Kendaraan

Pilh Mana: Kia Picanto atau Nissan March?

Perbandingan KIA picanto dengan Nissan March bisa dijadikan referensi ketika kalian ingin membeli Mobil. Seperti halnya produsen Mobil lainnya, KIA dan Nissan memberikan inovasi terbaru pada tiap produknya. Tidak hanya itu saja, kedua produsen Mobil tersebut juga melakukan pembaharuan pada tiap tahunnya. Nah kali ini akan kita bahas mengenai Dimensi dan fitur dari kedua mobil tersebut agar dapat terlihat jelas perbedaannya.

Kia Picanto

Kia Motors yang merupakan produsen mobil asal Korea Selatan telah menciptakan mobil city car yang ringkas dan praktis yakni Kia Picanto. Mobil hatchback ini berkonsep mini dengan nuansa gairah yang membuat pengemudinya selalu ceria di dalam berkendara.

Untuk saat ini Kia Picanto ini telah sampai di generasi kedua yang mulai diproduksi pada tahun 2011 lalu sampai dengan saat ini. Ada beberapa perubahan dan modifikasi yang menarik untuk kita lihat bersama-sama.

Seperti diketahui Kia Picanto ini didesain untuk jalanan perkotaan (City Car) yang memiliki desain kecil dan minimalis membuat mobil ini sangat cocok untuk menemani anda dalam menjelajah seluruh penjuru kota di Indonesia yang cukup padat. Baca juga Pilh Mana: Nissan March atau Brio?

Dimensi Kia Picanto

Dimensi pada spesifikasi Kia Picanto ini memang berukuran mungil yang membuatnya mantap untuk dikendarai di jalanan perkotaan yang padat. Dengan dimensi 3595 x 1595 x 1490 mm membuat mobil ini sangat mudah untuk melesat di jalanan perkotaan yang padat serta memudahkan pengguna untuk parkir karena tidak membutuhkan area yang luas.

Kia Picanto memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya berkisar pada 800an kg membuat mobil ini sangat responsif untuk melaju di padatnya jalanan perkotaan. Kia Picanto ini menggunakan suspensi MacPherson Strut with Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber pada bagian depan dan Torsion Beam with Gas Shock Absorber membuat mobil ini memberikan performa handling yang mantap sehingga memungkinkan mobil ini untuk bermanuver di jalanan perkotaan.

Fitur Kia Picanto

Kia Picanto dibekali dengan beberapa fitur yang bermanfaat meskipun tidak terlalu lengkap. Mulai dari Emergency Stop SIgnal yang mana dapat memberikan keamanan dengan menghidupkan lampu belakang secara otomatis dalam memberi tanda pada pengemudi lainnya di belakang Kia Picanto ini saat terjadi sesuatu yang darurat di depan mobil ini.

Ada pula fitur hiburan audio pada spesifikasi Kia Picanto yang dihasilkan oleh 4 speaker yang dapat memanjakan perjalanan dengan memutar sumber audio dari CD, MP3, USB maupun AUX in iPod/iPhone.

Spesifikasi Kia Picanto terdapat Hill Assist Control (HAC) yang mana akan memberikan kemudahan melaju di jalanan menanjak atau menurun tanpa khawatir akan mobil ini tiba-tiba mundur atau maju dengan sendirinya. Selain itu dengan fitur tersebut laju mobil ini lebih cepat, stabil dan aman.

Kia Picanto ini juga dilengkapi dengan SRS Airbags yang berjumlah 6 buah dapat mencegah terjadinya benturan keras kepala pengemudi maupun penumpang lainnya saat mengalami kecelakaan sehingga meminimalisir terjadinya cedera kepala.

Dengan fitur pengereman Electronic Stability Control (ESC) yang terdapat pada spesifikasi Kia Picanto maka akan membuat pengereman semakin mudah dan terkontrol tetap pada jalurnya sehingga dapat meminimalisir akan terjadinya kecelakaan fatal.

Nissan March

Nissan March ini tidak banyak membawa perubahan atau pembaruan secara signifikan namun varian facelift dari city car garapan Nissan ini pun memiliki pembaruan yang berpengaruh besar pada tampilan eksteriornya dan kenyamanannya. Hal itu bisa dilihat dari segi fisik dari Nissan March yang hanya mendapat perubahan di bagian depan saja.

Untuk bagian interiornya pun dibuat dan dirancang lebih luas sehingga akan memberikan tingkat kenyamanan eksklusif serta didukung dengan berbagai tampilan fitur canggih. Nah, dari segi mesinnya, Nissan March tak mendapat banyak perubahan, dengan kata lain masih menggunakan mesin yang sama dari versi sebelumnya, yaitu 2 varian mesin berkapasitas 1.2 liter dan 1.5 liter.

Dimensi Nissan March

Dimensi yang diangkat spesifikasi Nissan March. Sebenarnya, untuk dimensi pada city car terbaru ini tak memiliki perbedaan dari versi sebelumnya di mana dengan mengusung rangka Monocoque, city car ini memiliki ukuran panjang 3.780 mm, lebarnya 1.667 mm, tinggi 1.525 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.440 mm pada tipe terendah dan setinggi 2.435 mm untuk tipe tertinggi.

Nissan ini pun akan lebih mudah dikendarai dan semakin gesit. Selain itu, hatchback ini juga memiliki ukuran ground clearance setinggi 141 mm yang dinilai cukup tinggi untuk sebuah mobil city car sehingga Nissan March ini tentunya akan cocok jika dikendarai di perkotaan. Di sisi lain, city car buatan Nissan ini juga akan diperkuat dengan sokongan kaki-kaki yang kuat.

Untuk memperkokoh kaki-kakinya maka Nissan melengkapi city car buatannya ini dengan velg berdiameter 15 inci yang terbalut sebuah ban berukuran 175/60 R15. dan untuk mendukung keselamatan dan mempermudah pengemudi dalam mengontrol laju dari Nissan March ini maka mobil ini pun dibekali dengan pengereman Ventilated Disc pada bagian depan dan Drum pada sistem pengereman di bagian belakang yang cukup handal dan berteknologi ABS+EBD+BA khusus varian tertinggi.

Fitur Nissan March

Untuk fitur Nissan March ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur canggih dan berteknologi tinggi untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan disematkannya fitur keselamatan ini sebagai bagian dari konsep “Safety Shield’ yang merupakan sebuah pendekatan proaktif dari Nissan March terhadap isu keamanan berdasarkan ide bahwa mobil seharusnya membantu melindungi penumpang.

Dan juga, fitur pengereman ini juga akan membantu pengendalian mobil saat pengereman mendadak sehingga memudahkan menghindar dalam kondisi darurat. Di sisi lain, kenyamanan penumpang Nissan March ini pun juga akan terjamin berkat fitur MID pada pengemudi.

Pilh Mana: Kia Picanto atau Nissan March?

Kia Picanto Nissan March
Kelebihan - Tampilan minimalis namun tetap stylish dan sporty - Kursi empuk - Mesin responsif dan halus- Suspensi empuk - Handling cukup sempurna - Visibilitas yang luas
Kekurangan - Bagasi sempit - Legroom sempit- Kepraktisan kabin belakang masih kurang - Head jok bagian belakang terlalu pendek

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kedua mobil tersebut mempunyai spesifikasi yang diunggulkan dan dari desain dimensi juga berbeda. Karenanya, dapat anda pilih sesuai dengan kriteria anda karena biasanya dalam memilih mobil pemilik menyesuaikan dengan karakteristik pemilik dan artikel di atas dapat menjadi referensi dalam memilih dari kedua mobil tersebut.

Kia Picanto VS Nissan March

Leave a Reply