Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Alpukat Mentega atau Alpukat Biasa?

Sebagai negara yang mempunyai iklim tropis, kekayaan alam di Indonesia sangatlah berlimpah. Baik dari rempah, sayuran, sampai buah-buahan. Salah satu buah-buahan yang menjadi favorit, yaitu buah alpukat. Buah ini cukup terkenal karena sering dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman sampai produk kecantikan sekalipun.

Terdapat beberapa macam jenis alpukat yang ada. Diperkirakan terdapat ratusan jenis varietas alpukat yang ada di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 20-an jenis alpukat, tetapi secara umum masyarakat hanya mengenal dua jenis alpukat, yaitu alpukat biasa dan alpukat mentega. Apa saja sih perbedaan dari kedua jenis alpukat tersebut? Dan apakah kandungan dan manfaatnya sama? Yuk kita cari jawabannya pada artikel di bawah ini!

Sejarah Singkat Alpukat

Alpukat merupakan buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tinggi pohonnya bisa mencapai 20 meter dan panjang daunnya sekitar 12-25 cm. Buah ini berciri khas mempunyai kulityang lembut dan berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan. Tekstur daging alpukat lembut berwarna hijau muda.

Buah alpukat ini dikenal dapat menyebabkan gemuk karena banyak mengandung energi sekitar 85 kkal, 0,9 g protein, 6,5 g lemak, dan 7,7 g karbohidrat per buahnya. Tidak hanya itu buah ini juga kaya akan asam folat dan kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan lemak darah.

Penelitian terbaru yang dilakukan lembaga medis terkemuka mengungkapkan bahwa alpukat juga mengandung Fitonutrien yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Buah bertekstur empuk ini ternyata memiliki tiga jenis varietas, dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Baca juga Pilih Mana: Salad Sayur atau Salad Buah?

Alpukat sudah masuk sebagai salah satu tanaman yang dibudidayakan. Selain di Indonesia, alpukat juga dikembangkan di negara-negara beriklim tropis dan mediterania di seluruh dunia.

Perbedaan Alpukat Mentega dan Alpukat Biasa

Daging Buah Lebih Tebal
Jika dibandingkan dengan alpukat biasa, daging buah alpukat mentega memiliki ketebalan yang lebih tinggi. Warna dagingnya juga kuning seperti mentega, sehingga sangat menggugah selera orang yang melihatnya. Selain itu, daging buah alpukat mentega juga tidak mengandung serat.

Lebih Mudah Dipanen
Alpukat mentega merupakan jenis tanaman alpukat yang tidak mengenal musim. Pohon alpukat mentega dapat berbuah sepanjang tahun. Bahkan, kamu dapat memanennya antara dua hingga tiga kali dalam kurun waktu satu tahun. Dengan kondisi yang demikian, menanam dan membudidayakan tanaman alpukat mentega bisa sangat menguntungkan.

Tidak Rentan Hama
Jika kamu sering menemukan banyak hama (seperti ulat pemakan daun dan buah) pada pohon alpukat biasa, maka dipastikan kamu bakal jarang melihat hama tersebut di pohon alpukat mentega. Hal itu dikarenakan tanaman ini mengandung enzim antiprotease yang membuat ulat susah berkembangbiak. Maka dari itu, saat bunga mulai bermunculan di pohon alpukat mentega hingga berubah menjadi buah, mereka bisa terhindar dari serangan hama yang mampu merusaknya.

Jarang Busuk
Yang menjadikan kelebihan selanjutnya adalah dagingnya yang tebal. Selain itu, alpukat mentega juga tidak mudah busuk karena tekstur dagingnya yang solid, sehingga tidak berair. Untuk menghindari membeli buah alpukat yang busuk kalian dapat membeli di gerai buah terpercaya seperti di Hypermart. Karena biasanya sudah melewati pemilihan yang ketat.

Perbedaan Harga 
Karena rasa dan tekstur yang sangat berbeda, harga alpukat mentega lebih mahal dibandingkan dengan harga alpukat biasa. Alpukat mentega juga memiliki ukuran lebih besar dibandingkan alpukat biasa, sehingga membuat buah ini lebih berat.

Manfaat Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang tinggi. Buah ini juga sering dibuat untuk bahan makanan untuk penurun berat badan dan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Penelitian juga pernah dilakukan manfaat memakan buah alpukat terhadap resiko penyakit jantung. Orang yang memakan alpukat setiap hari memiliki resiko lebih rendah dari serangan jantung. Diperkirakan kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang terdapat dalam alpukat berperan penting menekan resiko penyakit jantung.

Manfaat Buah Alpukat Biasa

  • Kesehatan jantung
    Alpukat mengandung beta sitosterol yang bagus untuk jantung. Konsumsi beta sitosterol dan jenis sterol lainnya dikenal dapat menjaga level kolesterol dalam darah.
  • Kesehatan mata.
    Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jaringan mata. Zat-zat itu memiliki efek antioksidan dan menjaga mata dari kerusakan akibat sinar ultra violet. Alpukat juga terdapat, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bisa melarutkan zat seperti beta karoten yang bisa mencegah menurunan penglihatan pada usia dewasa sampai tua.
  • Keropos tulang
    Buah alpukat mengandung banyak vitamin K. Vitamin K melengkapi kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih banyak.
  • Pertumbuhan bayi
    Buah alpukat kaya dengan asam folat. Bila dikonsumsi oleh ibu hamil, asam folat berguna menekan resiko keguguran dan cacat pada bayi.
  • Anti depresi
    Asam folat yang terdapat dalam buah alpukat juga bermanfaat sebagai asupan nutrisi bagi otak. Zat ini mencegah penumpukan penumpukan homosistein. Kelebihan homosistein akan menganggu produksi serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang berperan dalam menentukan suasana hati dan insomnia..
  • Kesehatan pencernaan
    Tekstur buah alpukat yang creamy, kaya dengan serat. Kandungan serat membantu mencegah sembelit dan kanker usus.
Alpukat Biasa
Kandungan - Vitamin C - Vitamin B6 - Vitamin E - Vitamin K - Magnesium - Mineral - Potassium - Lemak jenuh (saturated fat) - lemak tak jenuh (unsaturated fat) - Trans fat

Manfaat Buah Alpukat Mentega

  • Alpukat mentega untuk diet 
    Alpukat mentega juga kaya akan serat,  Kandungan ini membuat Anda tidah mudah lapar. Walau begitu, ernergi yang di hasilkan dari mengkonsimsi alpukat mentega cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda saat beraktifitas sehari – hari. Itulah mengapa alpukat mentega cocok dijadikan menu diet sehat Anda.
  • Mencegah penuaan kulit
    Buah alpukat mentega kaya akan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban alami kulit serta merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah tanda penuaan seperti flek hitam dan keriput yang timbul pada kulit. Mengkonsumsi alpukat setiap hari atau menggunakannya sebagai masker bisa membantu mencegah timbulnya keriput pada wajah dan kulit secara efektif.
  • Menghaluskan dan menyuburkan rambut
    Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat juga dapat  menyuburkan dan menghaluskan rambut yang kasar. Daging buah alpukat mentega yang dihaluskan dan dipijat pada kulit kepala dapat menutrisi akar rambut dan menghaluskan ujung rambut yang kasar jika dioleskan secara teratur.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah alpukat mentega juga tidak boleh dianggap remeh karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap pengaruh radikal bebas dan juga efek buruk lingkungan serta stress yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Mengkonsumsi buah alpukat mentega setiap hari juga dapat memenuhi asupan mineral zinc yang diketahui merupakan faktor penting dalam sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah terserah penyakit.
  • Menghilangkan bau mulut
    Manfaat buah alpukat yang satu ini mungkin belum banyak dikenal oleh setiap orang. Kandungan antibakteri dalam alpukat memang diketahui dapat membunuh bakteri penyebab bau nafas dalam mulut secara efektif.  Apabila tubuh memiliki masalah dengan bau mulut, mengkonsumsi jus alpukat yang dicampur dengan lemon maupun  daun mint setiap hari dapat membantu mengatasi masalah bau mulut.
Alpukat Mentega
Kandungan - Mineral penting seperti kalsium - Zat besi - Magnesium - Kalium - Mangan - Fosfor dan seng - Vitamin C - Vitamin B6 - Vitamin B-12 - Vitamin A - Vitamin D - Vitamin K - Vitamin E - Vitamin Thiamin, riboflavin, dan niasin - Lemak jenuh (saturated fat) - Lemak tak jenuh (unsaturated fat) - Trans fat

Tips Memilih Alpukat Yang Bagus

  1. Perhatikan warna kulit alpukat
    Alpukat cenderung tidak cepat matang di pohon. Kalau anda punya pohon alpukat dan buahnya tidak dipanen, alpukat bisa bertahan sampai tujuh bulan di atas pohon. Saat akan dipasarkan, alpukat dipanen saat masih mentah dengan kulit mulus berwarna hijau cerah.
  2. Tekan daging buah
    Jika alpukat sudah matang, daging buahnya akan terasa empuk. Untuk mengetahuinya, genggam alpukat dan tekan perlahan. Kalau terasa agak lembek (empuk), bisa dipastikan alpukat sudah cukup matang.
  3. Goyangkan buah untuk dengar bunyi bijinya
    Genggam buah alpukat dan letakkan di dekat telinga anda. Goyangkan sedikit dan dengarkan jika ada bunyi dari dalam buah. Alpukat yang berbunyi artinya sudah matang, karena bijinya terlepas dari daging buah.
  4. Cek bagian batang alpukat
    Cek bagian bawah alpukat, yakni di bagian tumbuhnya batang. Kalau masih ada batangnya, bisa kalian cabut saja lalu lihat bagian dalamnya. Jika berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang dan siap dikonsumsi.

Pilih Mana: Alpukat Mentega atau Alpukat Biasa?

Alpukat Mentega Alpukat Biasa
Kelebihan- Dapat berbuah pada musim apapun - Alpukat mentega tidak di hinggapi oleh hama - Daging buah lebih tebal dan manis - Harga yang murah - Banyak mengandung serat - Bagus untuk kesehatan
Kekurangan- Tidak mengandung serat sebanyak alpukat yang biasa - Harga yang mahal- Masa panen yang lama - Daging buah lebih tipis

Kesimpulan

Dari artikel di atas sudah kita bahas mengenai kedua jenis alpukat biasa dan alpukat mentega, Bagi kalian penggemar buah alpukat tidak ada salahnya mencoba alpukat mentega karena rasa yang di tawarkan cukup berbeda dari alpukay biasanya. Selain rasa alpukat mentega ini pun dapat anda cobai di berbagai musim karena dapat berbuah kapanpun! Tetapi sayangnya, buah alpukat mentega ini lebih mahal di bandingkan alpukat biasa. Tak kalah dengan alpukat mentega, alpukat biasa juga masih mempunyai penggemar setianya karena alpukat ini memiliki serat yang banyak dan lagi harganya yang ramah di kantong.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Alpukat Mentega VS Alpukat Biasa

VS

Leave a Reply