ElektronikHome

Pilh Mana: Air Cooler atau Air Conditioner?

Bagi warga yang tinggal di negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia, beberapa warganya membutuhkan penyejuk ruangan agar menjaga aktivitas di dalam ruangan tetap nyaman. Oleh sebab itu beberapa perlengkapan elektronik penyejuk ruangan menjadi pilihan termasuk Air Cooler dan Air Conditioner yang banyak menjadi pilihan karena hampir serupa, tetapi dua produk elektronik ini sangatlah berbeda dari segi penggunaanya, Dan pada artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut dan mengetahui jenis-jenis rekomendasi dari keduanya. Jadi stay tune ya..

Air Cooler

Air cooler merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan, yang juga dapat untuk melembabkan udara melalui proses penguapan. Air cooler dapat menyejukkan udara, dan menurunkan suhu udara sampai kira-kira 5° Celcius. Alat ini bisa disebut sebagai pengganti yang lebih sejuk dari kipas angin. Disisi lain, air cooler bisa menjadi alternatif atau pendukung AC.

Air cooler memiliki ukuran yang kecil, dan pada umumnya memiliki roda. Sehingga Air cooler dapat dengan mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana. Desain air cooler saat ini sudah sangat bervariasi yang menyuguhkan tampilan lebih modern, futuristik, dan minimalis.

Selain ukurannya yang terbilang mini, air cooler juga disebut sebagai penyejuk ruangan yang tidak memakan konsumsi listrik terlalu besar seperti AC (air conditioner) misalnya. Banyak sekali jajaran air cooler yang sudah bisa beroperasi dengan menggunakan energi dibawah 100 Watt saja. Baca juga Pilih Mana: AC Daikin atau Sharp?

Jenis – Jenis Air Cooler

Sharp
Salah satu produk air cooler yang terkenal adalah dari Sharp PJ-A55TY-B/W di mana produk ini sudah dilengkapi dengan 4 unit kantong es untuk membuat air cooler jadi lebih dingin dibanding produk air cooler lain. Selain itu, ada auto swing louvers yang mengaktifkan mode sirkulasi udara secara horizontal agar udara dingin tersebar ke seluruh ruangan.

Midea
Midea juga memproduksi beberapa merk air cooler yang bisa Anda pertimbangkan. Brand ini juga menghadirkan air cooler dengan model yang berbeda-beda. Seri air cooler Midea yang best-seller adalah AC120-S, AC120-G, AC120-15F, dan AC90-E. Alasan lain mengapa Anda harus membeli air cooler Midea adalah fungsinya yang sebagai humidifier sebagai pengatur kelembaban udara dan air purifier untuk menjernihkan udara.

Beberapa seri air cooler Midea juga ditambahkan dengan Ice Boost yang dapat membuat air cooler jadi lebih dingin secara lebih cepat. Belum lagi ada tangki ekstra besar yang membuat air cooler Midea mampu beroperasi selama 10 jam lebih.

Oxone
Merk air cooler yang rekomendasi selanjutnya adalah dari Oxone. Berbeda dengan Sharp dan Midea yang memang berkonsentrasi pada alat-alat elektronik rumah tangga, Oxone lebih fokus memproduksi alat-alat memasak profesional. Namun, kali ini Oxone mencoba untuk mengahdirkan air cooler.

Produk air cooler dari Oxone ini aman bagi kesehatan karena dilengkapi dengan Ionizer dan Humidifier. Tidak hanya itu saja, hampir sebagian besar air cooler Oxone juga menggunakan teknologi Honeycomb yang membuat udara dingin tersebar ke seluruh ruangan. Di antara banyaknya seri air cooler yang diproduksi Oxone, seri OX-815N adalah air cooler yang paling laris di pasaran.

Air Conditioner

Secara umum pengertian dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut.

Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

Air Conditioner tidak hanya berguna untuk membantu menjaga suhu ruangan agar tetap konstan, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan juga bermanfaat mengurangi gejala asma serta alergi. AC sekarang telah menjadi sebuah peralatan penting bagi rumah khususnya daerah perkotaan, terutama untuk mengalahkan hawa panas terik saat di musim panas. Tidak hanya merubah hawa panas menjadi sejuk, tetapi AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Jenis – Jenis Air Conditioner

LG
LG karena merk ini adalah salah satu yang terbaik di pasar Indonesia. Beberapa seri AC LG sudah dilengkapi dengan Ionizer Sterilization yang dapat mensterilisasi bakteri dan deodorasi hingga 99,9%. Pada seri LG D10SMV panelnya tersembunyi sehingga tampilan AC ini juga lebih mewah.

Fitur lain yang merupakan kebanggaan LG adalah Jet Cool yang dapat mendinginkan ruangan secara lebih cepat. Jika ingin pengaturan suhu yang lebih mudah, AC LG menawarkan fitur Active Energy Control yang dapat mengatur tingkat konsumsi listrik dan kapasitas pendinginan secara efektif. Dengan semua fitur dan teknologi canggih ini, AC LG menjamin konsumsi listrik yang dibutuhkan semua produknya tergolong rendah

Sharp
AC Sharp sudah dibekali dengan Plasmacluster untuk membunuh virus, jamur, alergi, dan bau di ruangan. Sharp juga mengusung slogan “Sayonara panas!” untuk membuktikan bahwa AC-AC dari Sharp dapat mendinginkan ruangan secara lebih cepat. Kalian dapat memilih beberapa versi AC Sharp dengan fitur yang anda inginkan.

Panasonic
Panasonic menyediakan berbagai jenis AC yang lengkap untuk penggunanya. Mulai dari single split, cassette type, ceiling type, sampai dengan floor standing type. Untuk AC rumah yang bisa dipakai di ruangan-ruangan tempat tinggal Anda, hampir semua seri AC Panasonic sudah dibekali teknologi inverter yang hemat energi dan mampu membuat AC lebih cepat dingin.

Pilh Mana: Air Cooler atau Air Conditioner?

Air Cooler Air Conditioner
Kelebihan - Perawatan praktis dan mudah - Mudah dipindahkan - Udara lebih lembab- Melindungi dari panas dan dehidrasi - Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan - Membantu mengurangi asma dan alergi
Kekurangan - Kurang sejuk dari AC - Penyebaran suhu tidak merata- Tidak ramah lingkungan - Efek kering pada kulit

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan dari artikel di atas Air Cooler atau Air Conditioner mempunyai kelebihan dapat menurunkan suhu ruangan. Nah perbedaan paling mendasar pada suhu yang dapat diturunkan oleh kedua alat ini, yaitu Air Conditioner dapat menurunkan suhu ruangan hingga kurang lebih 20 derajat celcius saja, sedangkan Air Cooler dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5 derajat celcius.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Air Cooler VS Air Conditioner

VS

Leave a Reply