KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Agya atau Swift?

Terdapat banyak jenis mobil yang diproduksi di dunia salah satunya adalah mobil berjenis hatchback. Hatchback merupakan mobil penumpang yang berbasis sedan. Perbedaan dari mobil ini terletak pada bagian bagasi, bagasi yang dimiliki oleh jenis hatchback ini terletak pada bangku penumpang belakang. Baca Juga: Pilih Mana: Honda Mobilio atau Toyota Avanza?

Setiap mobil berjenis hatchback ini memiliki daya Tarik serta keunggalannya tersendiri. Dua merk jenis hatchback yang populer di Indonesia adalah Toyota Agya dan Suzuki Swift. Kedua mobil hatchback ini sangat disukai oleh pengendara mobil.

Kedua jenis mobil ini pastinya memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan. Untuk itu agar tidak salah dalam memilih mobil jenis hatchback ini mari simak pembahasan berikut.

Mobil Toyota Agya

Toyota Agya adalah mobil kota atau city car yang dirancang pada tahun 2011 dak dikembangkan kembali untuk dipasarkan di Indonesia. Mobil ini pertama kali ditunjukkan pada tahun 2012 dan mulai diproduksi dan diluncurkan pada tahun 2013. Nama Agya diambil dari kata Sansekerta yang memiliki arti ‘’cepat’’.Mobil keluaran dari Toyota ini termasuk mobil yang memiliki skema low cost green car. Dengan artian bahwa Toyota Agya ini memiliki mobil yang ramah lingkungan dan memiliki harga terjangkau. Hal ini membuat Toyota Agya menjadi mobil hatchback favorit di Indonesia.

Memiliki 6 varian mobil, harga yang sangat terjangkau dan tampilan yang memukau membuat orang-orang menjadikan mobil ini sebagai mobil sehari-hari.

Kelebihan Mobil Toyota Agya

1.   Memiliki varian yang banyak

Toyota Agya memiliki dua opsi mesin yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc. untuk varian dari Agya ini terdapat 6 varian dengan dua varian memiliki mesin 1.000 cc dan empat varian menggunakan mesin dengan 1.200 cc.

2.   Memiliki engine-start button

Beberapa varian mobil Agya ini memiliki engine start button. Untuk fitur yang ditambahkan pada mobil LCGC ini sangatlah patut diapresiasi. Mobil Agya ini tercatat sebagai mobil LCGC yang memiliki engine start-button dan varian mobil yang memiliki fitur ini adalah G TRD manual maupun matic.

3.   Eksterior memukau

Toyota Agya ini memiliki kesan eksterior yang sangat memukau berkat bumper depan dan belakang yang diberikan pembaruan. Sudut-sudut tajam yang terdapat pada eksterior ini memberikan profil sporty dan menghilangkan kesan mobil yang ekonomis.

Kelemahan Mobil Toyota Agya

1.   Tenaga mesin yang kurang

Mobil Toyota Agya ini memiliki mesin yang dibuat di Indonesia dan berkode NR, tetapi tenaga yang dihasilkan oleh Agya ini masih agak kurang jika dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya. Mobil Agya ini memiliki mesin 1.200 cc dan tenaganya hanya ada pada kisaran 86 Hp. Dengan tenaga ini Agya masih dianggap jauh dari mobil LCGC lainnya.

2.   Belum CVT

Continuously Variable Transmission atau CVT merupakan teknologi transmisi yang memiliki fungsi untuk menggerakan mesin beradasarkan perubahan gigi rasio. Untuk Agya belum menggunakan teknologi ini dan masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional yang membuat perubahan gigi akan lebih kasar dibanding menggunakan CVT.

3.   Fitur keselamatan rendah

Untuk airbag pada Agya ini hanya dimiliki oleh varian Agya yang tinggi. Selain ini Agya juga belum dilengkapi sistem rem dengan anti lock braking system atau ABS.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Yaris atau Toyota Agya?

Mobil Suzuki Swift

Mobil Swift keluaran dari Suzuki ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu hatchback yang digemari masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Mobil ini pertama kali ada di Indonesia pada tahun 2005 dan diimpor langsung dari Jepang.Untuk sekarang Swift juga tersedia kembali lagi dengan varian All new Swift GX dan all new Swift GS. Kedua varian tersebut memiliki design eksterior yang sama persis dan interiornya juga dirancang dengan model yang sama. Perbedaan dari kedua varian ini dapat dilihat melalui fitur-fiturnya.

Kelebihan Mobil Suzuki Swift

1.   Design sporty dan modern

Dapat dilihat pada bagian eksterior mobil ini sangat memberikan kesan sporty dikarenakan lampu utama dari mobil ini dirancang dengan model yang stylist dan memberikan penerangan yang bagus. Terdapat fog lamp pada bagian bumper juga memberikan kesan modern pada mobil ini.

2.   Interior yang memukau

Selain eksterior, interior di dalam Swift ini juga tidak kalah memukau. Memiliki fitur 2DIN sebagai media hiburan dan sistem auto AC. Pada bagian kemudi juga telah dirancang dengan model telescopic adjustable steering wheel yang memungkinkan pengemudi mengatur posisi kemudi.

3.   Mesin berkapasitas tinggi

Untuk mobil ukuran hatchback Swift memiliki mesin dengan kapasita  1.4 L serta kapasitas daya yang mencapai 95 PS dan memberikan torsi sebesar 130 Nm. Sehingga akan mengkonsumsi bahan bakar yang tidak boros ditambah lagi Swift dilengkapi dengan sistem bahan multipoint injection.

4.   Tingkat keselamatan yang tinggi

Suzuki Swift tidak hanya memikirkan penampilan tetapi keselamatan dalam mengemudi juga hal yang penting. Dilengkapi dengan fitur dual SRS Airbags yang model rem yang menggunakan jenis cakram pada roda depan dan belakang dan sistem rem tambahan seperti ABS dan EBD.

Kekurangan Mobil Suzuki Swift

1.   Design kabin terlalu sempit

Untuk masalah kabin pada Suzuki Swift ini memang masih menjadi kekurangannya. Swift ini tergolong mobil yang memiliki kabin sempit jika dibandingkan dengan mobil kota lainnya. Membuat pengemudi merasakan sensasi yang tidak nyaman.

2.   Harga jual turun drastic

Ketika mobil Swift ini ingin dijual kembali maka harga jual yang bisa ditawarkan mengalami penurunan yang drastic sehingga akan mempengaruhi bagi orang yang akan membeli mobil Swift ini.

Pilih Mana: Agya atau Swift?

Keterangan Toyota AgyaSuzuki Swift
Kelebihan - Memiliki varian yang banyak - Memiliki engine-start button - Eksterior memukau- Design sporty dan modern - Interior yang memukau - Mesin berkapasitas tinggi - Tingkat keselamatan yang tinggi
Kekurangan - Tenaga mesin yang kurang - Belum CVT - Fitur keselamatan rendah- Design kabin terlalu sempit - Harga jual turun drastic

Kesimpulan

Dari kedua pembahasan mobil antara Agya dan Swift di atas dalam dilihat bahwa tiap mobil pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu belilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang kamu punya ya! Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Agya vs Swift

VS