Elektronik

Pilih Mana: AC LG atau Sharp?

Kebutuhan AC dalam kebutuhan rumah tangga semakin meningkat apalagi dengan kondisi di negara yang mempunyai iklim yang cukup panas, dan meningkatkan suhu lingkungan yang semakin panas akibat global warming. Sejumlah produsen elektronik khususnya AC mulai berlomba untuk mengambil peluang ini dengan sebaik-baiknya. Salah satu produsen AC yang cukup terkenal di Indonesia yaitu LG dan Sharp.

Dalam artikel kali ini kami akan membandingkan kedua AC LG dan Sharp yang namanya sudah sangat populer dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena sudah dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. dan kami akan memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum kalian ingin membeli AC. Jangan sampai ketinggalan ya! Yuk langsung saja disimak artikel dibawah ini.

AC LG

LG adalah salah satu brand AC yang namanya sangat populer di Indonesia, Brand asal Negara Korea ini cukup dikenal dan menjadi brand AC yang paling dicari karena memiliki kualitas dan keunggulan yang baik, mulai dari mesinnya yang tahan lama, harga terjangkau serta adanya teknologi baru yakni low watt atau hemat penggunaan daya. LG menghadirkan AC dengan berbagai jenis versi serta harga yang beragam. Baca juga Pilih Mana: AC Daikin atau Panasonic?

LG Electronics merupakan perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa.
Nama Produk Harga Per September 2019
LG T05NLARp 2.400.000
LG T06EMVRp 2.600.000
LG T10EMVRp 3.500.000
LG D10SMVRp 4.400.000

Kelebihan AC LG

  • Dilengkapi gold fin
    Salah satu produk AC LG Dual Cool series versi terbaru ini menerapkan lapisan emas yang disebut Gold Fin. Lapisan ini bertujuan untuk menjaga bagian kondensor AC. Supaya tidak mudah berkarat dan berubah warna akibat perubahan cuaca atau paparan material lainnya.
  • Memiliki fitur Smart ThinQ-nya
    Smart ThinQ ini terkoneksi dengan wifi yang memungkinkan pengguna bisa mengakses AC dari jarak jauh melalui ponselnya masing-masing yang berbasis Android dan iOS. Jadi, kalian jika sedang berada di luar rumah dan ketika masuk rumah ingin cepat-cepat menyalakan AC bisa melalui ponsel melalui fitur Smart ThinQ. Fitur ini dapat memberikan pilihan untuk mengaktifkan maupun mematikan AC, kecepatan putar kipas, dan memastikan suhu tiap ruangan sesuai kebutuhannya.
  • Hemat listrik
    Fitur Dual Core pada produk AC LG ini menerapkan jangkauan frekuensi lebih luas dan panjang. Bila frekuensi AC konvensional terbentang dari 20 Hz – 100 Hz, Dual Cool series memiliki jangkauan 10 Hz – 120 Hz. Nilai bawah lebih rendah pada jangkauan frekuensi inilah yang membuatnya mampu beroperasi lebih hemat listrik sebesar 70 persen.

Kekurangan AC LG

  • Harga yang relatif mahal
    Untuk AC LG yang menawarkan fitur hemat daya listrik atau disebut inverter, Harga yang dibandrol untuk AC tersebut terbilang lebih mahal, Tentunya harga yang ditawarkan sebandingkan berbagai fitur canggih yang ada pada produk AC LG ini.
  • Hanya terbatas di kekuatan pendingin
    AC LG dengan fitur hemat listrik biasanya hanya terbatas di kekuatan pendingin antara ½ PK sampai 1 PK saja. Tentu, ukuran tersebut akan menjadi masalah yang cukup besar ketika ruangan yang menjadi tempat AC bekerja berukuran cukup luas. Jika pada AC konvensional penurunan suhu dapat terjadi dalam waktu 10-15 menit hingga turun ke suhu yang diinginkan, maka pada AC dengan fitur hemat listrik waktunya akan lebih lama.
  • Kipas yang sedikit berisik
    Untuk kekurangan yang terakhir yaitu Kipas AC LG cukup sedikit berisik, kekurangan ini pada setiap orang berbeda-beda, Ada beberapa orang yang merasa tidak keberatan dengan suara kipas AC yang sedikit berisik namun ada sebagian orang yang mencari AC yang kipasnya yang tidak berisik untuk penempatan di ruang tertentu seperti di kamar tidur.

Sharp

AC  Sharp ialah salah satu alat pendingin ruang terfavorit yang  bekerja untuk membuat suhu di dalam ruangan dingin dengan suhu tertentu. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari AC Sharp, dan tentunya kelebihan-kelebihan berikut tidak akan Anda temui di AC merk lain. Selain harga AC Sharp yang cenderung terjangkau,

PT Sharp Indonesia dapat terbilang menjadi produsen yang paling unggul pada global elektronik tanah air. Saking terkenalnya PT Sharp Indonesia, sebagian masyarakat Indonesia banyak memiliki produk elektronik dikeluarkan oleh PT Sharp Indonesia.
Nama Produk Harga Per September 2019
Sharp AH-A5SEYRp 2.000.000
Sharp AH-A5MEYRp 2.800.000
Sharp AH-AP5UHLRp 3.100.000
Sharp AH-A5TEYRp 2.500.000

Kelebihan Sharp

  • Harga murah
    Harga AC Sharp ini dihargai dengan cukup murah. Karena AC ini belum memiliki teknologi terbaru seperti low watt atau inverter. Untuk mendapatkan harga AC Sharp yang murah tentu saja kalian harus mencari dan membelinya di distributor resmi AC Sharp terdekat. Karena jika kalian membeli di distributor utama AC Sharp,kalian akan mendapatkan banyak kelebihan. Seperti halnya, kalian akan mendapatkan service care yang ramah, kalian juga akan mendapatkan garansi resmi AC Sharp.
  • Daya listrik kecil
    AC Sharp ini memiliki daya listrik yang rendah. Untuk kapasitas 1/2 pk saja hanya mengonsumsi daya listrik sekitar 350 watt. Perlu kalian ketahui, meskipun daya listrik rendah kalian juga harus bisa mengontrol penggunaan AC Sharp split standar ini. Supaya kalian dapat menekan konsumsi daya listrik bulanan sehingga AC kalian lebih hemat listrik.
  • Fitur cooling
    AC Sharp ini memiliki material terpilih. Turbo cooling merupakan komponen pendingin yang bekerja dengan kekuatan ekstra, jadi suasana sejuk dingin yang menyegarkan di dalam ruang tidak terasa setengah-setengah. Performa dingin demikian dijangkau dalam kinerja yang cukup cepat tanpa harus menunggu terlalu lama. Di tambah dengan adanya aliran fluda yang mendukung produksi kesejukan pada AC untuk tetap terjangkau dalam area yang cukup luas.

Kekurangan Sharp

  • Tidak dilengkapi fitur pembersihan otomatis
    Kekurangan AC Sharp ini yaitu tidak dilengkapi fitur pembersihan otomatis. Fitur pembersihan otomatis pada memungkinkan AC dapat menyikat dan mengumpulkan debu ke dalam kotak debu yang akan bekerja setelah 18 jam operasi kumulatif
  • Masih memiliki fitur yang standar
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, AC Sharp ini belum memiliki teknologi low watt ataupun inverter. Jadi kalian harus pintar-pintar menggunakan AC ini supaya tetap hemat listrik. Kalian dapat menyalakan AC Sharp split standar ini dengan mengaktifkan mode auto. Fungsinya supaya AC tidak mengonsumsi listrik terlalu banyak saat kalian menyalakannya dalam jangka waktu lama.
  • Harus selektif memilih AC Sharp
    Maksudnya adalah kalian harus dapat selektif memilih AC Sharp ini  Karena banyak diluar sana yang menjual AC Sharp ini dengan keadaan bekas atau rekondisi. Oleh sebab itu, disarankan untuk beli AC Sharp hanya di tempat yang terpercaya.

Tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli AC

1. Efisiensi energi
Tarif listrik akan terus meningkat, jadi sangat penting untuk kalian membeli AC yang dapat menghemat listrik, yang dapat menyejukkan ruangan tapi memakan listrik lebih sedikit.

2. Kualitas udara
AC kalian harus dilengkapi unit dehumidification yang bagus  yang dapat berfungsi menurunkan kelembaban ruangan, membuat lebih sejuk, dan lebih nyaman. AC dengan dehumidifier yang baik bisa menyejukkan ruangan dengan lebih baik selama cuaca panas.

Yang juga perlu kalian perhatikan adalah filter-nya. Filter yang bagus dapat membuat lebih sejuk dan meningkatkan efisiensi AC itu tersendiri.

3. Instalasi, maintenance, dan pembersihan
Performa AC bergantung pada instalasinya, jadi sangat penting untuk kalian memastikan AC dipasang oleh orang yang profesional. Khususnya AC split memiliki unit kompresor di luar. AC tertentu membutuhkan maintenance sangat sedikit. Kalian perlu tanyakan seberapa sering AC harus dibersihkan agar performanya tetap optimal.

4. Kecepatan mendinginkan ruang
AC dengan suhu yang bisa disesuaikan, dua kipas, dan variasi kecepatan akan membantu kalian melakukan pengaturan berbeda di waktu berbeda. Ini berarti kalian dapat gunakan listrik lebih sedikit.

Juga penting untuk membeli AC yang cara kerjanya tidak berisik. Biasanya suara AC ketika menyala tidak lebih dari 60 decibels.

Fungsi auto restart juga perlu diperhatikan. Ini artinya AC kembali menyala di pengaturan semula ketika listrik menyala setelah sebelumnya padam.

Demi kenyamanan saat tidur di malam hari, fungsi sleep mode sangat bermanfaat karena bisa menyesuaikan suhu secara otomatis. Ini tidak hanya menghemat energi tapi juga memastikan suhu di ruangan tidak terlalu rendah yang akan membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Pilih Mana: AC LG atau Sharp?

AC LGAC Sharp
Kelebihan- Dilengkapi gold fin - Memiliki fitur Smart ThinQ-nya - Hemat listrik  - Harga murah - Daya listrik kecil - Fitur cooling
Kekurangan- Harga yang relatif mahal - Hanya terbatas di kekuatan pendingin - Kipas yang sedikit berisik- Tidak dilengkapi fitur pembersihan otomatis - Masih memiliki fitur yang standar - Harus selektif memilih AC Sharp

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas yang telah kita bahas mengenai AC LG dan Sharp, dapat kita simpulkan bahwa kedua AC tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing. Seperti, AC Sharp yang menawarkan harga yang relatif murah dibandingkan dengan AC LG,  Namun, harga AC LG yang dibandrol dengan harga yang cukup mahal memilki banyak keunggulan fitur salah satunya yaitu fitur yang dapat menghemat penggunaan listrik. Oleh sebab itu, diantara keduanya dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AC LG vs AC Sharp

VS

Leave a Reply