Elektronik

Pilih Mana: AC LG atau Panasonic?

Penggunaan AC di ruangan merupakan sebuah hal yang wajar. Sebagai masyarakat yang berada pada negara beriklim tropis, musim kemarau di Indonesia memang mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Kebanyakan masyarakat memasang AC agar dapat beraktivitas lebih nyaman tanpa merasa kegerahan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut di pasaran banyak produsen AC yang menghadirkan AC dengan kualitas yang cukup jempolan contohnya AC LG dan Panasonic.

AC LG dan Panasonic mampu melengkapi kebutuhan masyarakat dengan menghadorkan berbagai produk AC dengan banyak fitur terbaru dan canggih. Namun, dalam artikel kali ini kami ingin membandingkan keduanya untuk melihat performa mana yang lebih unggul? Tidak hanya itu, pada artikel kali ini kami juga membahas tips menghemat listrik AC rumah lho! Sayang banget jika di lewatkan, Yuk langsung saja disimak!

AC LG

Inovasi teknologi air conditioner LG memberikan solusi sempurna untuk kenyamanan para kalian para pengguna untuk menikmati segala aktivitas di siang dan malam hari. Baca juga Pilih Mana: AC LG atau Sharp?

Berbagai produk AC LG sangat sesuai dengan segala situasi, ukuran dan konfigurasi ruang. Hadirnya produk AC LG makin memudahkan kalian untuk mendapatkan kesejukan merata dari segala sudut ruangfan. Kalian juga dapat memilih window air conditioning LG dengan ukuran sesuai kebutuhan ruang.

Berbagai macam pilihan AC dari LG sangat sesuai untuk menjaga kesejukan di rumah maupun di kantor dengan pemakaian energi yang lebih efisien.
Nama Produk Keterangan Harga
AC LG DUAL COOL DELUXE Merupakan AC yang memiliki fitur Ionizer yang mampu mencegah kulit menjadi kering meskipun anda berlama-lama di dalam ruangan.Rp. 7.000.000
AC LG DUAL COOL EcoMerupakan AC yang paling aman untuk bayi karena tidak bising, memiliki teknologi microdust yang membuat anti debu dan juga inovasi terbaru yang membuat AC LG DUAL COOL Eco ini anti bakteri.Rp. 3.800.000
AC LG Dual Cool SmartAC yang membuat suhu ruang cepat dingin. Teknologi AC canggih dari LG ini mampu mempercepat penyebaran udara sejuk dari pendingin ruangan sejak awal dinyalakan.Rp. 8.600.000

Kelebihan AC LG

  • Lebih cepat dingin
    Keunggulan yang pertama pada AC LG ini yaitu kemampuannya menjangkau hingga 120 Hz, yang membuat AC LG ini memberikan kecepatan pendinginan hingga 40 persen.
  • Memiliki fitur Smart ThinQ-nya
    Smart ThinQ ini terkoneksi dengan wifi yang memungkinkan pengguna bisa mengakses AC dari jarak jauh melalui ponselnya masing-masing yang berbasis Android dan iOS. Jadi, kalian jika sedang berada di luar rumah dan ketika masuk rumah ingin cepat-cepat menyalakan AC bisa melalui ponsel melalui fitur Smart ThinQ. Fitur ini dapat memberikan pilihan untuk mengaktifkan maupun mematikan AC, kecepatan putar kipas, dan memastikan suhu tiap ruangan sesuai kebutuhannya.
  • Hemat listrik
    Fitur Dual Core pada produk AC LG ini menerapkan jangkauan frekuensi lebih luas dan panjang. Bila frekuensi AC konvensional terbentang dari 20 Hz – 100 Hz, Dual Cool series memiliki jangkauan 10 Hz – 120 Hz. Nilai bawah lebih rendah pada jangkauan frekuensi inilah yang membuatnya mampu beroperasi lebih hemat listrik sebesar 70 persen.

Kekurangan AC LG

  • Sulit dalam perawatan
    Jika kalian ingin AC dapat bertahan lebih lama kalian harus merawat AC dengan teratur yang bertujuan agar tidak ada kotoran yang menumpuk di dalam AC tersebut. Oleh sebab itu perawatan sangat penting dilakukan. Untuk AC LG ini perawatan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena kalian harus membersihkan secara detail agar AC dapat bersih secara maksimal. Karenanya, butuh tenaga profesional untuk membersihkannya agar bersih secara optimal.
  • Harga yang ditawarkan cukup tinggi
    Untuk AC LG yang menawarkan fitur hemat daya listrik atau disebut inverter, Harga yang dibandrol untuk AC tersebut terbilang lebih mahal, Tentunya harga yang ditawarkan sebandingkan berbagai fitur canggih yang ada pada produk AC LG ini.
  • Kipas yang sedikit berisik
    Untuk kekurangan yang terakhir yaitu Kipas AC LG cukup sedikit berisik, kekurangan ini pada setiap orang berbeda-beda, Ada beberapa orang yang merasa tidak keberatan dengan suara kipas AC yang sedikit berisik namun ada sebagian orang yang mencari AC yang kipasnya yang tidak berisik untuk penempatan di ruang tertentu seperti di kamar tidur.

Panasonic

Panasonic merupakan salah satu produsen Air Conditioner (AC) yang sudah cukup terkenal kualitasnya. Bisa dibilang bahwa merk dari Jepang tersebut merupakan pemain lama dan termasuk 5 besar produsen AC yang ada di pasaran.

Saat ini merk AC Panasonic semakin digemari oleh masyarakat karena mengusung sebuah teknologi baru yang disebut dengan inverter.
Nama Produk Keterangan Harga
Panasonic CS-XN5TKJAC Panasonic CS-XN5TKJ merupakan AC hemat listrik tanpa mengurangi penggunaan elektronik lainnya dengan fitur aLowa+ serta didukung teknologi pemurnian udara Nanoe.Rp. 3.800.000
Panasonic CS-XN7TKJCS-XN7TKJ berkapasitas 3/4 PK dan juga dengan keunggulan hemat listrik.Rp. 4.000.000
Panasonic CS-XN9TKJMode iAuto yang mampu membuat pendinginan super cepat hingga 15 persen dari model pendinginan yang normal dan menghasilkan udara dingin serta nyaman lebih cepat.Rp. 4.000.000

Kelebihan Panasonic

  • Teknologi Nanoe-G
    AC Panasonic sudah dilengkapi teknologi Nanoe. Kalian tidak perlu lagi membeli air purifier karena Panasonic sudah menyediakan teknologi nanoe-G yang dapat memurnikan udara dan membuat ruangan lebih cepat dingin di dalam ruangan.
  • Dilengkapi teknologi plasma
    Kelebihan dari AC Panasonic yang kedua ialah dilengkapi teknologi plasma. Dalam hal ini teknologi plasma dipercaya dapat membunuh bakteri yang ada di dalam ruangan. Sehingga AC Panasonic ini sangat cocok untuk ditempatkan di dalam rumah kalian terutama ruang bayi atau ruang anak.
  • Ruangan lebih cepat terasa dingin
    AC Panasonic jenis  inverter ½ PK ataupun 2 PK semuanya akan membuat udara di dalam ruangan lebih cepat dingin. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis AC Low Watt apalagi AC Standart maka AC inverter bisa menjadi pemenangnya dalam hal kemampuan mendinginkan ruangan.

Kekurangan Panasonic

  • Service center yang belum banyak tersedia
    Service center Panasonic ini belum tersedia di beberapa kota kecil sehingga banyak teknisi yang berada tidak di bawah naungan Panasonic yang masih amatir dalam memperbaiki AC Panasonic ini.
  • Freon AC Panasonic jenis lama dapat merusak ozone
    Freon yang dulu dipakai oleh AC Panasonic adalah jenis Freon R22. Freon jenis ini masih dapat merusak ozone, hal demikian dapat diihat dari angka ODP yang masih ada. Namun untuk keluaran terbaru AC Panasonic sudah menggunakan Freon R32 yang ODP-nya sudah nol sehingga aman dibandingkan Freon yang lama.
  • Performa menurun
    Sedangkan yang menjadi kekurangan terakhir yaitu dari segi  performanya dari AC Panasonic ini akan lebih cepat menurunkan sties dibandingkan AC konvensional dengan R22 untuk suhu udara di luar 45 derajat Celcius.

Tips Menghemat Listrik AC Rumah

1. Memilih AC dengan PK Terendah
Semakin kecil ukuran PK AC yang kalian pilih, maka semakin kecil pula pemakaian listriknya. Salah satu cara menghemat listrik AC rumah adalah dengan membeli AC yang PK-nya paling rendah, yaitu ½ PK. Ini dapat menjadi solusi untuk kalian yang punyau luas ruangan di bawah 10 m.

Meskipun AC dengan PK terendah memang hemat energi dibanding AC dengan ukuran PK yang lebih besar, Namun, kalian tetap harus menyesuaikan ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan. AC ½ PK tidak akan berguna jika dipakai mendinginkan ruangan seluas 24 m karena tidak akan terasa dinginnya.

Jika kalian mengalami kesulitan untuk menentukan ukuran PK saat hendak membeli AC, ukur terlebih dulu luas ruangan yang akan dipasangi AC.

2. Pilih AC dengan Fitur Hemat Energi
Saat kalian ingin membeli AC, mintalah bantuan staf toko untuk menjelaskan setiap fitur pada AC-AC yang menjadi pilihan kalian. Berbeda merk dan tipe, beda pula fitur yang tersedia. Salah satu fitur yang wajib ada dalam sebuah AC adalah fitur hemat energi atau biasa disebut juga low watt.

AC low watt dibekali dengan kompresor yang menggunakan daya listrik lebih kecil dibanding AC standar. Bahkan, AC hemat energi mampu menghemat konsumsi daya listrik 20-30% setiap bulannya.

Namun, perlu kalian ingat bahwa AC low watt biasanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi. Selain itu, proses pendinginan ruangan jadi lebih lama karena AC tersebut hanya menggunakan daya listrik yang sangat kecil.

Namun, jika kalian ingin benar-benar menghemat listrik di rumah, maka AC tipe low watt merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalian.

3. Tutup Semua Celah Udara di Ruangan
Performa pendinginan AC lebih efektif bekerja di ruangan yang tertutup. Jika pintu atau jendela masih terbuka sedikit, maka kompresor AC kesulitan untuk mencapai suhu yang sesuai dengan pengaturan di remote AC. Idealnya, Kalian memang harus menutup semua celah di dalam ruangan ber-AC. Tujuannya agar udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC tidak keluar dari ruangan tersebut.

Pilih Mana: AC LG atau Panasonic?

AC LG AC Panasonic
Kelebihan- Lebih cepat dingin - Memiliki fitur Smart ThinQ-nya - Hemat listrik - Teknologi Nanoe-G - Dilengkapi teknologi plasma - Ruangan lebih cepat terasa dingin
Kekurangan- Sulit dalam perawatan - Harga yang ditawarkan cukup tinggi - Kipas yang sedikit berisik - Service center yang belum banyak tersedia - Freon AC Panasonic jenis lama dapat merusak ozone - Performa menurun

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan dari artikel di atas yang telah membahas AC LG maupun Panasonic bahwa kedua memiliki fitur unggulannya masing-masing seperti pada AC LG yang memiliki Smart ThinQ ini terkoneksi dengan wifi yang membuat pengguna dapat mengakses AC dari jarak jauh melalui ponselnya masing-masing yang sudah berbasis Android dan iOS dan juga keunggulan pada AC Panasonic yaitu dilengkapi teknologi Nanoe. Teknologi nanoe-G yang dapat memurnikan udara dan membuat ruangan lebih cepat dingin di dalam ruangan. Oleh karenanya, diantara kedua AC LG maupun Panasonic dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC LG vs AC Panasonic

VS

Leave a Reply