ElektronikHomeKesehatan

Pilih Mana: Air Purifier atau Air Humidifier?

Setiap hari kita menghirup udara, tetapi sayangnya udara di sekeliling kita semakin tercemar oleh berbagai polusi yang tentu saja dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan termasuk udara yang ada di rumah. Menggunakan alat khusus untuk memperbaiki udara merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan udara yang bersih di rumah.

Air purifier dan air humidifier adalah dua alat yang mampu memperbaiki kualitas udara di rumah. Kedua  barang tersebut sering dijumpai melainkan kadang kita sendiri tidak paham dengan perbedaan fungsi-fungsinya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan kita paparkan penjelasan keduanya agar tidak di salah fungsikan dan diartikan lagi ya!

Fungsi Air Purifier vs Air Humidifier

Air purifier merupakan alat penjernih udara yang berfungsi untuk menjaga agar udara dalam ruangan tetap bersih. Air purifier ini juga sangat bagus karena bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di sekitar lalu menyalurkan kembali udara tersebut melalui filter yang berfungsi untuk menangkap virus dan bakteri di udara. Sehingga udara yang dikeluarkan dari air purifier akan menjadi lebih bersih dan juga sehat.

Misalnya bagi anda yang punya anggota keluarga yang perokok, air purifier ini bisa meminimalisir bau serta asap rokok di ruangan. Air purifier juga dapat menghilangkan virus dan bakteri di udara, menghilangkan bau tak sedap, dan mengurangi pertumbuhan jamur pada ruangan.

Air purifier ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai alergi terhadap debu.

Sedangkan, Air humidifier merupakan alat yang fungsi utama nya untuk meningkatkan kelembapan udara, dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Humidifier memerlukan banyak air. Karena kebutuhan air yang besar, ukuran humidifier juga menjadi cenderung lebih besar.

Air humidifier digunakan di ruangan seperti ruangan yang ber AC. Jika kondisi lingkungan anda sudah lembab sebaiknya hindari penggunaan air humidifier karena hanya akan bertambah lembab yang dapat menyebabkan menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuhnya jamur.

Air Humidifier dapat membantu meredakan gejala flu dan batuk, melegakan hidung tersumbat, meringankan sinusitis, hidung berdarah, kulit dan rambut kering. Bahkan saat kita tertidur dapat mambah kelembapan kulit, dan mengurangi dengkuran.

Manfaat Air Purifier dan Air Humidifier

Adapula beberapa perbedaan manfaat yang di berikan Air Purifier dan Air Humidifier untuk kesehatan dan kenyamanan ruangan di dalam rumah kita. antara lain:

Air Purifier Air Humidifier
Manfaat - Menghilangkan virus dan bakteri di udara - Menghilangkan bau tidak sedap - Mengurangi jamur - Mencegah sakit tenggorokan - Melembapkan kulit dan bibir pecah-pecah - Melindungi mata dari iritasi - Memudahkan pernapasan - Mencegah mimisan dan radang tenggorokan

Air Purifier

  • Menghilangkan virus dan bakteri di udara
    Manfaat air purifier adalah menghilangkan virus dan bakteri di udara. Retroscreen Virology ( UK ) telah melakukan penelitian dengan menggunakan metode test. Penelitian dilakukan dengan memasukan virus dalam kotak dan dihitung penurunan jumlah aktivitas virus setelah digunakan air purifier.
  • Menghilangkan bau tidak sedap
    Kemampuan air purifier dalam menghilangkan bau tidak sedap telah berhasil  dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation. Tes dilakukan untuk mengetahui keefektifan untuk menghilangkan bau dengan menggunakan enam tingkatan pengukuran bau.
  • Mengurangi jamur
    Manfaat air purifier selanjutnya adalah kemampuan alat ini untuk memberantas jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Kemampuan dalam memberantas jamur telah dibuktikan dengan adanya tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.Tes yang dilakukan dengan metode menyemburkan ion PCI di ruangan berukuran 2.6 m3 , jamur tumbuh pada PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3. Dan hasil dari tes membuktikan jumlah dan pertumbuhan jamur dapat dikurangi berkat air purifier.

Air Humidifier

  • Mencegah sakit tenggorokan
    Sakit tenggorokan dapat terjadi ketika kadar kelembapan di ruangan sangat rendah. Humidifier dapat meringankan kondisi tersebut dengan meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan, sehingga dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah sakit tenggorokan berulang kembali.
  • Melembabkan kulit dan bibir pecah-pecah
    Terlalu lama berada di ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bibir pecah-pecah. Hal ini terjadi karena penggunaan AC membuat udara menjadi kering, sehingga memengaruhi kelembapan kulit serta bibir. Penggunaan pelembab udara seperti humidifier di dalam rumah atau ruangan, dapat mencegah kondisi yang tidak diinginkan tersebut.
  • Melindungi mata dari iritasi
    Debu dan partikel asing dapat bertebaran dengan sangat cepat saat udara kering, sehingga mudah mengiritasi permukaan mata. Humidifier bermanfaat meningkatkan kelembaban udara di sekitar dan menghambat penyebaran partikel debu di udara.
  • Melegakan pernapasan
    Udara kering menjadi salah satu penyebab hidung menjadi mampet dan sulit bernapas. Pemakaian humidifier dapat meringankan hidung tersumbat, karena alat tersebut dapat meningkatkan kelembaban udara di sekitar. Selain itu, humidifier juga bermanfaat menghilangkan ketidaknyamanan akibat gejala alergi yang sering menyerang saluran pernapasan.
  • Mencegah mimisan dan radang tenggorokan
    Mimisan umumnya disebabkan  oleh masalah yang menyerang saluran napas bagian atas termasuk hidung, seperti alergi dan pilek. Namun kondisi ini dapat dicegah dengan pemakaian humidifier, yang bisa menjaga udara agar tetap lembap. Selain itu, penggunaan pelembab udara juga dapat mencegah dari penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang menyerang.

Rekomendasi Air Purifier dan Air Humidifier

Tips memilih Air Purifer dan Air Humidifier agar mendapatkan alat sesuai dengan keinginan kita, yakni:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan ruangan
  • Perhatikan material yang ada pada Air Purifer maupun Air Humidifier
  • Pilihlah Air Purifer maupun Air Humidifier yang mempunyai fitur yang lengkap

Sharp FU-A80Y-N Air Purifier

 

Air purifier keluaran Sharp ini menggunakan teknologi plasmacluster yang menghasilkan ion negatif hingga 7.000 ion per cc. Pada produk ini tersedia 3 speed mode, yaitu max, high, lowsehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukuran mesin yang besar memungkinkan untuk membersihkan seluruh bagian ruangan dengan jarak pembersihan sampai 62 meter persegi, disertai juga dengan fitur dust sensor. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan air purifier dengan kemampuan membersihkan yang kuat.

Xiaomi Mi Air Purifier 2

Air purifier dari merk Xiaomi ini memiliki 3 lapis penyaringan yang bekerja kesegala arah. Produk ini didesain dengan sederhana dan minimalis sehingga cocok di ruangan manapun. Selain itu, hampir tidak ada suara yang dihasilkan ketika mesin bekerja.

Kelebihan dari air purifier ini yaitu dapat disambungkan dengan smartphone. Cukup dengan menggunakan aplikasi Mi Home App dan koneksi internet, Anda dapat mengatur air purifier mulai dari timer hingga memantau tingkat polusi secara real time.

Honeywell Air Touch Air Purifier

 

Air purifier berukuran cukup besar ini cocok digunakan untuk menciptakan udara sehat bagi keluarga Anda. Air purifier ini dilengkapi dengan berlapis-lapis filter, termasuk juga high efficiency particulate air (HEPA) filter dan HiSiv filter.

Mesin ini menghisap udara di sekitarnya dan mendorong udara agar melewati filter. Selain itu, konsumsi daya yang dibutuhkan juga rendah, jadi tidak boros listrik. Air purifierdari Honeywell ini mudah digunakan dan mudah dirawat sehingga cocok untuk Anda dan keluarga.

Boneco Ultrasonic Humidifier U650

 

Boneco Ultrasonic Humidifier U650 punya kapasitas penampungan air hingga 5,5 liter. Karena kapasitas airnya besar, daya humidifikasinya juga besar sehingga proses pelembapan di ruangan Anda menjadi lebih cepat dan efisien.

Tidak hanya itu, humidifier ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang membuatnya semakin praktis dan memudahkan Anda dalam mengoperasikannya. Mulai dari fitur auto sleep untuk mematikan mesin otomatis, fitur uap panas atau dingin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, sampai indikator pengingat waktu maintenance. Cocok untuk Anda yang ingin memiliki humidifier yang canggih dan praktis.

X01 Big Mist Noozle Humidifier 360 Degree

Produk ini mempunyai desain tangki yang tembus pandang sehingga memudahkan Anda untuk melihat volume air di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah untuk mengisi air atau mengamati air yang tersisa pada humidifier ini. Dan juga, karena tangki yang lebar, produk ini menjadi lebih mudah dibersihkan.

Humidifier tipe ini punya keluaran satu dilengkapi dengan dual mist yang  dapat memudahkan Anda mengatur arah uap dan tingkat kelembabannya. Humidifier ini juga dilengkapi dengan fitur auto off yang membuat mesin otomatis mati ketika air di dalamnya hampir habis. Hal tersebut dapat mencegah agar mesin tidak terbakar sehingga produk ini sangat aman dipakai.

USB Ultrasonic Mist Car Humidifier Aroma Diffuser

Bagi kalian yang membutuhkan humidifier untuk dipakai di dalam mobil, produk ini bisa menjadi pilihan. Humidifier portabel yang berbentuk seperti gelas ini memiliki bobot ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Produk ini dilengkapi pula dengan colokan yang dapat ditancapkan ke dalam alat pemantik mobil. Dengan demikian, Anda dapat mengisi baterainya kapan pun saat sedang menyetir.

Selain untuk melembapkan udara, humidifier ini juga dapat difungsikan sebagai parfum mobil. Coba saja gunakan aromaterapi favorit Anda dan rasakan sensasi menyetir yang nyaman karena udara bersih dan wangi.  Produk ini didesain dengan tiga macam pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

Pilih Mana: Air Purifier atau Air Humidifier?

Air Purifier Air Humidifier
Kelebihan- Mengurangi jamur - Dapat menghilangkan bau tak sedap - Membunuh jamur- Mengurangi risiko infeksi - Membuat kulit semakin lembut dan cerah - Meningkatkan kualitas tidur
Kekurangan- Harga yang mahal - Membutuhkan tempat di ruangan untuk menggunakannya- Suara bising - Pertumbuhan bakteri dan jamur

Kesimpulan

Pada artikel di atas sudah kita bedakan mengenai kedua alat Air Purifer dan Air Humidifier. dimana keduanya mempunyai fungsi yang sangat berbeda. Jika kalian ingin memilih kedua nya anda harus mengetahui kebutuhan kalian terlebih dahulu, Jika kalian membutuhkan alat untuk menjernihkan udara ruangan Air Purifer dapat menjadi pilihan. Tetapi jika kalian ingin melembabkan ruangan Air Humidifier lah yang patut kalian coba, Nah! sudah tau kan perbedaan dari keduanya jangan sampai salah lagi yaa! Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Air Purifier VS Air Humidifier

VS

Leave a Reply