KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Agya atau Xenia?

Saat ini mobil berjenis MVP sangat disukai sebagai alat transportasi untuk keluarga. Julukan sebagai mobil keluarga tentu bukan tanpa alasan. Kabinnya yang terbilang nyaman dan dapat menampung penumpang lebih banyak

Menjadikan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) jenis mobil keluarga terbaik dan banyak digemari oleh konsumen di Indonesia. Baca Juga: Pilih Mana: Agya atau Swift?

Bagi Anda yang ingin berencana membeli mobil jenis MPV, ada dua jenis mobil MVP yang sangat diminati oleh pembeli yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Xenia. Tapi agar tidak salah memilih mobil berjenis MVP simak penjelasan di bawah ini!

Daihatsu All New Xenia

Daihatsu Xenia adalah salah satu mobil keluarga yang masuk dalam list mobil kesukaan di Indonesia. Seperti yang diketahui Xenia sudah ada di Indonesia sejak 18 tahun silam dan telah mengeluarkan tiga jenis generasi Xenia.

Mobil ini adalah bentuk kerja sama antara dua perusahaan otomotif besar, Daihatsu serta Toyota, yang berkomitmen untuk memproduksi mobil ekonomis dengan kapasitas jok yang luas. Terciptalah mobil Daihatsu Xenia, mobil bernilai terjangkau dengan jumlah jok yang dapat menampung tujuh penumpang.

Daihatsu Xenia sendiri termasuk tipe mobil MPV yang terbilang LGCG (Low Cost Green Car) alias mobil ekonomis tapi tetap ramah lingkungan.

Kelebihan Daihatsu All New Xenia

1. Mesin dan transmisi baru

Daihatsu Xenia 2022 memakai hampir segala komponen baru. Termasuk terdapatnya varian mesin 1.5L berkode 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. terdapat mesin 1.3L 1NR-VE uang menggunakan teknologi DOHC dan dual VVT-i. dengan mesin ini membuat performa dari Xenia lebih bertenaga, akselerasi yang hasul dan pembakaran yang optimal.

2. Radius putar kecil

Xenia terbaru memiliki dimensi yang lebih kecil dengan oanjang 4.395 mm, lebar 1.730 dan tinggi 1.700 mm, Xenia juga memiliki ground clearance setinggi 205 mm.l hal ini membuat mobil akan mudah menghadapi jalan dengan kontur yang kasar. Ssitem kemudi dengan tipe EPS (Electric Power Steering) membuat Xenia mudah bermanuver di jalan sempit.

3. Fitur keselamatan canggih

Keunggulan Daihatsu Xenia 2022 yang cukup membanggakan yakni telah tersematnya fitur A.S.A (Advanced Safety Assist). Terdapat juga fitur ini memiliki 6 fungsi, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, serta Lane Departure Prevention.

4. Menggunakan platform baru

Sebenarnya Xenia sudah diluncurkan sejak tahun 2004. Namun untuk Xenia terbaru yang dirilis pada November 2022 telah mengalami perubahan total pada modelnya. Generasi Xenia ini telah menerapkan platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

5. Interior lapang

Wheelbase (jarak sumbu roda) yang melonjak 95 milimeter daripada generasi sebelumnya juga langsung terasa dampak positifnya, ialah kelegaan interior di mobil ini yang berani kita bilang nyaris membandingi mobil satu kategori di atasnya serupa Toyota Innova Reborn.

Kekurangan Daihatsu All New Xenia

1. Setir Tidak Dilengkapi Telescopic

Fitur telescopic memang merupakan teknologi di mana setir dapat diatur naik turun sesuai tinggi pengemudinya. Tapi pada Daihatsu all new Xenia ini tidak dilengkapi dengan fitur telescopic ini.

2. Apple CarPlay® & Android Auto™ Kerap Putus Koneksi

Kekurangan All New Xenia ini jelas sangat mengganggu bagi pengendara yang suka mendengarkan musik.tetapi, kemungkinan masalah ini terletak pada bagian soft ware dari car play.

3. Tidak tersedia headrest

Kekurangan All New Xenia selanjutnya adalah fitur keselamatan yang seharusnya bisa dilengkapi oleh PT ADM, seperti tidak tersedianya headrest untuk penumpang di tengah baris kedua, dan dengan seatbelt 3 titiknya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Avanza Veloz atau Mitsubishi Xpander?

Toyota New Agya

Toyota Agya adalah mobil kota atau city car yang dirancang pada tahun 2011 dak dikembangkan kembali untuk dipasarkan di Indonesia. Mobil ini pertama kali ditunjukkan pada tahun 2012 dan mulai diproduksi dan diluncurkan pada tahun 2013. Nama Agya diambil dari kata Sansekerta yang memiliki arti ‘’cepat’’.Mobil keluaran dari Toyota ini termasuk mobil yang memiliki skema low cost green car. Dengan artian bahwa Toyota Agya ini memiliki mobil yang ramah lingkungan dan memiliki harga terjangkau. Hal ini membuat Toyota Agya menjadi mobil hatchback favorit di Indonesia.

Memiliki 6 varian, mobil ini dibanderol dengan biaya termurah Rp 143.800.000 dan termahal di angka Rp 169.290.000.

Kelebihan Toyota New Agya

1. Eksterior memukau

Toyota Agya ini mempunyai kesan bagian luar yang amat memesona berkat bumper depan serta belakang yang diberikan pembaruan. Sudut-sudut runcing yang ada pada bagian luar ini memberikan profil sporty serta menghapuskan kesan mobil yang ekonomis.

2. Memiliki varian yang banyak

Toyota New Agya memiliki dua opsi mesin yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc. untuk varian dari New Agya ini terdapat 6 varian dengan dua varian memiliki mesin 1.000 cc dan empat varian menggunakan mesin dengan 1.200 cc.

3. Memiliki engine-start button

Beberapa varian mobil Agya ini memiliki engine start button. Untuk fitur yang ditambahkan pada mobil LCGC ini sangatlah patut diapresiasi. Mobil Agya ini tercatat sebagai mobil LCGC yang memiliki engine start-button dan varian mobil yang memiliki fitur ini adalah G TRD manual maupun matic.

Kelemahan Toyota New Agya

1. Fitur keselamatan rendah

Untuk airbag pada Agya ini hanya dimiliki oleh varian Agya yang tinggi. Selain ini Agya juga belum dilengkapi sistem rem dengan anti lock braking system atau ABS.

2. Tenaga mesin yang kurang

Mobil Toyota Agya ini memiliki mesin yang dibuat di Indonesia dan berkode NR, tetapi tenaga yang dihasilkan oleh Agya ini masih agak kurang jika dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya. Mobil Agya ini memiliki mesin 1.200 cc dan tenaganya hanya ada pada kisaran 86 Hp. Dengan tenaga ini Agya masih dianggap jauh dari mobil LCGC lainnya.

3. Belum CVT

Continuously variable transmission atau CVT merupakan teknologi transmisi yang memiliki fungsi untuk menggerakan mesin beradasarkan perubahan gigi rasio. Untuk Agya belum menggunakan teknologi ini dan masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional yang membuat perubahan gigi akan lebih kasar dibanding menggunakan CVT.

Pilih Mana: Agya atau Xenia?

Keterangan Agya Xenia
Kelebihan - Eksterior memukau - Memiliki varian yang banyak - Memiliki engine-start button- Mesin dan transmisi baru - Radius putar kecil - Fitur keselamatan canggih - Menggunakan platform baru - Interior lapang
Kekurangan - Fitur keselamatan rendah - Tenaga mesin yang kurang - Belum CVT- Setir Tidak Dilengkapi Telescopic - Apple CarPlay® & Android Auto™ Kerap Putus Koneksi - Tidak tersedia headrest

Kesimpulan

Dapat dilihat dari pembahasan di atas bahwa Xenia memiliki tipe MVP yang cocok untuk dibawa berkendara bersama keluarga besar. Sedangkan Agya memiliki tipe mobil hatchback, walaupun tidak didesign secara khusus untuk keluarga tapi mobil jenis ini juga bisa jika dibawa bersama keluara. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Agya vs Xenia

VS