ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Air Fryer atau Oven?

Makan adalah kebutuhan untuk makhluk hidup agar tubuh terasa sehat. Sebagian orang menyukai makanan yang lebih cepat saji . Makanan berat maupun makanan ringan seperti cemil-cemilan.

Peralatan dapur yang praktis untuk memasak makanan berat maupun cemilan seperti kue yang menjadi pilihan untuk orang khususnya perempuan saat ini adalah Air Fryer dan Oven.

Apakah kamu sudah mengetahui tips sebelum kamu membeli Air Fryer dan Oven, jenis dari keduanya dan cara merawatnya agar tahan lama? Jika belum, artikel ini sangat cocok untuk kamu guys, jangan kemana-mana ya tetap baca terus artikel ini.

Pengertian Air Fryer

Air Fryer merupakan alat memasak yang fungsi utamanya merupakan menggoreng makanan tanpa minyak, sehingga makanan kamu lebih sehat dan bebas minyak. Canggih, kan? Mungkin banyak yang masih asing dengan alat tersebut, karena memang di Indonesia sendiri penggunaannya masih jarang.

Tetapi sekedar informasi, di luar negeri, Air Fryer ini sudah menjadi alat memasak yang biasa digunakan lho. Jika di Indonesia, sebenarnya sudah banyak beredar Air Fryer dengan berbagai merek. Baca juga Pilih Mana: Microwave Sharp atau Microwave Panasonic?

Tips Sebelum Membeli Air Fryer

  • Pertama kamu harus mempertimbangkan kapasitas dari Air Fryer, ada 3 macam kapasitas Air Fryer yaitu kecil, sedang dan besar yang biasanya diukur dengan satuan liter. Ukuran yang kecil sekitar 1.2 liter hingga yang besar 5 liter. Pemilihan untuk kapasitas Air Fryer sendiri tergantung dengan merek dan modelnya.
  • Selain itu perlu juga kamu pertimbangkan untuk mengenai wadahnya karena ada yang tunggal dan ada yang ganda. Bedanya pada wadah yang ganda, kamu bisa langsung menggunakannya untuk 2 makanan sekaligus secara terpisah.
  • Kedua kamu harus mempertimbangkan pengaturan suhu pada Air Fryer, karena dengan pengaturan temperatur akan membuat masakan kamu semakin enak dan lezat. Pengaturan suhu pada Air Fryer biasanya 100 derajat sampai 200 derajat celcius. Pastikan tombol untuk mengoperasikan Air Fryer mudah digunakan sebelum kamu membeli Air Fryer.
  • Ketiga adalah kamu harus mempertimbangkan timer, harus melihat dulu model atau merek dari Air Fryer yang ingin kamu beli mengenai timernya. Karena dengan timer dapat memastikan tingkat kematangan pada makanan maupun tekstur makanan yang diinginkan.
  • Kemudian tips terakhir kamu harus mengetahui peralatan masak Air Fryer pada dasarnya peralatan masak apapun yang bisa tahan sampai 200 derajat celcius bisa digunakan dalam Air Fryer, misalnya peralatan masak steel atau aluminium. Hanya saja kamu perlu mengoleskan dengan minyak agar tidak lengket.

Jenis Air Fryer

Basket Air Fryer
Paddle Air Fryer
Oil Free Turkey Fryer

Rekomendasi Merek Air Fryer

Air Fryer Philips harga sekitar Rp. 1.800.000 – Rp. 3.000.000 (per Agustus 2019)
Air Fryer Maspion harga sekitar Rp. 900.000 – Rp. 3.000.000 (per Agustus 2019)
Air Fryer Zerofat harga sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 3.500.000 (per Agustus 2019)

Tips Merawat Air Fryer Agar Tahan Lama

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus memeriksa kabel jangan ada yang terkelupas atau yang rusak sehingga dapat memastikan jika kabel dalam keadaan baik-baik saja.
  • Kedua pastikan unit Air Fryer dalam keadaan bersih dan tidak terdapat debu dan kotoran, apalagi saat kamu akan menggunakannya.
  • Ketiga saat kamu ingin menggunakan Air Fryer pastikan menggunakannya ditempat yang datar, jangan terlalu menempel ke dinding, kasih jarak sekitar 4 inci. Dan jangan gunakan Air Fryer ditempat yang tertutup.
  • Terakhir kamu harus memperhatikan setiap bagian Air Fryer, bahkan ketika setelah menggunakan Air Fryer. Jika terdapat bagian yang rusak segera kamu perbaiki misalnya jika Air Fryer kamu masih bergaransi.

Pengertian Oven

Oven adalah salah satu peralatan dapur yang sangat akrab untuk ibu-ibu yang suka masak atau hobi membuat kue. Terlebih untuk kamu yang memiliki usaha catering dan usaha bakery.

Oven adalah salah satu peralatan yang sangat diperlukan untuk memanggang kue dan menghasilkan kue yang enak.

Memanggang kue susah-susah gampang untuk kamu yang tidak akrab dengan proses memanggang kue, akan tetapi untuk kamu yang sudah biasa akan terasa sangat mudah dan menyenangkan.

Oven tidak hanya terdapat satu tipe, banyak tipe Oven yang diproduksi sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Kamu dapat membeli tipe Oven yang kamu mau di Ace Hardware.

Tips Sebelum Membeli Oven

  • Tips pertama adalah memilih Oven dengan daya watt atau energi yang kecil sehingga akan lebih mengirit konsumsi listrik. Apabila energi tidak sesuai, maka kamu harus bersiap dengan tagihan listrik yang meningkat dengan tajam atau bahkan kapasitas listrik yang ada di rumah kamu tidak kuat sehingga sering mati listrik atau wajib mengurangi konsumsi energi pada barang elektronik lainnya.

  • Tips selanjutnya adalah dengan memeriksa ukuran dan juga kapasitas dari Oven yang akan kamu pilih dengan cara menyesuaikan dengan kebutuhan kue atau makanan yang akan kamu panggang nantinya.
  • Setelah itu periksa material Oven dan fitur saat memilih Oven, memilih oven yang sudah dilengkapi dengan banyak rak pemanggang dengan material stainless steel sehingga dapat lebih tahan lama dan menghindari korosi.
  • Kemudian periksa fungsi pemanas dan suhu agar Oven pilihan kamu dapat berfungsi dengan sangat baik, periksa lebih dahulu pada bagian pemanas, timer dan juga fitur pemutar lain yang terdapat pada Oven tersebut apakah dapat berjalan dengan lancar atau tidak.
  • Terakhir perhatikan mesin dengan baik pada mesin Oven yang akan kamu pilih, karena terdapat berbagai material pembuat mesin pada oven seperti contohnya baja, besi, aluminium atau stainless steel dan untuk yang tidak mudah karat maka pilih mesin yang terbuat dari aluminium.

Jenis Oven

Oven Konvensional
Oven Konveksi
Oven Listrik
Oven Gas
Oven Kompor

Rekomendasi Merek Oven

Oven Listrik Cosmos harga sekitar Rp. 200.000 – Rp. 1.000.000 (per Agustus 2019)
Oven Konvensional Hock harga sekitar Rp. 150.000 – Rp. 4.000.000 (per Agustus 2019)
Oven Gas 2 pintu Golden Star harga sekitar Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000 (per Agustus 2019)

Keuntungan Menggunakan Air Fryer dan Oven

Keuntungan Menggunakan Air Fryer dan Oven
Air Fryer- Lebih menghemat waktu - Memiliki berbagai jenis Air Fryer sesuai kebutuhan - Kalori makanan lebih rendah - Makanan yang digoreng atau dipanggang lebih renyah
Oven- Memiliki berbagai jenis Oven sesuai kebutuhan kamu - Dapat menyesuaikan tingakat kematangan - Lebih praktis - Menghemat waktu

Tips Merawat Oven Agar Tahan Lama

  • Pertama, kamu selalu bersihkan seluruh aksesori dan rak tatakan. Selanjutnya kamu selalu memastikan steker Oven sudah dingin sebelum dibersihkan.
  • Kemudian untuk membuka pintu Oven saat membersihkan bagian dalam perlahan-lahan agar tetap aman.

  • Pastikan membersihkan bagian dalam menggunakan lap yang lembut dengan air hangat atau detergen. Jangan menggunakan zat abarsif untuk membersihkan Oven.
  • Hindari mengelap pada elemen-elemen pemanas. Dan membersihkan bagian luar Oven menggunakan lap basah.

Pilih Mana: Air Fryer atau Oven?

Air Fryer Oven
Kelebihan- Memiliki berbagai jenis Air Fryer yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu - Membuat makanan kamu lebih sehat karena rendah kalori - Dapat menghemat waktu kamu- Memiliki berbagai jenis Oven yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu - Dapat mengatur tingkat kematangan makanan - Lebih praktis dan menghemat waktu kamu
Kekurangan- Daya listrik yang cukup besar - Harga yang terbilang mahal- Tidak menghemat listrik - Untuk Oven listrik biasanya kapasitas yang kecil

Kesimpulan

Air Fryer dan Oven adalah peralatan  dapur yang memiliki banyak fungsi dan membuat kamu praktis untuk menyiapak makanan, karena dari kedua alat dapur tersebut memiliki jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Keduanya peralatan dapur yang menjadi pilihan untuk perempuan terutama ibu-ibu rumah tangga.

Tetapi memang jika dibandingkan hasil masakan, Air Fryer akan menghasilkan masakan kamu lebih renyah. Soal harga yang terendah memang lebih murah Oven daripada Air Fryer guys. Tetapi untuk memilih kedua ini sebenarnya bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Air Fryer vs Oven

VS

Leave a Reply