ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Air Fryer atau Microwave?

Di zaman sekarang banyak orang yang ingin memasak makanan yang lebih praktis dan cepat disajikan, terlebih lagi untuk kamu yang super sibuk dan tidak banyak waktu untuk menyiapkan sarapan pagi misalnya untuk ke kantor. Oleh karena itu banyak orang mencari cara alternatif alat atau barang yang dapat membuat masakan lebih cepat.

Seperti Air Fryer dan Microwave adalah alat elektronik peralatan dapur yang sangat rekomendasi untuk kamu yang super sibuk dan ingin makanan cepat saji. Artikel di bawah ini akan menjelaskan mengenai Air Fryer dan Microwave tersebut. Yuk, dibaca ya.

Air Fryer

Air Fryer adalah alat memasak yang fungsi utamanya adalah menggoreng makanan tanpa minyak, sehingga makanan kamu lebih sehat dan bebas minyak. Canggih, kan? Dan juga berguna untuk memanggang, mengukus masakan kamu. Baca juga Pilih Mana: Food Processor atau Chopper?

Mungkin banyak yang masih asing dengan perlengkapan tersebut, karena memang di Indonesia sendiri penggunaannya masih jarang. Tetapi sekedar informasi, di luar negeri, Air Fryer ini sudah menjadi alat memasak yang biasa digunakan lho. Jika di Indonesia, sebenarnya sudah banyak beredar Air Fryer dengan berbagai merek.

Cara Kerja Air Fryer

Cara kerja Air Fryer pada makanan adalah dengan mengeluarkan udara panas berkecepatan tinggi mengelilingi makanan. Udara panas itu didapat dari kipas mekanik yang ada di dalam alat.

Suhu panas yang tinggi tersebut membuat kandungan air dalam makanan menguap, sehingga akan mematangkan sekaligus menghasilkan tekstur renyah pada gorengan atau masakan anda.

Manfaat Menggunakan Air Fryer

Makanan Rendah Lemak
Sekarang ini, orang banyak menghadapi masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Karena itu banyak orang beralih mencari masakan yang lebih sehat.

Salah satunya adalah makanan yang rendah lemak yang dihasilkan dari teknologi Air Fryer. Dengan teknologi Air Fryer kamu bisa menyiapkan makanan gorengan yang sehat dan rendah lemak atau bahkan tanpa lemak.

Mudah Dibersihkan
Alat penggoreng tanpa minyak sangat mudah dibersihkan. Selain itu kebanyakan komponennya yang aman dibersihkan dengan alat pencuci piring.

Mudah Dioperasikan
Untuk menghasilkan masakan yang cepat dan efisien, Air Fryer yang keluaran terbaru sudah banyak dilengkapi dengan layar sentuh LED digital dan pengaturan (free setting) yang menawarkan pengoperasian cepat.

Memasak Lebih Cepat dan Efisien
Air Fryer sudah dilengkapi dengan alat untuk dapat kamu sesuaikan suhu dengan tepat, sehingga akan membuat masakan kamu lebih cepat dan efisien.

Aman
Menggunakan Air Fryer sangat aman untuk kamu gunakan, karena menggunakan teknologi penggorengan terbaru untuk mendapatkan hasil makanan yang masak secara merata.

Multi Penggunaan
Alat penggorengan ini juga bisa digunakan untuk bermacam-macam cara memasak seperti memanggang, baking, mengukus dan lain sebagainya.

Jenis Air Fryer

Basket Air Fryer
Basket Air Fryer ini merupakan jenis Air Fryer yang paling biasa digunakan. Bentuknya hampir mirip seperti teko, tetapi permukaannya lebih bundar dan terdapat banyak tombol pada alat. Uniknya, cara membuka tutup alat ini dari samping, seperti ketika kamu membuka laci. K

arena bentuk wadahnya yang seperti loyang, kamu dapat menggunakan basket Air Fryer ini untuk menggoreng makanan yang tidak terlalu kering. Kamu bahkan dapat memanggang kue.

Paddle Air Fryer
Berbeda dari basket Air Fryer, Paddle Air Fryer ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan magic com, cara membuka tutupnya juga dari atas. Di bagian tengah alat, ada seperti baling-baling yang berfungsi mengalirkan udara panas pada makanan.

Paddle Air Fryer ini paling cocok digunakan untuk menggoreng makanan seperti frozen food dengan permukaan yang sangat renyah.

Oil Free Turkey Fryer
Dibandingkan tipe Air Fryer yang lain, oil free turkey ini mempunyai ukuran dan kapasitas yang paling besar. Bentuknya mirip seperti panci yang berkaki. Ada 2 gagang di kanan-kiri yang memudahkan kamu untuk memegangnya.

Bagian tutupnya juga terpisah dan tidak menyatu seperti Air Fryer yang lain. Jadi kamu dapat lebih leluasa ketika memasukkan makanan. Karena kapasitasnya yang besar, biasanya oil free turkey Air Fryer ini digunakan untuk memanggang ayam atau kalkun utuh.

Harga Air Fryer

Harga yang dijual Air Fryer ini memang terbilang sangat mahal, mulai dari sekitar Rp. 500.000 hingga jutaan rupiah sekitar Rp. 2.000.000 lebih. Tetapi memang manfaat yang kamu dapatkan sangat banyak jika menggunakan Air Fryer. Kamu bisa mendapatkan Air Fryer di Ace Hardware atau juga online shop yang sudah kamu percaya.

Microwave

Microwave merupakan suatu peralatan dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Microwave juga suatu alat elektronik yang memanggang makanan, dengan menggunakan radiasi elektromagnetik yang berupa spektrum Microwave (gelombang mikro).

Dalam prosesnya Microwave menggunakan pemanasan dielektrik yang menyebabkan molekul dalam satu makanan akan terpolarisasi setelah itu memutar dan membangun energi panas yang pada akhirnya akan menciptakan makanan yang mengalami pemanasan dengan efisien dan cepat.

Cara Kerja Microwave

Microwave bekerja dengan cara memancarkan radiasi gelombang mikro melalui makanan. Gelombang mikro tersebut memicu molekul air dalam makanan saling bergesekan sehingga bisa memproduksi panas yang mematangkan makanan. Oleh karena itu, makanan yang mempunyai kandungan air tinggi seperti sayuran dapat lebih cepat matang.

Panas yang diproduksi dari molekul air ini juga menimbulkan panas tidak akan diserap oleh wadah makanan dari bahan cangkir, plastik khusus, dan keramik. Wadah akan tetap terasa hangat, namun suhunya tidak sepanas makanan. Di dalam Microwave juga ada piring besar yang memutar. Piring ini akan memutar makanan selama proses agar memperoleh panas yang merata ke seluruh bagiannya.

Manfaat Menggunakan Microwave

Mengembalikan Tekstur Renyah
Fungsi ini tentu sudah kamu ketahui. Microwave akan mudah mengembalikan tekstur renyah makanan kamu, misalnya seperti keripik, sereal, dan kulit ayam dari restoran cepat saji semalam. Kamu hanya butuh menunggu 30 detik sampai makanan kamu kembali renyah. Cepat dan mudah ya.

Dapat Melelehkan Makanan yang Beku
Jika kamu sedang menginginkan makan roti dengan selai coklat yang sudah lama di atas meja makan, pastikan selai kamu tidak membeku.

Jika memang sudah membeku, jangan khawatir, manfaatkan Microwave yang ada di sudut dapur rumah kamu. Kamu dapat dengan mudah melelehkan selai coklat menggunakan Microwave, dan menikmati roti kamu.

Merebus Makanan
Microwave juga dapat kamu manfaatkan untuk merebus makanan. Misalnya kentang, kamu hanya perlu membungkus kentang tersebut dengan plastik khusus bersegel yang sudah diisi air. Masukkan kentang, tutup segelnya, tunggu sekitar 5 menit, kemudian keluarkan. Kentang pun siap dimakan.

Mengembangkan Adonan
Bahkan dengan Microwave kamu dapat mengembangkan adonan roti. Caranya mudah saja kok, pertama masukan gelas atau cangkir berisi air ke dalam Microwave.

Kemudian, panaskan hingga menguap, lalu matikan Microwave, dan masukan adonan tersebut. Uap yang dihasilkan akan membuat adonan roti menjadi mengembang.

Hasilkan Lebih Banyak Air Lemon
Microwave juga berguna untuk menghasilkan air dari lemon lebih banyak. Ketika kamu ingin memeras lemon, masukan terlebih dulu ke dalam Microwave selama kurang lebih 20 detik. Lemon yang sudah dipanaskan terlebih dahulu akan menghasilkan air lebih banyak ketika diperas.

Mempermudah Iris Bawang
Microwave juga bisa mempermudah kamu untuk mengiris bawang, seperti bawang bombay ada baiknya ketika ingin memotong bawang bombay,

kamu memanaskannya terlebih dulu. Panaskan bawang bombay dengan Microwave selama 30 detik. Jangan lupa untuk memotong bagian atas dan bawah bawang sebelum memanaskannya.

Jenis Microwave

Microwave Biasa
Fungsinya Microwave ini sangat mendasar, yaitu menghangatkan dan memanaskan. Microwave ini sebenarnya juga dapat digunakan untuk memasak, tetapi hanya yang sederhana atau simple saja.

Biasanya banyak orang menggunakan Microwave ini untuk membuat popcorn, memasak mie instan, memanaskan makanan sisa semalam, atau mencairkan daging beku.

Grill Microwave
Seperti namanya, Microwave ini mempunyai fungsi tambahan untuk memanggang makanan. Jika membeli Microwave jenis ini, kamu akan mendapat tambahan alas berjeruji yang biasa digunakan untuk memanggang. Grill Microwave dapat digunakan untuk memanggang ikan, ayam, dan daging.

Tetapi daging yang akan dipanggang ini tidak bisa terlalu besar dan banyak, ya. Soalnya, nanti kematangannya tidak merata.

Convection Microwave
Convection Microwave singkatnya adalah gabungan dari Microwave dan Convection oven, sehingga makanan dimasak oleh suhu panas dan gelombang mikro.

Makanan yang dimasak dengan Convection Microwave akan lebih cepat matang dan permukaannya memiliki warna kecoklatan.

Convection Microwave ini tidak hanya dapat digunakan untuk memasak sederhana dan memanggang daging saja lho. Tetapi juga bisa untuk memanggang kue seperti brownies dan pizza.

Harga Microwave

Harga yang dijual untuk Microwave ini terbilang mahal, dengan berbagai macam banyak merek elektronik. Kamu bisa dapatkan Microwave di Ace Hardware dengan harga sekitar Rp. 700.000 hingga jutaan rupiah sekitar Rp. 2.000.000 lebih. Kamu juga bisa mendapatkan Microwave di online shop yang kamu sukai dan sudah kamu percaya.

Pilih Mana: Air Fryer atau Microwave?

Air FryerMicrowave
Kelebihan- Banyak fungsi dari Air Fryer - Makanan menjadi lebih sehat - Lebih praktis untuk menyiapkan makanan- Makanan menjadi lebih sehat - Makanan menjadi cepat saji dan menghemat waktu - Microwave banyak fungsinya tidak hanya mengukus, memanggang makanan juga bisa, memiliki banyak fungsi
Kekurangan- Harga yang terbilang mahal - Tidak semua jenis makanan bisa menggunakan Air Fryer, misalnya menggoreng adonan yang cair- Harga yang terbilang mahal - Saat menggunakan Microwave pastikan kamu memiliki daya listrik yang tinggi, karena kebanyakan jenis Microwave memiliki kapasitas daya yang tinggi

Kesimpulan

Air Fryer dan Microwave adalah peralatan dapur yang memang memiliki banyak fungsi untuk makanan seperti menggoreng, mengukus, dan memanggang. Keduanya peralatan dapur yang sangat canggih. Dan mempermudah kamu untuk memasak makanan terlebih lagi untuk kamu yang tinggal misalnya di apartemen. Tetapi memang di Indonesia banyak orang lebih menggunakan Microwave dibandingkan Air Fryer padahal keduanya memiliki fungsi yang sama. Karena Microwave sudah banyak dikenal di Indonesia dibandingkan Air Fryer. Jadi, kedua ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil masakan yang cepat saji guys. Soal harga memang keduanya terbilang mahal, tetapi sesuai dengan fungsi yang kamu dapatkan kok guys. Pilih sesuai selera kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Air Fryer vs Microwave

VS

 

Leave a Reply