Kendaraan

Pilih Mana: Aerox atau NMax?

Yamaha motor memang terkenal dengan produk motor yang menjanjikan. Diantaranya adalah Aerox dan NMax yang mengusung kapasitas mesin sama yakni 155cc. Kedua motor ini dirancang khusus sebagai motor matic dengan bobot besar dan bongsor untuk membuat pengendara motornya nyaman saat melaju di jalan. Jika dibandingkan, bagus mana Aerox atau NMax? Berikut kelebihan dan kelemahannya.

Aerox

Aerox dirancang sebagai motor matic sporty. Bagian buritan dan lekukan ekstrem berlaku di semua sudut Aerox yang membuat motor semakin terlihat sport. Aerox 155 VVA menyajikan posisi mengemudi yang sporty, meskipun dalam format skutik. Posisi bodi tinggi dipadu tangan cukup rendah untuk menahan stang. Apalagi posisi penumpang yang lebih tinggi, membuatnya merasa menaiki motor sport. Baca juga Pilih Mana: Vespa S 125 atau Vespa Sprint?

Kelebihan Aerox

1. Fitur yang Lengkap dan Canggih
Di sisi ini, jika Anda seorang pemburu fitur-fitur canggih di motor, maka Aerox dapat memberikan banyak keuntungan. Contoh konkret dari varian tertinggi, S-Version. Dilengkapi pula dengan Speedometer digital super lebar berukuran 5,8 inci dan juga memiliki Remote Smart Key seperti kunci mobil yang memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan kendaraan. Fitur ini dan soket listrik 12V di laci depan menjadi perangkat yang tidak dimiliki oleh NMax paling mahal sekalipun.

2. Akselerasi yang Mumpuni
Motor ini sangat mumpuni jika diajak untuk berakselerasi di jalanan.

Kekurangan Aerox

1. Performa Standar Dikelasnya
Yamaha Aerox hanya memiliki power puncak mencapai 11,0 kW dan torsi sebesar 13,8 Nm, angka ini membuat NMax jauh lebih unggul.

2. Memiliki Ruang Penyimpan Terbatas
Lain halnya dengan NMax yang mampu menyimpan helm full face di bagasinya. Aerox hanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas dan juga posisi duduk penumpang yang kurang nyaman.

NMax

Dilansir dari Kompas.com, kehadiran Aerox menjadi penghalang jalan mulus NMax untuk melaju lebih cepat. Namun, meskipun begitu NMax masih tetap unggul di hati pencinta motor matic bongsor.

NMax dirancang sebagai motor matic besar dengan tampilan yang elegan. Tidak ada satupun stiker di bodi motor dan hanya ada emblem 3D yang bertuliskan NMax di samping. Demikian pula, dengan lekuk agresif, sengaja diterapkan untuk mengesankan karakter motor mewah. Sesuai desainnya, NMax disajikan dengan posisi mengemudi yang nyaman. Punggung si pengendara dapat berdiri tegak dengan tangan yang rileks di atas stang. Bahkan dengan posisi kaki yang nyaman saat berkendara.

Kelebihan NMax

1. Bagasi yang Luas
Bagasi NMax mampu menyimpan hingga satu helm full face lengkap dengan peralatan lain seperti jas hujan.

2. Performa Lebih Tinggi
Memiliki power puncak mencapai 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm membuat performa motor NMax lebih baik dibanding Aerox.

Kekurangan NMax

1. Berbahaya Jika Digunakan Saat Berkendara Jauh
Tetapi hati-hati, saat berkendara jarak jauh posisi santai seperti ini tidak baik untuk melakukan manuver dengan sigap. Karena itu, Yamaha tetap menyediakan lapak untuk footstep di dek bawah.

2. Lebih Mahal
Memang NMax menghabiskan dana lebih mahal untuk desain bodi yang elegan. Fitur yang paling canggih, hanya rem ABS yang dapat mempertahankan pengereman agar roda tidak terkunci.

Pilih Mana: Aerox atau NMax?

AeroxNmax
Kapasitas bahan bakar– Hanya 4,6 liter– Lebih besar yakni 6,6 liter Tinggi tempat duduk – 79 cm – 76,5 cm Ukuran velg – 14 inci – 13 inci Berat motor – 188 kg – 127 kg
Tinggi tempat duduk– 79 cm– 76,5 cm
Ukuran velg– 14 inci– 13 inci
Berat motor– 188 kg– 127 kg

Kesimpulan

Keduanya memiliki desain dan mesin sama hanya saja tergantung Anda memiliki jiwa berkendara yang seperti apa? Jika memilih desain mewah saat berkendara mungkin NMax bisa menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda berjiwa sporty, motor Aerox bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Aerox vs NMax

VS

Leave a Reply