AplikasiPhotography

Pilih mana: Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator?

Bagi Anda yang sangat menyukai mendesain dengan menggunakan software atau perangkat lunak tentu Anda akan sangat mengenal kedua software kali ini. Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Kedua software ini masih sangat populer. Selain sangat membantu dalam pengerjaan desain. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedit foto yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ada banyak fitur dan tool yang bisa Anda gunakan sebagai penunjangnya. Hal inilah yang membuat keduanya masih bertahan dan kerap kali menjadi salah satu perangkat terbaik. Namun, Anda juga perlu tahu dibalik kepopuleran dan kualitasnya. Software ini juga memiliki kelemahannya sendiri.

Penasaran? Tenang, kami telah merangkumnya untuk Anda. Langsung cek penjelasannya berikut ini!

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Photoshop juga memiliki fitur yang sangat mudah untuk Anda pahami. Beberapa fitur unggulan yang dimilikinya dapat bekerja secara maksimal, dan juga bisa mensupport beberapa file, sehingga bagi seorang desain grafis perihal ini merupakan salah satu syarat yang harus ada untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok untuk seorang desain grafis.

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Photoshop atau CorelDraw?

Kelebihan Adobe Photoshop

Berikut ini Kelebihan Adobe Photoshop:

  • Menghadirkan varian tool desain yang beragam
    Sebagai pemula tentu saja pemilihan software yang baik sangatlah penting. Seperti halnya software ini Anda tidak perlu khawatir, karena kelebihan Photoshop ini mudah dipelajari, terlihat dari tampilan awalnya yang simpel. Dan dilengkapi berbagai varian tools desain yang disediakan, Anda bisa mengedit foto maupun gambar sekreatif dan semenarik mungkin. Anda juga mampu dengan mudah memilih berbagai varian tools yang ada.
  • Mampu memberikan hasil gambar yang baik
    Kelebihan berikutnya ada pada hasil gambarnya. Kualitas gambar yang diberikan pada photoshop tidak main-main. Jernih dan seperti gambar asli. Bagi Anda yang ingin memiliki hasil kualitas terbaik maka software ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.
  • Sangat mudah digunakan
    Untuk Anda yang baru saja memulai belajar desain maka dengan menggunakan photoshop adalah pilihan yang bagus. Karena selain fitur-fiturnya lengkap dan terdiri berbagai varian tools yang beraneka macam. Anda juga dapat dengan mudah menggunakannya dan Anda bisa dengan cepat mahir dalam membuat desain yang Anda sukai.

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Kekurangan Adobe Photoshop

Berikut ini Kekurangan Adobe Photoshop:

  • Harganya cenderung¬† mahal
    Sesungguhnya ini termasuk sesuatu yang logis untuk terjadi. Dengan berbagai fitur yang dipunyai oleh Photoshop dan kualitas yang dihasilkannya juga baik tentu harganya akan cenderung mahal. Namun untuk sebagian orang, harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga bisa menjadi kekurangan tersendiri. Apalagi bagi Anda memiliki budget yang sedikit dan sedang berhemat. Tentu akan menjadi masalah, bukan?
  • Ukuran yang dibutuhkan terlalu besar
    Dalam penyimpanan hasil photoshop ini membutuhkan ukuran yang besar jika banyak layer yang digunakan. Karena semakin banyak layer yang terpasang maka semakin berat pula. Hal ini sangat disayangkan bagi pengguna.
  • Hanya mampu menciptakan gambar statis
    Kekurangan lainnya adalah Adobe Photoshop hanya dapat digunakan untuk menciptakan gambar yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Adobe Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus memiliki spesifikasi komputer yang sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi.

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator atau bisa disebut AI, merupakan software desain grafis yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Adobe, yang menyasar segmen menengah-ke atas. Kira-kira kemampuannya boleh disejajarkan dengan Coreldraw dari sisi fitur meskipun platform penggunaan dari keduanya berbeda, AI lebih diperuntukkan untuk desain grafis yang bersifat abstrak, photo-retouching, dan professional editing on-fly.

Adobe Illustrator termasuk satu dari macam-macam software gratis yang ada di pasar industri software multimedia global saat ini. Banyak kelebihan adobe illustrator, baik dari sisi fitur, performa aplikasi, graphic caching, buffering, dan masih banyak lagi. Tentu tak luput juga dari kelemahan. Nah, kali ini kami akan mengulasnya lebih detail mengenai software satu ini. Berikut penjelasannya!

Lihat juga:  Pilih Mana: Camcorder atau DSLR?

Baca juga: Pilih Mana: Snapseed atau VSCO?

Kelebihan Adobe Illustrator

Berikut ini Kelebihan Adobe Illustrator:

  • Mampu menampilkan grafis print out dengan baik
    Adobe Illustrator lebih cenderung optimal dalam hal grafis, dimana output yang berupa print out dj AI sendiri bisa dibilang memiliki kualitas yang baik hampir mendekati tampilan di layar monitor atau LCD saat di edit. Hal ini sama seperti true type font dalam tipografi Windows yang mana tampilan saat di print out sama dengan tampilan di layar saat diketik.
  • Memiliki kualitas gambar yang tajam
    Salah satu kelebihan lainnya dari yaitu memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan adobe photoshop, meski demikian, software vektor umumnya membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan software piksel sejenis adobe photoshop mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan dengan adobe illustrator lain.
  • Mampu menangani jenis file yang besar
    Kelebihan berikutnya yang ditawarkan dari aplikasi design grafis ini adalah mampu menangani file RAW berukuran besar, selain aplikasi tetap berjalan dengan stabil. Selain itu juga aplikasi tetap mampu menangani dengan baik proses rendering yang ada. Selain itu juga tidak mempengaruhi kualitas RAW yang di render. Adobe Illustrator memang dioptimalkan untuk penggunaan high-end dimana kebutuhan akan processing dan rendering huge file berkualitas tinggi sangat dibutuhkan.

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

Kekurangan Adobe Illustrator

Berikut ini Kekurangan Adobe Illustrator:

  • Kurang adanya support
    Kekurangan pertama dari software ini yaitu di Indonesia sendiri masih banyak tempat produksi atau percetakan yang terkadang belum support dengan software ini.
  • Fitur power clip-nya tidak user friendly
    Ada salah satu fitur yang ditawarkan software ini tidak nyaman digunakan. Seperti Fitur power clip-nya yang tidak user friendly. Hal ini tentu mengurangi kualitas yang ada di AI.
  • Cukup susah untuk membuat Layout
    Kekurangan lainnya yang ditunjukkan pada AI adalah saat pengerjaan Layoutnya. Anda harus mengeluarkan kemampuan ekstra. Karena pengerjaanya yang sedikit lebih ribet dan memakan waktu. Walaupun fitur yang dihadirkan lengkap namun masih ada saja kekurangan yang ditemukan ketika menggunakannya.
Keterangan Adobe PhotoshopAdobe Illustrator
Tahun rilisTahun 1990Tahun 1988
Fungsi UtamaMampu memanipulasi foto digital dan fotorealistik gaya ilustrasi komputer.Memberikan hasil dalam typesetting dan logo daerah grafik desain.

Pilih mana: Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator?

Keterangan Adobe PhotoshopAdobe Illustrator
Kelebihan-Menghadirkan varian tool desain yang beragam -Mampu memberikan hasil gambar yang baik -Sangat mudah digunakan-Mampu menampilkan grafis print out dengan baik -Memiliki kualitas gambar yang tajam -Mampu menangani jenis file yang besar
Kekurangan-Harganya cenderung  mahal -Ukuran yang dibutuhkan terlalu besar -Hanya mampu menciptakan gambar statis-Kurang adanya support -Fitur power clip-nya tidak user friendly -Cukup susah untuk membuat Layout

Kesimpulan

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator menjadi software pengedit foto dan desain yang populer. Namun kami merekomendasikan sebaiknya bagi Anda yang pemula, lebih memilih Adobe Photoshop selain memiliki fitur yang lebih banyak. Software ini juga sangat mudah digunakan. Namun bagi Anda yang sedang berhemat dan tidak ingin mengeluarkan kocek yang besar maka Adobe Illustrator bisa menjadi pilihan yang tepat.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator

VS

Leave a Reply