Aplikasi

Pilih Mana: 360 Security atau Clean Master?

Apakah Anda masih bingung memilih aplikasi pembersih sekaligus antivirus untuk smartphone Android favorit Anda? Kami akan memberikan Anda pilihan antivirus dan aplikasi pembersih untuk perangkat Anda yaitu Clean Master dan 360 Security. Penasaran bukan? Mari kita simak penjelasan bagus mana 360 Security atau Clean Master? Selengkapnya di bawah ini.

360 Security

360 Security adalah aplikasi keamanan yang dibuat oleh perusahaan China Qihoo yang cukup intens masuk ke pasar pengguna smartphone Indonesia. Keunggulan 360 Security tidak hanya mendeteksi masalah virus atau malware yang hanya menginfeksi smartphone tetapi juga dapat menganalisis hal-hal yang membuat smartphone berjalan sebagaimana mestinya seperti aplikasi sampah. Bahkan dengan aplikasi ini Anda dapat mengatasi gangguan kenyamanan dalam bertelekomunikasi, misalnya sejumlah spam atau spam yang menyebalkan yang dapat Anda kendalikan melalui aplikasi ini. Baca juga Pilih Mana: 360 Security atau 360 Security Lite?

Kelebihan 360 Security yang bisa Anda ketahui:

1. Call dan SMS blocker
Adanya fitur ini berguna untuk memblokir nomor telepon yang Anda masukkan sehingga nomor tersebut tidak dapat menghubungi atau SMS ke ponsel Anda. Tentu ini sangat berguna karena begitu banyak spam atau penipuan yang tidak kita inginkan sama sekali.

2. Anti Pencurian
Fitur anti pencurian digunakan untuk meminimalkan kemungkinan pencurian ponsel. Untuk mengaktifkan menu ini, Anda harus memiliki perangkat telepon lain yang perlu memasukkan nomor dan kode keamanan ke dalam aplikasi. Dengan menu ini jika suatu saat telepon utama hilang, maka 360 Security dapat membantu mereka untuk melacak lokasi telepon, menghapus semua data ponsel yang relevan, peringatan jika ada yang mencabut kartu sim dan dapat menyalakan anti alarm pencurian.

Kekurangan 360 Security yang bisa Anda ketahui:

Banyaknya keluhan dari pengguna 360 Security ialah terlalu banyak iklan. Iklan ini akan terus muncul ketika Anda membuka aplikasi 360 Security ini. Iklan ini menjadi hal yang paling mengganggu saat pengguna menggunakan 360 Security.

Clean Master

Clean Master dirancang oleh pengembang Android, Cheetah Mobile dengan tujuan untuk mempercepat kerja sistem perangkat android agar tidak mengalami gangguan atau lag. Aplikasi ini telah diunduh oleh ratusan juta pengguna Android karena kapasitas aplikasi cukup kecil.

Kelebihan Clean Master yang bisa Anda ketahui:

1. Adanya kunci aplikasi
Fitur ini membantu Anda mengunci beberapa aplikasi seperti Facebook, SMS, Kontak, Galeri, dan aplikasi lain sesuai pilihan pengguna. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menjaga privasi dari data yang Anda inginkan.

2. CPU cooler
CPU cooler pada Clean Master digunakan untuk mencari dan menghentikan aplikasi yang dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. CPU cooler ini berguna untuk mendinginkan perangkat ponsel tersebut. Selain itu, fitur ini juga dapat membuat baterai ponsel lebih awet.

Kekurangan Clean Master yang bisa Anda ketahui:

Dikutip dari Kompas.com, aplikasi Clean Master menjanjikan untuk membersihkan aplikasi untuk meningkatkan kinerja ponsel. Akan tetapi kenyataannya terkadang aplikasi yang dihapus tersebut masih meninggalkan beberapa data tersembunyi (cache data) yang juga memakan kapasitas memori.

Pilih Mana: 360 Security atau Clean Master?

360 SecurityClean Master
Pengembang– Perusahaan China Qihoo– Android dan Cheetah Mobile
Kapasitas– Cenderung lebih ringan memakan RAM– Cenderung lebih berat memakan RAM
Fitur – Fiturnya sedikit– Fiturnya sangat banyak

Kesimpulan:

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan jika aplikasi Clean Master lebih unggul dari 360 Security karena lebih banyak fitur. Apalagi kini popularitas Clean Master masih lebih tinggi dari pesaingnya, apalagi pengguna yang datang dari seluruh dunia. Clean Master tersedia dalam banyak pilihan bahasa sehingga memudahkan pengguna. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

360 Security vs Clean Master

VS

Leave a Reply