Pilih Mana: Abaya atau Gamis?

Loading...

Banyak jenis pakaian yang biasanya digunakan oleh para muslimah untuk menutupi auratnya sesuai dengan ketentuan. Dua di antara jenis pakaian tersebut di antaranya yaitu abaya dan gamis. Manakah pakaian yang lebih cocok dan sesuai untuk Anda gunakan? Abaya atau gamis?

Abaya dan gamis merupakan dua pakaian cukup longgar yang mampu menutupi penggunanya mulai dari tangan hingga kaki. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kedua jenis pakaian ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari variasi warna yang diberikan, bahan, ukuran dan masih banyak lagi perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut dapat Anda baca pada artikel berikut hingga selesai.

Baca juga: Pilih Mana: Khimar atau Bergo?

Abaya

Abaya merupakan pakaian yang berasal dari Timur Tengah yang di desain hampir mirip dengan jubah. Ukuran abaya ini biasanya sangat longgar pada bagian badan dan tangannya. Abaya identik dengan warna hitam, namun saat ini abaya telah diberikan pernak-pernik sehingga lebih menarik.

Kelebihan Abaya

Berikut beberapa kelebihan abaya yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Ukuran yang Lebih Longgar

Dikutip dari Detik.com abaya memiliki ukuran yang longgar.  Ukuran yang dimiliki oleh pakaian dari Timur Tengah ini lebih longgar pada daripada gamis. Hal ini dikarenakan pada abaya tidak terdapat kerutan di pinggangnya seperti yang dimiliki gamis. Dengan memakai abaya ini lekuk tubuh Anda tidak akan terlihat dan dapat mendukung Anda tampil sesuai dengan ketentuan syar’i.

  • Lebih Mudah dalam Memilih

Kelebihan lain yang dimiliki oleh abaya adalah Anda tidak akan terlalu sulit dalam menentukan pilihan dalam memilih warna abaya. Hal ini dikarenakan abaya pada umumnya memiliki warna hitam. Meski demikian telah banyak produsen abaya yang membuatnya dengan warna yang lain. Tapi warna yang digunakan juga merupakan warna yang relatif gelap. Dengan demikian Anda tidak akan dipusingkan dengan banyaknya pilihan warna dan lebih mudah memilih.

  • Lebih Simple dan Elegan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh abaya adalah cocok bagi pengguna yang ingin memiliki penampilan yang simple . Abaya merupakan pakaian yang memiliki motif tetapi tidak memenuhi baju. Motif tersebut biasanya terletak pada bagian-bagian tertentu saja sehingga cocok bagi Anda yang ingin tampil lebih simple.

Kekurangan Abaya

Berikut beberapa kekurangan abaya yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Variasi Warna yang Terbatas

Salah satu kekurangan abaya adalah memiliki variasi warna yang terbatas. Bagi orang yang tidak terlalu mementingkan warna, ini malah hal baik karena tidak memusingkan. Tapi bagi orang-orang yang menyukai warna dan corak yang banyak maka kurang cocok untuk memilih abaya.

Loading...
  • Pilihan Model dan Motif Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh abaya adalah memiliki model dan motif yang terbatas. Abaya tentunya memiliki model dan motif tertentu. Tapi model dan motif yang dimiliki oleh abaya ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan model atau motif yang dimiliki oleh gamis.

  • Terbuat dari Beberapa Jenis Bahan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh abaya adalah biasanya hanya terbuat dari beberapa jenis bahan saja, misalnya katun. Hal ini berbeda dengan gamis yang sering dibuat produsen menggunakan beragam jenis bahan.

Kelebihan AbayaKekurangan Abaya
- Memiliki ukuran yang lebih longgar- Memiliki variasi warna yang terbatas
- Lebih mudah dalam memilih- Pilihan model dan motif terbatas
- Lebih simple dan elegan- Terbuat dari beberapa jenis bahan

Gamis

Gamis merupakan pakaian panjang yang ukurannya tidak terllau lebar. Gamis memiliki berbagai model dan biasanya ditambahkan dengan aksesoris seperti ikat pinggang, kerutan pada pinggang dan lain sebagainya.

Kelebihan Gamis

Berikut beberapa kelebihan gamis yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Lebih Banyak Pilihan Warna

Salah satu kelebihan gamis adalah memiliki banyak pilihan warna. Untuk satu model gamis, Anda bisa memilih banyak warna yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau bahkan dapat disesuaikan dengan tema acara yang akan dilaksanakan.

  • Memiliki Banyak Motif

Selain memiliki banyak pilihan warna, gamis juga memiliki banyak pilihan motif. Gamis menyediakan motif yang sederhana dengan motif yang penuh dan lebih meriah pada sebuah gamis. Hal ini tentunya cocok bagi Anda yang menyukai pakaian dengan banyak motif dan warna.

  • Cocok untuk Berbagai Acara

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh gamis adalah cocok dipakai untuk berbagai jenis kegiatan atau acara, baik itu resmi ataupun tidak. Anda hanya perlu menyesuaikan model, warna, serta motif gamis agar sesuai dengan acara yang akan dihadiri.

Kekurangan Gamis

Berikut beberapa kekurangan gamis yang perlu Anda ketahui:

  • Ukurannya Tidak Terlalu Longgar

Salah satu kekurangan gamis adalah memiliki ukuran yang biasanya tidak terlalu longgar. Gamis juga biasanya memiliki kerutan pada pinggang atau tali yang dapat membantu penggunanya tampak lebih ramping dan dapat menampakkan lekukan pada tubuh. Anda dapat memakainya dilengkapi khimar sehingga tubuh lebih tertutup rapat.

  • Gamis Tertentu Terasa Panas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh gamis adalah terdapat gamis dengan bahan tertentu yang membuat pemakaiannya merasa panas. Misalnya gamis yang dibuat menggunakan bahan satin atau bahan lainnya yang kurang efektif menyerap keringat dan membuat pemakainya menjadi panas.

  • Lebih Sulit untuk Memilih

Memiliki banyak pilihan model, motif, dan warna pada sebuah pakaian dapat menjadi hal yang baik. Tetapi dapat pula menjadi hal yang kurang baik. Pasalnya Anda akan lebih sulit dalam menentukan pilihan karena terlalu banyak pilihan yang dihadapkan. Karena itu, Anda harus memerhatikan dengan seksama sebelum membeli

Kelebihan GamisKekurangan Gamis
- Memiliki lebih banyak pilihan warna- Ukurannya tidak terlalu longgar
- Memiliki banyak motif- Gamis tertentu terasa panas
- Cocok untuk berbagai acara- Lebih sulit untuk memilih

Pilih Mana: Abaya atau Gamis?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara abaya dan gamis. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

AbayaGamis
- Identik dengan warna hitam- Memiliki berbagai warna
- Ukuran lebih longgar- Ukuran tidak terlalu longgar
- Tidak terlalu banyak model- Memiliki lebih banyak model
- Cek harga abaya online termurah, Klik di sini- Cek harga gamis online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai abaya dan gamis di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis pakaian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memerhatikannya secara seksama untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Abaya vs Gamis

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *