Pilih Mana: AC Dinding atau AC Duduk?

Loading...

Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung memiliki suhu udara yang hangat. Dengan demikian banyak orang yang menggunakan berbagai macam peralatan untuk bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu gerah, salah satunya yaitu menggunakan AC. AC saat terbagi menjadi beberapa macam, dua di antaranya yaitu AC dinding dan AC portable atau AC duduk. Manakah yang sebaiknya Anda gunakan? AC dinding atau AC duduk?

AC dinding dan AC duduk memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Sesuai dengan namanya, AC dinding merupakan AC yang diletakkan pada dinding. Banyak orang yang menggunakan AC dinding karena dipercaya lebih tahan lama dan tidak ingin memindahkan AC. Sedangkan AC duduk merupakan AC portable yang dapat dipindahkan dengan mudah. Banyak orang menggunakan AC portabe karena lebih praktis.

AC Dinding

AC dinding merupakan jenis AC biasa yang dipasangkan di dinding secara permanen. AC dinding dapat mendinginkan ruangan Anda tanpa mengeluarkan suara yang berisik. Dengan demikian Anda dapat menikmatinya dengan tenang.


Kelebihan AC Dinding

Berikut beberapa kelebihan AC dinding yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Menimbulkan Suara

Salah satu kelebihan AC dinding atau biasa disebut dengan AC konvensional adalah tidak menimbulkan suara. AC dinding dapat melembapkan udara dan membuat suhu udara menjadi dingin tanpa mengeluarkan suara yang mengganggu ketenangan.

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki AC dinding adalah lebih awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan AC dinding hanya menempel dan tidak sering dipindah-pindahkan seperti AC portable. Dengan demikian, AC dinding memiliki kemungkinan rusak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan AC portable.

  • Penggunaan Daya yang Terkontrol

Kelebihan selanjutnya penggunaan AC dinding adalah daya listrik yang digunakan tidak lebih besar daripada AC portable, apalagi pada hentakan pertama saat mulai menghidupkan AC. Anda bisa sedikit menghemat penggunaan daya listrik dengan menggunakan AC dinding.

Kekurangan AC Dinding

Berikut beberapa kekurangan AC dinding yang perlu Anda ketahui:

  • Sulit untuk Dipindahkan

Salah satu kekurangan AC dinding adalah harus diletakkan secara permanen pada suatu tempat. Artinya, Anda tidak bisa melakukan pemindahan ke ruangan-ruangan lain yang juga membutuhkan suhu yang dingin. Anda harus memiliki AC lebih dari satu jika ingin mendinginkan banyak ruangan.

  • Proses Instalasi yang Cukup Rumit

Kekurangan lainnya yang dimiliki AC dinding adalah proses instalasi atau pemasangan AC in cukup rumit. Anda harus membobok rumah dan memerlukan rang yang ahli dalam memasang AC. Berbeda dengan AC portable yang tidak membutuhkan instalasi yang rumit dan hanya tinggal dicolokkan saja pada listrik.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki AC dinding adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan AC portable atau AC duduk. Dengan demikian, Anda harus menyiapkan budget yang ekstra untuk mendapatkan AC jenis ini. Namun, harga AC tentunya sebanding dengan kualitas dan daya tahan yang diberikan.

Loading...
Kelebihan AC DindingKekurangan AC Dinding
- Tidak menimbulkan suara - Sulit untuk dipindahkan
- Lebih awet dan tahan lama - Proses instalasi yang cukup rumit
- Penggunaan daya terkontrol - Harga relatif lebih mahal

AC Duduk

AC duduk atau AC portable merupakan AC yang sengaja dirancang atau di desain untuk memudahkan dan mendukung mobilitas yang tinggi. AC ini memiliki ukuran yang lebih ringkas sehingga lebih mudah dipindahkan.

Kelebihan AC Duduk

Berikut beberapa kelebihan AC duduk yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bentuk yang Ringkas dan Fleksibel

Salah satu kelebihan AC duduk adalah memiliki bentuk yang lebih ringkas dan fleksibel. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar akan membuat Anda dengan mudah memindahkannya ke manapun yang Anda inginkan.

  • Proses Instalasi yang Mudah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki AC duduk adalah memiliki proses instalasi yang yang mudah jika dibandingkan dengan AC dinding. AC duduk atau AC portable ini hanya perlu disambungkan dengan listrik untuk bisa mendapatkan ruangan yang dingin. Anda tidak perlu melakukan pembobokan listrik untuk memasang AC ini.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh AC duduk atau AC portable adalah memiliki harga yang relatif terjangkau. Jika Anda memiliki dana yang agak terbatas dan ingin mendapatkan AC, maka AC portable ini dapat menjadi solusi bagi Anda.

Kekurangan AC Duduk

Berikut beberapa kekurangan AC Duduk yang perlu Anda ketahui:

  • Menimbulkan Suara yang Berisik

Salah satu kekurangan AC duduk adalah menimbulkan suara yang berisik saat dihidupkan. Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan AC dinding yang lebih tenang. Suara berisik ini mungkin ditimbulkan karena kompresor AC duduk tergabung di dalam AC.

  • Lebih Mudah Rusak

Kekurangan lain dari penggunaan AC duduk ini adalah lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan AC dinding. Hal ini dikarenakan AC duduk sering dipindah-pindahkan dan dibawa ke mana-mana. Keawetan AC ini tentu berbeda dengan AC yang diletakkan secara permanen.

  • Penggunaan Daya Listrik yang Lebih Besar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki AC duduk adalah menggunakan daya yang relatif lebih besar daripada AC dinding. Daya listrik yang dibutuhkan sangat besar terutama ketika hentakan pertama saat baru saja menghidupkan AC duduk ini. Jika Anda membutuhkan AC yang hemat penggunaan daya listrik, maka AC duduk atau AC portable bukanlah pilihan yang tepat. Dikutip dari Kompas.com penggunaan AC membutuhkan dayaminimal 300 watt untuk beroperasi. Jika penggunaan AC portable lebih besar, maka AC portable membutuhkan daya lebih dari 300 watt.

Kelebihan AC Duduk Kekurangan AC Duduk
- Memiliki bentuk yang ringkas dan fleksibel - Menimbulkan suara yang berisik
- Proses instalasi yang mudah - Lebih mudah rusak
- Harga lebih terjangkau- Penggunaan daya listrik yang lebih besar

Pilih Mana: AC Dinding atau AC Duduk?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara AC dinding dan AC duduk. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua AC tersebut:

AC DindingAC Duduk
- Diletakkan secara permanen tidak dapat dipindah-pindahkan - Dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan
-Penggunaan daya listrik lebih hemat- Penggunaan daya listrik lebih besar
- Lebih awet dan tahan lama - Lebih mudah rusak
- Cek harga AC dinding online termurah, Klik di sini- Cek harga AC duduk online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai AC dinding dan AC duduk di atas, dapat disimpulkan bahwa AC dinding lebih tahan lama dan lebih awet daripada AC duduk. AC duduk memang memiliki harga yang lebih murah, namun AC ini lebih cepat rusak dan menggunakan lebih banyak daya listrik. Sehingga jika dihitung, pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk memperbaiki kerusakan AC duduk dan membayar tagihan listrik malah lebih besar daripada biaya pembelian AC dinding. Namun memang AC dinding tidak bisa dengan mudah dipindahkan seperti AC duduk.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC Dinding vs AC Duduk

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *