Layanan

Pilih Mana: 4G atau LTE?

Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan yang dulunya kita hanya menggunakan ponsel untuk menelpon dan berkirim pesan saja, kini ponsel tersebut berubah sedemikian canggih dan semua kebutuhan bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja. Perubahan ini terjadi sejak penemuan jaringan internet yang membuat membuat produsen berlomba menciptakan sesuatu yang lebih inovatif. Lalu bagus mana 4G dan LTE?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat 4G dan LTE
– Kelebihan & kekurangan 4G dan LTE

4G

4G atau Fourth Generation merupakan sebuah kemajuan perkembangan teknologi dari jaringan atau network generasi keempat. Menurut International Telecommunication Union-Radio (ITU-R), predikat teknologi komunikasi 4G harus memenuhi syarat, seperti kecepatan download pada perangkat yang sedang bergerak harus mencapai 100 Mb/detik. Baca juga Pilih Mana: MIUI 7 atau MIUI 8?

Kelebihan 4G

1. Kecepatan download seluluer sekitar 100 Mbps lebih
Jaringan ini memiliki kecepatan yang lebih besar dari generasi sebelumnya, yang diyakini mencapai kecepatan hingga 100 Mbps per detik. Sehingga 4G tentu memiliki kecepatan luar biasa ketika mengakses internet, panggilan video dengan lancar, untuk memudahkan komunikasi jarak.

2. Mengakses video online lebih cepat
Penyedia layanan yang dapat ditonton secara online salah satunya adalah Youtube. Youtube memang televisi kedua bagi komunitas dunia. Dengan 4G, pengguna dapat mengakses video online lebih cepat seperti sekarang, maka dipastikan tidak ada kesulitan dan kendala berarti ketika pengguna mengakses video online.

Kekurangan 4G

1. Tidak semua tempat mendukung jaringan 4G
Jaringan 4G ini tidak mencakup seluruh wilayah Indonesia. Bahkan di beberapa sudut negeri sendiri juga banyak yang belum menerima sinyal 4G. Dan yang lebih buruk lagi, ada beberapa daerah di Indonesia yang bahkan tidak mendukung jaringan 3G sama sekali.

2. Sebagian besar jaringan 4G belum stabil
Karena cakupan basis jaringan 4G yang tidak merata di Indonesia, ini telah menyebabkan beberapa area jaringan 4G menjadi tidak stabil. Biasanya kejadian seperti ini cenderung terjadi saat bepergian ke luar kota. Saat bepergian jaringan 4G sering mengalami gangguan sehingga terkadang sulit untuk terhubung ke internet.

LTE

Dikutip dari Merdeka.com, LTE atau Long Term Evolution sering dipasarkan sebagai teknologi 4G LTE. Meskipun implementasinya masih jauh atau belum sesempurna dari persyaratan yang telah ditetapkan oleh ITU-R.

Kelebihan LTE

1. Mengunduh video hanya sekitar 15 menit saja
Jaringan LTE dapat mengunduh film definisi tinggi dalam waktu sekitar 15 menit. Bandingkan dengan HSPA yang memakan waktu hingga 6 jam. LTE dapat berjalan mulus di game online berkualitas tinggi, televisi on demand, hingga iklan berbasis video.

2. Mendukung GSM, cdmaOne, W-CDMA (UMTS), dan CDMA2000
Teknologi jaringan yang lebih tua seperti GSM, cdmaOne, W-CDMA (UMTS), dan CDMA2000 juga telah didukung oleh jaringan LTE.

Kekurangan LTE

1. Tidak kebal terhadap cuaca
Teknologi LTE sangat berguna ketika berselancar di internet dengan layanan 4G. Namun, LTE bukanlah teknologi yang kebal terhadap cuaca buruk. Penampilan terbaiknya akan segera hilang ketika cuaca buruk datang menyerang.

2. Video streaming kadang belum lancar
Aplikasi umumnya masih lancar. Namun untuk video streaming belum tentu tanpa putus, kecuali menggunakan ujung ke ujung QoS (kualitas layanan).

Pilih Mana: 4G atau LTE?

4GLTE
Jaringan – Cenderung belum stabil– Lebih stabil
Kecepatan akses– 100 mbps lebih– Belum sempurna 4G
Wilayah jangkauan– Masih di wilayah-wilayah tertentu saja– Sedang memperluas wilayah yang akan mendukung jaringannya

Kesimpulan

Intinya, kedua jaringan ini merupakan jaringan yang digunakan oleh banyak provider untuk memperlancar penggunanya dalam berselancar di internet. Keduanya hampir sama, namun LTE merupakan teknologi yang sedang berkembang untuk menyempurnakan jaringan 4G. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

4G vs LTE

VS

Leave a Reply