Elektronik

Pilih Mana: AC Daikin atau Sharp?

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia pasti akan mengalami musim panas (kemarau) selama kurang lebih 6 bulan. Pada musim panas banyak orang akan membutuhkan AC untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan sejuk di dalam ruangan. Namun, untuk memilih AC yang baik dan sesuai dengan kebutuhan memang tidaklah mudah. Karena banyaknya merek AC, kami mencoba bandingkan bagus mana AC Daikin atau Sharp?

AC Daikin

Dikutip dari Wikipedia.org, Daikin Industries, Ltd adalah perusahaan Jepang yang memproduksi AC. Perusahaan Daikin selalu konsisten menyediakan berbagai AC baik untuk hunian, komersial maupun industri. Daikin yang memproduksi AC buatan Jepang ini memperkenalkan salah satu produknya yakni Daikin Urusara 7 FTXZ Series.

Kelebihan AC Daikin yang bisa Anda ketahui:

1. Mampu menjangkau ruangan besar
Daikin Urusara 7 dapat beroperasi untuk mendinginkan ruangan dengan menggabungkan teknologi hemat energi dan kontrol daya Inverter DC. Di ruang besar, Urusara 7 akan menghantarkan udara dingin ke setiap sudut ruangan dengan suhu yang stabil. Efek koanda yang dimiliki oleh AC untuk kantor ini dapat membuat arah aliran udara menelusuri permukaan benda.

2. Teknologi Streamer
Satu hal yang tidak boleh dilupakan, Daikin Urusara 7 dilengkapi dengan teknologi streamer yang akan menghancurkan alergen, jamur, dan bakteri yang masuk ke dalam filter sehingga akan memberikan kualitas udara yang sejuk di dalam ruangan. Baca juga Pilih Mana: AC Daikin atau Panasonic?

Kekurangan AC Daikin yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak ada perlindungan AC
Kekurangan AC Daikin yakni tidak adanya perlindungan AC, sementara pada AC Sharp sudah dilengkapi ketiga fitur perlindungan seperti Squall Shield, Corrosion Shield, dan Voltage Shield yang akan menjaga AC dari hujan atau matahari agar tidak berkarat dan melindungi ketidakstabilan tegangan sehingga AC masih dapat beroperasi ketika tegangan turun menjadi 130 Volt.

2. Tidak cepat dingin
AC Daikin memiliki kekurangan karena AC-nya tidak cepat dingin. Berbeda dengan AC Sharp yang memiliki fitur JetStream sehingga membuat AC Sharp dapat bekerja efektif untuk menghasilkan udara dingin seketika di ruangan yang panas.

AC Sharp
Perusahaan Sharp merupakan perusahaan yang menjual berbagai jenis alat elektronik seperti TV, lemari es, mesin cuci, AC dan masih banyak lagi. Namun, apa yang membedakan produk AC dengan produk AC merek lainnya adalah teknologi Plasmacluster yang menghilangkan virus, jamur, alergen, dan bau di ruangan Anda. Salah satu produk AC-nya ialah Sharp AH-XP10SHY J-Tech Inverter Series.

Kelebihan AC Sharp yang bisa Anda ketahui:

1. Teknologi Plasmacluster
Perusahaan Sharp memproduksi produk AC-nya yang membawa teknologi Plasmacluster yang dapat menyebarkan ion positif dan negatif ke udara untuk memburu unsur-unsur tidak terlihat seperti virus, alergen, bau, dan jamur hingga ke sudut-sudut ruangan.

2. Best Sleep Mode
AC yang diterbitkan oleh Sharp ini memiliki fitur best sleep mode yang dapat memberikan kenyamanan saat tidur karena dapat secara otomatis mengatur suhu saat awal tidur, tidur lelap, dan menjelang bangun tidur. The J-Tech Inverter pada Sharp AH-XP10SHY dapat diatur dengan akurasi interval 0,5 derajat celcius.

Kekurangan AC Sharp yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak dilengkapi fitur pembersihan otomatis
AC Sharp memiliki kekurangan karena tidak dilengkapi fitur pembersihan otomatis layaknya yang ada pada AC Daikin. Fitur pembersihan otomatis pada Daikin Urusara 7 memungkinkan AC dapat menyikat dan mengumpulkan debu ke dalam kotak debu yang akan bekerja setelah 18 jam operasi kumulatif.

2. Mempengaruhi potensi pemanasan global
Selain itu, kekurangan lain ada pada AC Sharp ialah AC-nya mempengaruhi potensi pemanasan global. Di sinilah Daikin Urusara 7 unggul karena menggunakan refrigeran R-32 * 1 yang tidak akan merusak lapisan ozon sehingga Daikin termasuk AC yang ramah lingkungan yang dapat mengurangi potensi pemanasan global hingga 70%.

Pilih Mana: AC Daikin atau Sharp?

AC DaikinAC Sharp
Penggunaan– Dominan untuk kantor yang besar– Lebih cenderung untuk pengguna rumahan
Teknologi– Menggunakan teknologi Streamer– Menggunakan teknologi Plasmacluster
Cara kerja– Membutuhkan waktu untuk membuat ruangan panas menjadi dingin– Seketika mampu membuat ruangan panas menjadi dingin merata

Kesimpulan

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, kami lebih menyimpulkan jika Anda membutuhkan AC hanya untuk ruangan kecil, seperti di dalam rumah maka AC Sharp bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi jika Anda membutuhkan AC yang dapat menjangkau ruangan besar maka pilihan terbaiknya ialah AC Daikin. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC Daikin vs Sharp

VS

Leave a Reply