ElektronikTechnology

Pilih Mana: AC Daikin atau AC LG?

Air Conditioner atau biasa dikenal sebagai AC adalah suatu pendingin ruangan yang sangat bermanfaat buat kamu yang menginginkan suhu ruangan yang sejuk dan nyaman. Saat ini sudah banyak produsen AC yang merilis produknya dengan fitur-fitur andalan di dalamnya, seperti AC Daikin dan AC LG.

AC Daikin dan AC LG cukup digemari oleh sebagian orang karena memiliki fitur yang canggih sehingga bisa membuat ruangan menjadi dingin dan nyaman untuk istirahat atau sekedar berkumpul bersama orang terdekat.

Apakah AC Daikin dan AC LG memiliki kelebihan dan kekurangan? Lalu bagaimana cara memilih AC yang baik? Kalau selera sih tahu jawabannya. Terus pantengin ya guys!

AC Daikin

Daikin merupakan salah satu pelopor teknologi inverter yang berpusat di Osaka–Jepang. Seluruh pabriknya di seluruh dunia diawasi ketat mengikuti standar teknologi Jepang. Daikin juga terkenal sebagai AC no.1 di dunia.

Perihal ini disebabkan kualitasnya dan dedikasi Daikin yang mengerahkan semua sumber daya manusianya cuma untuk menciptakan teknologi pendinginan terbaik dan terdepan.

Tidak hanya itu, pabrik Daikin yang ada di seluruh dunia diawasi oleh tenaga ahli asli dari Jepang untuk memastikan kualitas serta daya tahan terbaik. Tidak heran bila Daikin banyak dipakai untuk pendingin udara di berbagai lokasi penting dan prestisius.

Mulai dari Bandara internasional, hotel bintang 5, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, apartemen sampai rumah mewah mempercayakan Daikin sebagai sistem pendinginan udaranya.

Desainnya mempunyai sentuhan mewah yang akan menambah nilai estetika pada interior rumah Kamu dengan pilihan tipe Urusara 7, European Design, Hi-Inverter dan Smile Curve. Baca juga Pilih Mana: AC LG atau AC Samsung?

Kelebihan AC Daikin

  • Hemat listrik
    Konsumsi listriknya memang lebih rendah dibanding dengan jenis lainnya. Perihal ini disebabkan lebih kecilnya daya tarikan pertamanya. Kamu dengan menghemat sampai 1/ 3 daya ini dibanding dengan tipe lain.
  • Suhu ruangan tetap stabil
    AC Daikin juga cenderung lebih stabil sehingga tidak ada perbedaan yang timpang dalam perubahan udara. AC ini menjadikan suhu ruangan lebih nyaman dan sangat halus sehingga tidak menimbulkan kondisi ruang yang aneh.
  • Memiliki desain yang menarik
    Desain yang diusung Daikin terhadap produk AC nya cukup menarik, sehingga bisa disesuaikan dengan ruangan yang hendak dipasang.

Kekurangan AC Daikin

  • Waktu yang dibutuhkan untuk dingin cukup lama
    Kekurangan pertama yang dimiliki AC Daikin yakni terletak pada lebih banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan. Hal ini tentu tidak sesuai buat kamu yang hendak merasakan suhu ruangan yang dingin kala pulang bekerja atau sebagainya.
  • Suara yang dihasilkan cukup berisik
    Kekurangan selanjutnya yaitu suara yang dihasilkan dari AC Daikin ini cukup berisik, sehingga membuat para orang yang berada di sebuah ruangan menjadi risih dan tidak nyaman.
  • Kawat kompresor pada outdoor AC kurang awet
    Kekurangan yang terakhir yaitu kawat kompresor pada outdoor AC Daikin terbilang kurang awet. Mesin yang bertugas untuk mendinginkan ini cenderung membutuhkan jeda waktu agar senantiasa memberikan suhu yang diidamkan.

Rekomendasi AC Daikin

Daikin Split Standard FTV25AXV14
AC ini merupakan salah satu produk unggulan dari Daikin sebab mempunyai beberapa fitur terbaik. Beberapa fitur antara lain Flat Panel System yang secara otomatis akan membersihkan filter bagian luar, sehingga AC akan senantiasa terlihat lebih segar ketika pertama kali dihidupkan. Kemudian terdapat Quick Remote and Easy To Use yang memberikan keunggulan pada remote Daikin FTV25AXV14 yakni real time clock dan LCD yang terang.

Daikin Standard FTC15NV14
FTC 15NV14 ini sudah dilengkapi dengan fitur R-32. Fitur ini membuat AC lebih hemat energi, aman dari pemanasan global, dan tidak merusak lapisan ozon. Untuk kelebihan lain yaitu AC ini mempunyai sirip ganda, jadi hembusan udara akan lebih luas dari AC biasa. Tidak hanya itu sistem 3D Flow yang sudah terpasang di AC ini akan membuat ruangan akan lebih cepat dingin.

Daikin Split Smile Inverter FTKC25QVM4
Terdapat sistem Comfort Airflow Mode yang bisa mengubah arah aliran udara dan juga mencegah udara dingin langsung menerpa tubuh kamu. Tidak hanya itu, sistem ini bisa membuat ruangan kamu lebih cepat dingin.

Varian AC DaikinHarga per September 2019
Daikin Split Standard FTV25AXV14 Rp 3.300.000,-
Daikin Standard FTC15NV14 Rp 3.350.000,-
Daikin Split Smile Inverter FTKC25QVM4 Rp 5.200.000,-

AC LG

LG Electronics merupakan perusahaan multinasional dari Korea Selatan. LG Electronics merupakan perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa.

Salah satu produk yang diunggulkan oleh LG yakni AC. AC yang dihasilkan dari LG paling dicari karena memiliki kualitas dan keunggulan yang baik, mulai dari mesinnya yang tahan lama, harga terjangkau serta adanya teknologi baru yakni low watt atau hemat penggunaan daya.

Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi akan kualitas yang dimiliki AC LG ini ya guys. LG juga memberikan garansi setiap produknya termasuk AC apabila mengalami kerusakan atau beberapa keluhan lainnya.

Kelebihan AC LG

  • Memiliki fitur Jet Cool
    Fitur ini membuat kamu bisa lebih menyingkat proses pendinginan ruang. Kamu cukup menekan satu tombol di remote control untuk mengaktifkan fitur ini, AC akan menyemburkan suhu 18°C sepanjang 30 menit sebelum mempertahankannya pada suhu yang diinginkan.
  • Memiliki fitur Multi Watt Option
    Fitur ini bisa dioperasikan dalam 4 opsi besaran daya listrik. Ketersediaannya memberikan kemudahan dan fleksibilitas lebih untuk kamu untuk mengatur asupan listrik menyesuaikan temperatur lingkungan sekitar dan beban ruang melalui kendali remote control.
  • Garansi 10 tahun
    Dan inilah yang menjadi kelebihan AC LG yang paling menarik perhatian, yakni garansi hingga 10 tahun untuk kemungkinan kerusakan kompresor pada AC LG kamu. Jadi kualitas dari AC LG sudah tidak perlu diragukan lagi ya guys.

Kekurangan AC LG

  • Suara kipas cukup berisik
    Kekurangan pertama yang dimiliki AC LG adalah kipas dalam AC LG yang cukup berisik. Ini merupakan kekurangan yang cukup mengganggu para pemakai AC LG sehingga tidak bisa nyaman dan risih ketika berada di suatu ruangan.
  • Harga cukup mahal
    Kekurangan selanjutnya adalah harga yang cukup mahal. Mengingat banyaknya fitur yang disematkan ke dalam beberapa produk LG sudah pasti menghasilkan harga jual yang cukup tinggi juga. Namun rekomendasi yang akan dibahas setelah ini merupakan AC LG dengan harga yang cukup ekonomis.
  • Biaya perawatan mahal
    Kekurangan yang terakhir dari AC LG adalah biaya perawatan yang cukup mahal. Hal ini terjadi karena pemakainya yang tidak merawat AC nya dengan baik sehingga diperlukan biaya perawatan yang cukup tinggi apabila memiliki beberapa keluhan di dalamnya.

Rekomendasi AC LG

LG T05NLA
AC ini mempunyai kapasitas 0.5PK dengan proses yang cepat menyejukan udara di ruangan secara maksimal bahkan bisa kamu rasakan kesejukannya sampai ke setiap sudut ruangan kamu. Filter debunya sanggup menyaring berbagai partikel kecil di udara termasuk memusnahkan bakteri dan benda tidak kasat mata lainnya secara maksimal sehingga kesehatan kamu dan keluarga jauh lebih terjamin.

LG T06EMV
LG T06EMV merupakan AC Inverter dengan kapasitas pendinginan 5.200Btu / Hr dan mempunyai fungsi anti bacteria filter (stallion prefilter) dan 3M micro dust filter. AC ini dilengkapi spesial fungsi fresh dry, indirect air, dan active energy control.

LG D10SMV
LG D10SMV ini dilengkapi dengan teknologi Smart Inverter yang sanggup menghemat energi sampai 70%. Walaupun dipakai untuk waktu yang lama, kamu bisa lebih menghemat energi yang dipakai sehingga lebih efisien. AC ini juga bisa bekerja dengan tingkat kebisingan yang rendah sehingga tidak mengusik aktivitas dan waktu istirahat kamu.

Varian AC LGHarga per September 2019
LG T05NLA Rp 2.350.000,-
LG T06EMV Rp 2.599.000,-
LG D10SMV Rp 4.433.000,-

Tips memilih AC yang baik

  1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan
    Sebelum membeli AC sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dulu luas ruangan yang akan dipasangi AC baru. Cara memilih AC yang tepat yaitu menyesuaikan ukuran PK AC dengan luas ruangan yang akan ditempati. Ukuran PK disesuaikan dengan luas ruangan supaya suhu dingin dari AC bisa menyebar secara merata.
  2. Pilih jenis AC sesuai kebutuhan
    Setiap jenis mempunyai keunggulannya masing- masing. AC yang biasa dipakai untuk rumah tangga yaitu AC Split. Sebelum AC Split pendahulunya yaitu AC Window yang kini sudah sangat jarang dijual di pasaran. Untuk gedung perkantoran kamu dapat memilih AC Split atau AC Cassette yang dipasang di langit- langit dan beberapa jenis lainnya.
  3. Pertimbangkan AC yang hemat listrik
    Sebagai konsumen kita memang wajib memilih AC yang hemat listrik supaya tagihan listrik tidak membengkak. Sebelum membeli AC jangan ragu untuk mencari tahu pemakaian daya listrik( Watt) AC yang akan dibeli.
  4. Beli AC dari merk terpercaya
    Tidak bisa dipungkiri kalau merek memang menjamin kualitas serta keawetan AC. Jadi, upayakan untuk membeli AC dari merk yang benar- benar terpercaya. Di Indonesia sendiri sudah banyak merk AC terbaik yang dijual di pasaran, seperti Sharp, Panasonic, Samsung, LG, Midea, dan masih banyak lagi.
  5. Sesuaikan dengan budget
    Sebelum membeli AC sebaiknya kamu menghitung dahulu budget yang kamu punya, apakah cukup budget tersebut untuk membeli AC impian kamu? Bila dana yang kamu punya belum cukup untuk membeli AC dari merk dan tipe yang diinginkan, maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli merk AC lain yang lebih ekonomis.
  6. Pastikan garansi AC jelas
    Saat berada di dalam toko AC, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya mengenai garansi AC yang akan dibeli. Setiap AC baru harus memberikan garansi resmi dari brand- nya. Jadi, jika terdapat kerusakan maka kamu tidak perlu membayar biaya- biaya tertentu.

Pilih Mana: AC Daikin atau AC LG?

AC DaikinAC LG
Kelebihan- Hemat listrik - Suhu ruangan tetap stabil - Memiliki desain yang menarik - Memiliki fitur Jet Cool - Memiliki fitur Multi Watt Option - Garansi 10 tahun
Kekurangan- Waktu yang dibutuhkan untuk dingin cukup lama - Suara yang dihasilkan cukup berisik - Kawat kompresor pada outdoor AC kurang awet - Suara kipas cukup berisik - Harga cukup mahal - Biaya perawatan mahal

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai AC LG dan AC Daikin diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa kedua merk AC terkenal ini memiliki banyak fitur dan manfaat yang diperoleh para pemakainya. Untuk itu kamu bisa pilih antara AC LG dan AC Daikin sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC Daikin vs AC LG

VS

Leave a Reply