Pilih Mana: Alfamart atau Indomaret?

Loading...

Pada era modern seperti saat ini, tak sulit untuk menemukan minimarket di Indonesia. Fenomena menjamurnya minimarket di Indonesia memiliki dampak positif bagi masyarakat contohnya memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu kita tak asing dengan minimarket yang hampir dijumpai pada setiap kota di Indonesia yaitu Alfamart dan Indomaret. Bisnis minimarket yang sama-sama menjalankan metode Franchise ini kerap kali menjadi bahan perbincangan karena sering dibangun berdekatan, seperti yang diulas dalam laman kompas.com.

Namun apakah itu Franchise? Franchise merupakan bisnis yang menggunakan sistem waralaba yang mana franchisor (pemilik usaha) memiliki hubungan bisnis kerjasama dengan franchisee (pemilik modal/investor). Artinya jika Anda mempunyai modal, Anda dapat meminta kerjasama dengan pemilik usaha yang telah memiliki brand seperti Alfamart atau Indomaret, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis Anda tanpa harus membangun brand sendiri. Lantas manakah yang lebih baik menurut Anda? Alfamart atau Indomaret?

Alfamart

Alfamart merupakan salah satu perusahaan bisnis minimarket terkemuka di Indonesia. Minimarket yang memiliki slogan “Belanja puas, harga pas” ini menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti makanan, minuman, produk kecantikan, alat tulis, pulsa elektronik, dll.

Kelebihan Alfamart

Berikut kelebihan Alfamart yang perlu Anda ketahui :

  • Mudah Ditemukan

Target market Alfamart adalah kalangan rumah tangga, oleh sebab itu Alfamart banyak terdapat di kawasan pemukiman warga, Anda tentu dapat menemukan Alfamart dengan mudah.

  • Tersedia Fasilitas ‘Nongkrong’ dan CCTV

Selain dilengkapi sistem keamanan CCTV, Alfamart juga menyediakan fasilitas tempat duduk dengan meja kecil yang nyaman untuk 2 – 5 orang, dilengkapi dengan saluran internet gratis, selain itu pelanggan dapat melayani dirinya sendiri dengan membuat kopi, teh ataupun late. Bagi Anda yang senang menikmati pemandangan luar, Alfamart tempatnya!

  • Program Member Card

Demi meningkatkan pelayanan, Alfamart membuat program member card bagi pelanggan setianya. Pelanggan yang memiliki member card memiliki beberapa keuntungan contohnya dapat menikmati diskon yang hanya diperuntukkan untuk member. Selain itu, member card dapat digunakan setiap kali Anda bertransaksi di Alfamart. Transaksi yang Anda lakukan akan menambah poin yang kemudian dapat dipakai untuk berbelanja kembali.

Kekurangan Alfamart

Berikut kekurangan Alfamart yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Produk Mahal

Bagi Anda yang akan berbelanja di Alfamart harus rela merogoh kocek lebih dalam karena harga produk yang ditawarkan di Alfamart cenderung lebih mahal karena dibeli dari distributor.

  • Pelayanan Kurang Ramah

Untuk pelanggan yang mengutamakan pelayanan dalam berbelanja sebaiknya harus berlapang dada dan sabar karena pelayanan di Alfamart cenderung kurang ramah.

Loading...
  • Tempat Kurang Luas

Mengutamakan konsep minimalis, Alfamart memiliki tempat berbelanja yang kurang luas sehingga mengurangi kenyamanan pelanggan.

Kelebihan AlfamartKekurangan Alfamart
- Mudah Ditemukan- Harga Produk Mahal
- Tersedia Fasilitas ‘Nonngkrong’ dan CCTV- Pelayanan Kurang Ramah
- Progrram Member Card- Tempat Kurang Luas

Indomaret

Indomaret merupakan perusahaan bisnis minimarket terkemuka di Indonesia yang memiliki slogan “Mudah & Hemat”. Seperti minimarket penyediaan kebutuhan sehari-hari, Indomaret menyediakan berbagai produk makanan dan minuman, produk kecantikan, alat elektronik, pulsa elektronik, dll. Selain itu, Indomaret juga menyediakan sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan Indomaret

Berikut kelebihan Indomaret yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Produk Murah

Bagi Anda yang akan berbelanja di Indomaret tak perlu risau dengan harga, karena harga produk di Indomaret cenderung lebih murah karena diperoleh langsung dari produsen. Selain itu, Indomaret memiliki beberapa strategi pemasaran harga antara lain : “Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari, “Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat, dan “Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga.

  • Pelayanan Ramah

Di Indomaret Anda akan diberikan pelayanan yang ramah sehingga meningkatkan kenyamanan dalam berbelanja.

  • Tersedia Fasilitas ATM

Para pelanggan yang berbelanja dapat sekaligus memanfaatkan fasilitas ATM sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain fasilitas ATM, Indomaret juga menyediakan pelayanan pembayaran transaksi dari pengguna Shopee, sehingga pengguna Shopee tak perlu repot-repot melakukan transfer melalui bank. Pembahasan mengenai Shopee telah kami bahas sebelumnya pada Bukalapak atau Shopee.

Kekurangan Indomaret

Berikut kekurangan Indomaret yang perlu Anda ketahui :

  • Tidak Memiliki CCTV

Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia cenderung tidak memiliki CCTV sehingga mengurangi keamanan pelanggan dalam berbelanja.

  • Variasi Produk Kurang

Poduk yang dijual di Indomaret dinilai kurang bervariasi, terutama es krim. Bagi penggemar es krim jangan kecewa apabila hanya menemukan satu merk es krim di Indomaret, karena Indomaret cenderung hanya menjual satu merk es krim saja.

  • Promosi Lambat

Promosi mengenai harga dan diskon yang dilakukan oleh Indomaret kepada masyarakat cenderung lebih lambat.

Kelebihan IndomaretKekurangan Indomaret
- Harga Produk Murah- Tidak Memiliki CCTV
- Pelayanan Ramah- Variasi Produk Kurang
- Tersedia Fasilitas ATM- Promosi Lambat

Pilih Mana : Alfamart atau Indomaret

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan antara Alfamart dan Indomaret. Untuk lebih memudahkan Anda, kami telah merangkum perbedaan antar keduana di tabel berikut ini :

AlfamartIndomaret
- Harga produk lebih mahal- Harga produk lebih murah
- Tersedia fasilitas ‘nongkrong’ dan memiliki CCTV- Pelayanan ramah
- Program member card- Tersedia fasilitas ATM

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Alfamart dan Indomaret, dapat disimpulkan bahwa kedua minimarket ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi dalam hal utama berbelanja yang paling penting yaitu harga, Indomaret memiliki keunggulan yaitu harga produk yang lebih murah dibandingkan Alfamart, sehingga kami lebih merekomendasikan untuk berbelanja di Indomaret.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Alfamart vs Indomaret

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *