ElektronikTechnology

Pilih Mana: AC LG atau AC Samsung?

Air Conditioner atau biasa dipanggil AC merupakan pendingin yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk. AC memiliki beberapa daya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan rumah atau gedung kamu. Salah satu merk AC terkenal yang akan kita bahas kali ini adalah AC LG dan AC Samsung.

AC LG dan AC Samsung memiliki beberapa varian sesuai dengan kantong para pembelinya. Namun tentunya kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan kualitas AC LG atau AC Samsung yang lebih canggih.

Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai AC LG dan AC Samsung agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih AC andalan kamu dirumah. Stay tune!

AC LG

LG Electronics merupakan perusahaan multinasional dari Korea Selatan. LG Electronics merupakan perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa.

LG sudah menjadi salah satu merk peralatan rumah tangga yang dapat diandalkan. LG memproduksi banyak segmen elektronik, salah satunya yaitu Air Conditioner (AC)

AC LG dilengkapi dengan fitur kendali unggulan yang bisa dioperasikan melalui remotenya. Kamu dapat mengatur suhu ruangan dengan timer yang akan berfungsi secara akurat supaya aktivitas lebih nyaman.

Mode pendinginan pada AC LG yang bisa dipilih antara lain mode dingin, mode auto, mode pengaturan kelembaban, serta pengaturan sirkulasi udara. Semua fitur pendinginan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Baca juga Pilih Mana: AC LG atau Sharp?

Kelebihan AC LG

  • Adanya fitur Ionizer Sterilization
    Sebagian seri AC LG telah dibekali dengan Ionizer Sterilization yang bisa mensterilisasi bakteri serta deodorasi sampai 99,9%. Sehingga para orang yang berada di jangkauan AC LG senantiasa sehat dan selalu segar.
  • Adanya fitur Jet Cool
    Lalu sebagian dari AC LG juga memiliki fitur Jet Cool yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Hal ini tentu cocok buat kamu yang ingin istirahat setelah pulang beraktivitas seharian diluar rumah.
  • Konsumsi listrik lebih hemat
    LG juga memiliki beberapa fitur lainnya yang berfungsi menjamin konsumsi listrik yang lebih hemat jika dibandingkan dengan beberapa merek AC lainnya sehingga kamu bisa jadi lebih hemat.

Kekurangan AC LG

  • Harga cukup tinggi
    Kekurangan AC LG yang pertama yaitu harga yang disematkan cukup tinggi. Mengenang beberapa fitur yang bermanfaat untuk para pemakainya sudah pasti LG menyematkan harga yang cukup tinggi.
  • Kipas cukup berisik
    Kekurangan selanjutnya adalah kipas dalam AC LG yang cukup berisik. Ini merupakan kekurangan yang cukup mengganggu para pemakai AC LG sehingga tidak bisa nyaman berada di suatu ruangan.
  • Fitur hemat listrik terbatas
    AC LG dengan fitur hemat listrik umumnya hanya terbatas di kekuatan pendingin antara ½ PK sampai 1 PK saja. Tentu, ukuran tersebut akan menjadi masalah yang cukup besar ketika ruangan yang menjadi tempat AC bekerja berukuran cukup luas. Jika pada AC konvensional penurunan suhu dapat terjadi dalam waktu 10-15 menit hingga turun ke suhu yang diinginkan, maka pada AC dengan fitur hemat listrik waktunya akan lebih lama.

Rekomendasi AC LG

LG Split Air Conditioner T10EMV
AC bintang 4 ini sudah dilengkapi dengan inverter sehingga butuh daya listrik sebesar 920 watt saat Kamu nyalakan. Walaupun begitu, produk ini telah dilengkapi fitur multiwatt option dengan 4 opsi daya supaya Kamu bisa mengatur daya listriknya sesuai kebutuhan. Untuk kamu yang ingin mengontrol biaya listrik, produk inilah jawabannya.

LG Hybrid Ultima Series
LG Hybrid Ultima Series DC10MV yakni AC ukuran 1 PK terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang mengagumkan diantaranya Fresh Dry, Jet Cool, Auto Cleaning, Air Filter dan Inverter V Technology. Selain itu dari segi desain juga terlihat stylish dan modern, selain sebagai mesin pendingin ruangan bisa juga sebagai hiasan di dalam ruangan kamu.

LG F05NXA Hercules Nova AC Split
AC ini merupakan pendingin terbaik untuk ruangan besar. Terdapat fitur Jet Cool yang bisa mempercepat proses pendinginan ruangan sampai sejauh 2,5 m. Mesin pendingin ini termasuk kategori low watt, sebab cuma berdaya 330 watt, walaupun dipakai seharian.

AC Samsung

Samsung merupakan perusahaan yang mempunyai produk elektronik berkualitas tinggi, dengan teknologi terbaru yang dibuat. Samsung merupakan perusahaan terdepan dalam peralatan rumah tangga dari mulai kebutuhan mencuci, alat elektronik perlengkapan rumah tangga, perlengkapan dapur dan lainnya.

Samsung mempunyai banyak produk mulai dari mulai Kulkas, mesin cuci, microwave , vacuum cleaner dan AC. AC Samsung sendiri mempunyai daya tahan yang amat lama. AC Samsung sangat terjamin serta mempunyai garansi yang amat baik.

AC Samsung saat ini sudah banyak digemari dan diandalkan oleh orang banyak. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi akan kualitas yang dimiliki oleh AC Samsung.

Kelebihan AC Samsung

  • Terdapatnya fitur canggih
    Teknologi Fast Cool serta Comfort Cool amat tepat untuk dibutuhkan dalam ruangan dengan sangat cepat, dan otomatis berubah ke mode Comfort disaat ruangan sudah nyaman sehingga penghuni tidak menggigil dan tidak perlu mengubah temperatur secara manual.
  • Hemat energi
    Otomatis mengirit energi, tanpa perlu repot untuk menyetel pengaturannya. Bila kompresor dan kipas beroperasi dalam waktu yang lama dan suhu menjadi panas makan otomatis dinonaktifkan.
  • Awet tahan lama
    Lebih awet dengan pemakaian bertahun-tahun, dengan adanya Triple Protector sehingga akan mencegah beban listrik berlebihan pada kompresor dan controller, bahan material juga dibuat dari lapisan anti karat sehingga cabinet dan kondensor tidak mudah ber korosi.

Kekurangan AC Samsung

  • Harga cukup tinggi
    Sama halnya dengan AC LG, AC Samsung juga memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini tentu sesuai dengan fitur dan beberapa kecanggihan lainnya yang diberikan oleh AC Samsung.
  • Layanan service AC masih sedikit
    Layanan service resmi AC Samsung jika terjadi kerusakan tergolong cukup sedikit. Memang kita bisa memakai jasa service AC pada orang biasa yang bisa membetulkannya, namun akan lebih baik lagi jika orang resmi dari AC Samsung langsung yang membetulkannya.
  • Fitur tidak sebanyak AC LG
    Fitur yang dimiliki oleh AC Samsung tidak sebanyak yang dimiliki oleh AC LG. Seperti Jet Cool atau Fast Cool yang hanya sebagian AC Samsung yang memiliki, namun AC LG saat ini sebagian besar sudah menyematkan fitur tersebut.

Rekomendasi AC Samsung

Samsung AR05JRFLAWKNSE
Samsung AR05JRFLAWKNSE hadir untuk memenuhi impian kamu yang mau menikmati dinginnya AC namun mempunyai anggaran terbatas. Dengan kapasitas pendingin udara 5000 BTU per jam, pendingin ruangan ini sanggup mendinginkan ruangan berukuran medium dengan cepat.

Samsung AR05HCFLAW
Pendingin ruangan ini telah dilengkapi dengan sebagian fitur mumpuni seperti filter debu dan anti bakteri yang mencegah kuman berkembang dalam udara dingin yang dikeluarkan AC. Samsung AR05HCFLAW mempunyai dimensi 718 x 240 x 180 mm, bukan begitu besar dan cukup untuk ruangan dengan ukuran medium.

Samsung AR09HCSDTWKN
AC ini mempunyai spesifikasi 8.900 BTU per jam dan mesinnya mempunyai detail konsumsi sumber daya sebesar 650 watt. Dengan dimensi 820 x 260 x 275 mm dan berat 10,2 kg, AC ini tidak begitu banyak memakan tempat untuk kamu yang masih tinggal di ruangan dengan ukuran terbatas seperti apartemen maupun kos.

Tips agar AC tetap dingin dan awet tahan lama

Semua orang yang memiliki AC tentu menginginkan AC-nya tetap dingin dan awet tahan lama agar senantiasa nyaman berada dirumah. Berikut ini beberapa tips agar AC kamu tetap dingin dan awet tahan lama.

  1. Bersihkan filter AC
    Untuk membersihkan filter AC, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa memanggil jasa pembersih AC. Filter yang amat kotor akan menghalangi aliran udara yang keluar dari AC. Bila dibiarkan terus menerus, maka AC akan menjadi rusak.
  2. Lakukan pemeliharaan secara rutin
    Cara merawat AC bisa dimulai dari melakukan pemeliharaan secara rutin. Untuk melakukan pemeliharaan ini amat dianjurkan untuk memakai jasa service perawatan AC yang sudah ahli. Perawatan ini tidak cuma meliputi pembersihan filter, tetapi juga pembersihan AC secara keseluruhan. Bila Kamu memakai AC split, maka mesin indoor dan outdoor-nya akan dibersihkan.
  3. Menutup pintu, jendela, dan ventilasi saat menghidupkan AC
    Upayakan untuk senantiasa menutup rapat segala celah yang ada di ruangan ber-AC. Tujuannya supaya AC terfokus untuk mendinginkan ruangan tersebut dan waktu yang diperlukan mesin kompresor untuk mengkondisikan ruangan tidak begitu lama.
  4. Cek tekanan freon
    Freon merupakan salah satu bahan pendukung untuk menentukan dingin atau tidaknya sebuah pendingin ruangan. Bila terjadi kebocoran, maka tekanan freon bisa menurun dan hal itu berimbas pada AC yang tidak dingin atau justru menyebabkan AC mati-nyala dengan sendirinya. Oleh sebab itu, cara merawat AC supaya awet dan senantiasa dingin merupakan dengan melakukan pengecekan tekanan freon setiap 6 bulan sekali.
  5. Memakai fitur timer
    AC pasti dilengkapi dengan fitur timer. Buat merawat AC supaya lebih tahan lama, sebaiknya memakai fitur timer yang tersedia ini. Timer berfungsi untuk mengatur waktu operasional AC selama beberapa waktu ke depan.
  6. Hindari merokok di ruangan ber-AC
    Asap rokok bisa membuat bagian dalam AC lebih cepat kotor dan membuat body AC indoor terlihat lebih dekil. Parahnya lagi, kandungan nikotin di dalam rokok bisa mengendap di evaporator sehingga udara yang dikeluarkan dari AC menjadi pengap dan kurang dingin.
  7. Gunakan AC sesuai kebutuhan
    Waktu ideal pemakaian AC yakni 5 jam. Setelah 5 jam beroperasi, sebaiknya AC wajib dimatikan supaya bisa beristirahat. Akan tetapi, ada sebagian orang yang wajib memakai AC lebih dari 5 jam. Cara merawat AC yang digunakan lebih dari 5 jam sehari merupakan pasang fitur otomatis, fitur yang memungkinkan AC untuk berhenti sejenak dan menyala kembali secara otomatis.
AC LGAC Samsung
AsalKorea SelatanKorea Selatan
Tahun berdiri Tahun 1958 Tahun 1938
Hal yang ditonjolkanHemat listrik dan awet tahan lamaPendingin yang bisa disesuaikan dan awet tahan lama

Pilih Mana: AC LG atau AC Samsung?

AC LGAC Samsung
Kelebihan - Adanya fitur Ionizer Sterilization - Adanya fitur Jet Cool - Konsumsi listrik lebih hemat - Terdapatnya fitur canggih - Hemat energi - Awet tahan lama
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Kipas cukup berisik - Fitur hemat listrik terbatas - Harga cukup tinggi - Layanan service AC masih sedikit - Fitur tidak sebanyak AC LG

Kesimpulan

AC LG dan AC Samsung memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Untuk itu pilihlah AC sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu ya guys. Namun saya lebih merekomendasikan AC LG sebagai AC andalan kamu karena memiliki daya tahan yang tinggi sehingga bisa awet tahan lama. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC LG vs AC Samsung

VS

Leave a Reply