
  • Standarisasi
  • Performa yang dihasilkan
  • Efisiensi bahan bakar
  • Teknologi yang disematkan

1. TOP 1 Action Matic

Rekomendasi pertama versi Selera.id adalah TOP 1 Action Matic yang telah hadir selama lebih dari 40 tahun serta dipercaya lebih dari 50 negara di seluruh dunia sebagai salah satu merk oli terbaik saat ini. TOP 1 Action Matic merupakan oli sintetik berperforma tinggi yang sudah melampaui standarisasi pelumas pabrikan dan mempunyai sertifikasi JASO MB terbaru tahun 2016.

Diformulasikan dengan Smooth Riding Additive untuk memberikan pengalaman berkendara yang halus serta berenergi bahkan pada kondisi jalanan perkotaan yang macet dan cuaca tak menentu sekalipun.

Selain itu, TOP 1 Action Matic terkenal bisa memberikan kebersihan maksimal pada ruang mesin dan lebih hemat bahan bakar. TOP1 Action Matic tersedia dalam kemasan 800 mL dan 1 L.

Spesifikasi TOP 1 Action Matic:
SAE 10W-40
API SJ
Volume 800 ml
JASO MB

2. Motul Scooter LE 10W30

Rekomendasi selanjutnya adalah Motul Scooter Expert LE 10W30 yang merupakan merek oli motor terbaik saat ini karena brand besar oli motor Motul ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk oli Motul ini sangat terkenal di dunia balap seperti road race, drag bike, grasstrack, dan motocross.

Oli ini di produksi mengingat dunia otomotif khususnya motor tipe matik dari tahun ke tahun semakin tajam tingkat penjualannya. Dan salah satu oli motor matic injeksi terbaik yang beredar di Tanah Air.

Spesifikasi Motul Scooter Expert LE 10W30:
SAE 10W-30
API SL
Volume 0,8 liter
JASO MB

Baca juga: Pertamina Enduro atau Shell AX7

3. Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40

Oli motor matic Shell Advance AX5 Scooter dibuat dengan teknologi pembersih aktif Shell yang berfungsi untuk mencegah partikel-partikel kotoran supaya tidak saling melekat dan membentuk endapan.

Oli ini juga mengurangi kebisingan serta getaran mesin, sehingga amat sesuai diaplikasikan pada motor matic bermesin 110cc sampai 150cc.

Spesifikasi Shell Advance AX5 Scooter:
SAE 20W-40
API SL
Volume 800 ml
JASO MB

4. Yamalube Super Matic

Yamalube Super Matic adalah oli mesin matik terbaik dari Yamaha saat ini. Kelebihan dari Yamalube Super Matic adalah stabil pada temperatur tinggi. Oli ini juga sanggup meredam suhu panas dari mesin motor dengan amat baik sampai membuat performa motor lebih optimal.

Merek oli motor terbaik Yamalube Super Matic sudah memenuhi standar JASO MB, sehingga amat cocok untuk semua matik dari Yamaha, contohnya Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Mio 125 M3, dan Yamaha X Ride.

Spesifikasi Yamalube Super Matic:
SAE 10W40
Volume 1 liter
JASO MB

Lihat juga:  Pilih Mana: Kia Picanto atau Suzuki Karimun Estilo?

5. Castrol Activ Matic

Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters merupakan oli mesin berteknologi tinggi dengan gesekan rendah yang didesain khusus untuk mesin motor matik 4-tak modern.

Mesin motor matik umumnya bekerja pada lalu lintas kota yang padat dengan kinerja stop/start yang lebih sering. Badan mesin yang tertutup dan desain transmisi yang berkelanjutan menyebabkan mesin jadi sangat panas.

Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters terus melindungi dari keausan dan penumpukan deposit yang berbahaya pada suhu tinggi sehingga mesin motor kamu senantiasa gesit. Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters membuat mesin tetap terlindungi serta motor senantiasa gesit seperti baru.

Spesifikasi Castrol Activ Matic:
SAE 20W-40 / SAE 10W-30
API SL
JASO MB

Lihat juga Pilih Mana: Evalube atau Enduro?

6. Deltalube 757 Premium

Untuk kamu pemilik motor matic diatas 125cc, Selera.id sarankan memilih oli yang satu ini. Lantaran Deltalube 757 Premium 10W30 sudah memakai zat aditif spesial yang akan melindungi komponen mesin dari gesekan dan membuat mesin terhindar dari keausan.

Oli ini juga sanggup meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menjaga kestabilan temperatur mesin sehingga cocok dipakai di segala kondisi.

Spesifikasi Deltalube 757 Premium:
SAE 10W-30
API SL
Volume 1000 ml
JASO MB

7. Federal Y-Matic

Pelumas motor matic yang satu ini telah dilengkapi sertifikat SAE 20W-40, API SJ, dan JASO MB yang menjadi bukti kualitasnya. Federal Oil juga melengkapinya dengan teknologi Viscoelastic Molecules yang akan meningkatkan performa mesin supaya akselerasi lebih optimal.

Selain itu, tersedia juga teknologi Double Act Cleaner yang akan melindungi kebersihan semua komponen mesin.

Spesifikasi Federal Y-Matic:
SAE 20W-40
API SJ
Volume 800 ml
JASO MB

8. AHM SPX 2

Pemakai motor matic Honda tentu sudah familier dengan oli ini, AHM SPX 2. Oli matic AHM SPX (Superior Protection Expert) 2 merupakan oli mesin yang khusus diformulasikan untuk motor matic Honda, dibuat oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Oli ini merupakan oli sintetik penuh yang sangat stabil dalam suhu tinggi. Teknologi Honda Visco Improver Technology membuat oli awet serta senantiasa memudahkan kamu dalam menghidupkan mesin. Kandungan Cleansing Agent membuat mesin kamu tetap bersih.

Spesifikasi AHM SPX 2:
SAE 10W-30
API SL
JASO MB

Lihat perbandingan Pertamina Enduro atau Castrol Power 1

9. Evalube 4T Pro Synthetic

Opsi oli mesin matic berikutnya berasal dari Yamaha, yakni Evalube. Kali ini Yamaha menawarkan oli mesin matic Oli Evalube PRO Synthetic Sintetik 4T. Oli ini di konsep untuk membuat mesin kamu senantiasa bertenaga betapa pun mesin sudah diajak bepergian jauh.

Mesin kamu pula senantiasa anti karat, olinya juga tidak gampang oksidasi. Molekulnya sangat stabil, sebab terbuat dari bahan sintetik.

Spefikasi Evalube PRO Synthetic:
SAE 10W-30
API SL
JASO MA2.

10. BM1 PC 1500

Rekomendasi selanjutnya dalam list ini yaitu BM1 PC 1500 10W/30. Transmisi mesin motor matic kamu akan mulus dengan oli ini, begitu juga suhu kerjanya akan senantiasa stabil walau motor sudah menempuh jarak jauh.

Tenaganya juga senantiasa prima dan tidak ngempos. Selain itu melindungi bagian-bagian mesin supaya tetap terlumasi dan terlindungi secara total.

Spesifikasi BM1 PC 1500:
SAE 10W-30
API SL
JASO MB

11. Shell Advance Scooter Matic AX7 4T 10W-40

Rekomendasi terakhir dari oli mesin matic yaitu oli Shell Advance Scooter Matic AX7 4T 10W-40. Oli ini dibuat oleh Shell yang mempunyai fitur kestabilan geser yang bagus, pengubah gesekan, memberikan perlindungan pada keausan rangkaian katup dan juga terdapat formula khusus untuk dapat mempertahankan kekentalan oli lebih tahan lama.

Berkat adanya teknologi RCE Shell Advance, oli ini sanggup memberikan performa tinggi pada mesin motor matic kamu.

Spesifikasi Shell Advance Scooter Matic AX7 4T 10W-40:
SAE 10W-40
API SM
Volume 800 ml
JASO MB

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply