AplikasiLayanan

Pilih Mana: Amazon atau eBay?

Perdagangan elektronik (e-commerce) berkembangan sangat pesat dari sebelumnya. Di bawah lingkup perusahaan-perusahaan e-commerce, baik Amazon maupun eBay menonjol sebagai pemain utama yang sudah bertahan lama di pasar. Baik eBay dan Amazon beroperasi sebagai situs belanja online, memberikan pengunjung fasilitas untuk menelusuri produk yang tersedia yang terdaftar untuk dijual atau dilelang melalui etalase online masing-masing perusahaan.

Sementara eBay dan Amazon masing-masing telah berevolusi selama beberapa tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan konsumen saat ini , ada perbedaan yang terlihat antara kedua perusahaan tersebut yang akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Amazon

Jeff Bezos selaku pendiri Amazon lebih memilih keluar dari pekerjaannya sebelumnya dan mendirikan Amazon pada tahun 1994. Garasi rumahnya pun berhasil ia sulap menjadi kantor dadakan, hingga akhirnya pada tahun 1995, Bezos berhasil membuat situs Amazon. Baca juga Pilih Mana: Amazon atau Walmart?

Saat Amazon mengudara, akhirnya Amazon dikenal sebagai situs penjual buku, dan namanya pun kian terdengar di Amerika Serikat.  Harga saham Amazon yang terus meroket berhasil menjadikan pemiliknya, Jeff Bezos menjadi orang paling kaya di dunia.

Setelah sukses dengan jualan bukunya, Bezos pun membuat gebrakan baru, di mana pada tahun 1999, ia mencoba memasukkan produk lain, seperti barang-barang elektronik, perangkat lunak, video game, dan masih banyak lagi. Mengapa di awal Bezos lebih memilih buku? Ini memang cukup unik, karena Bezos sebenarnya bisa memilih produk lain untuk dijual pertama kali di situs Amazon.

Biaya Penjual Amazon

Penjual Amazon pihak ketiga dapat menjual dengan akun profesional atau akun individual.

Akun profesional Amazon 

  • Menjual lebih dari 40 item per bulan
  • $ 39,99 per bulan + biaya penjualan (bervariasi berdasarkan kategori)
  • Akses ke Iklan Produk Sponsor Amazon

Akun Perorangan Amazon

  • Menjual kurang dari 40 item per bulan
  • $ 0,99 per penjualan + biaya penjualan (bervariasi berdasarkan kategori)
  • Tidak ada akses ke iklan produk sponsor Amazon

Kelebihan Amazon

  • Menghemat waktu berbisnis
    E-commerce mendukung permintaan pengadaan mudah berdasarkan criteria pencarian dengan menggunakan katalog. Hal ini memungkinkan amazon untuk menangani volume pemesanan dalam jumlah besar secara sekaligus melalui info pelanggan otomatis / perintah pencarian kedalam database online. E- bisnis juga mendukung banyak fungsi dari Electonic Data Interchange (EDI) yang mengubah proses bisnis konvensional menjadi operasi paperless yang mempercepat proses bisnis tanpa mengorbankan akurasi, kehandalan dan efesiensi.
  • Meningkatkan layanan pelanggan
    Melalui bisnis e-commerce ini, Amazon dapat dapat melayani pelanggan secara efesien dan secara bersamaan. Dengan sistus Amazon ini, pelanggan akan menemukan berbagai informasi seperti produk, cara pemesanan, dan transaksi pembayaran yang juga menjadi semakin lebih mudah, cepat dan nyaman karena pelanggan dapat melakukan nya dimana dan kapan saja.
  • Memfasilitasi kustomisasi produk dan jasa
    Amazon.com membantu industri – industri untuk mem branding sekaligus memasarkan produk dan jasa yang mereka jual.

Kekurangan Amazon

  • Ancaman hacker
    Mengintai para pelanggan saat melakukan transaksi pada Amazon para hacker ini menggunakan berbagai cara untuk dapat merusak sistem teknologi informasi , dan apa yang mereka lakukan terkadang tidak hanya sekedar untuk berbuat tindakan criminal semata tapi hanya ingin unjuk kemampuan dalam merusak sistem teknologi yang ada.
  • Masih kesulitan menemukan barang yang mereka cari
    Pada perkembangannya pembelanja sering mengalami kesulitan menemukan barang yang mereka cari, hal ini disebabkan belum ada cara yang mudah dan sederhana dalam transaksi penjualan dan transaksi pembayaran, disamping belum maksimalnya surfing e-commerce.
  • Unsur kepercayaan dan terjadi resistensi
    Unsur kepercayaan dan terjadi resistensi yang terjadi dalam transaksi e-commerce yang diakibatkan pelanggan tidak melihat secara fisik produk yang dipasarkan, apalagi ditambah transaksi yang dilakukan dengan tanpa kertas dan secara elektronik

eBay

eBay merupakan sebuah situs marketplace terbesar didunia yang menawarkan kemudahan dalam jual beli lintas negara dengan menggunakan sistem online. eBay yang didirikan tahun 1955 oleh Pierre Omidyar ini bisa memberikan penghasilan yang cukup lumayan.

Untuk bisa terjun dalam bisnis Ebay ini, anda mendaftar kedalam situs tersebut, namun sebelumnya ada harus mempunyai kartu kredit dan akun paypal.

Paypal yang merupakan jasa pembayaran berbasis email berfungsi sebagai media pembayaran. Sedangkan kartu kredit berfungsi untuk memverifikasi dan sumber balance dari paypal yang akan digunakan untuk metode pembayaran utama di ebay.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lazada atau Bukalapak?

Ebay membebaskan siapapun untuk terlibat dalam bisnis Ebay asalkan sudah terdaftar menjadi membernya. Dalam Ebay, ada beberapa jenis pembelian yang bisa dilakukan yaitu auction (lelang), make offer (penawaran) dan Buy It Now (langsung beli).

  • Auction merupakan sistem pembelian lelang dimana terdapat batas waktu pelelangan dan harga tertinggilah yang akan memperoleh item yang dipasarkan.
  • Make Offer adalah sistem dimana pembeli berhak melakukan penawaran atas harga yang disebutkan oleh penjual.
  • Sedangkan Buy It Now adalah sistem pembelian dengan harga yang telah ditetapkan oleh penjual, dan pembeli bisa langsung membeli.

Biaya Penjual eBay

  • Biaya penyisipan
    Ketika penjual mencantumkan item di eBay, mereka mungkin dikenakan biaya daftar (atau penyisipan). Jika berlaku, ini adalah satu biaya penyisipan per daftar, per kategori, terlepas dari jumlah item. Penjual akan menerima satu kredit biaya penyisipan untuk setiap daftar gaya lelang yang mereka bayar biaya penyisipan, jika barang yang terdaftar itu laku (pengecualian berlaku). Semua penjual mendapatkan daftar biaya-penyisipan gratis per bulan (Syarat dan ketentuan berlaku).
  • Biaya nilai akhir
    Jika barang dijual, penjual dikenakan biaya nilai akhir. Biaya nilai akhir dihitung berdasarkan jumlah total penjualan dan dibebankan per item. Jumlah total penjualan adalah harga akhir barang, biaya pengiriman, dan jumlah lain yang mungkin ditagih penjual. Pajak penjualan tidak termasuk. (Syarat dan ketentuan berlaku)
  • Biaya layanan tambahan
    Jika penjual menggunakan layanan tambahan, biaya terkait mungkin termasuk dalam faktur penjual Anda sebagai biaya.

Kelebihan eBay

  • Terdapat Best of eBay
    Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.
  • Resiko kecurangan yang kecil
    Resiko adanya kecurangan dan penipuan bisa diminimalisir lantaran adanya pusat keamanan, program sistem umpan balik, serta adanya perlindungan pembeli dari eBay dan juga PayPal.
  • Produk terbilang lengkap
    Jenis produk yang ditawarkan sangatlah lengkap. Bahkan tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, tapi produk-produk yang dijual kembali oleh pemiliknya juga banyak tersedia eBay.

Kekurangan eBay

  • Tampilan fiturnya masih sedikit usang
    jika dibandingkan dengan pesaing utamanya yaitu Amazon yang juga merupakan situs jual beli onlie yang cukup terkenal. Selain itu, tata layoutnya juga kurang terstruktur dengan baik.
  • Masih ada resiko penipuan
    Meskipun sistem keamanannya terbilang sangat bagus, tapi nyatanya ada beberapa kasus pembeli tertipu. Hal ini mungkin dikarenakan ada barang yang kosong atau tidak ada namun masih tetap ditawarkan, mungkin hal inilah yang membuat pembeli tertipu.
  • Pencarian judul film yang rumit
    Ketika melakukan pencarian judul film di eBay terbilang cukup membingungkan. Hal ini disebabkan pada situs tersebut tidak digolongkan film pada formatnya sehingga pada akhirnya terjadi kesemprawutan pada hasil pencarian.
Kriteria AmazoneBay
Pengunjung ke situs 2019197 juta113 juta
Akun pelanggan aktif di seluruh dunia 2019310 juta 175 juta
Pasar online paling populer menurut penjual online di AS 20191 Ke-2

Pilih Mana: Amazon atau eBay?

AmazoneBay
Kelebihan- Menghemat waktu berbisnis - Meningkatkan layanan pelanggan - Memfasilitasi kustomisasi produk dan jasa - Terdapat Best of eBay - Resiko kecurangan yang kecil - Produk terbilang lengkap
Kekurangan- Ancaman hacker - Masih kesulitan menemukan barang yang mereka cari - Unsur kepercayaan dan terjadi resistensi - Tampilan fiturnya masih sedikit usang - Masih ada resiko penipuan - Pencarian judul film yang rumit

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel di atas mengenai Amazon atau eBay, yaitu eBay membutuhkan penjual untuk mendaftarkan produk di situsnya untuk menghasilkan pendapatan, perusahaan itu jauh lebih berorientasi pada penjual daripada Amazon. eBay secara aktif mengundang penjual untuk berpartisipasi dalam pasar lelang, dan perusahaan menyediakan platform bagi penjual untuk menawarkan produk kepada pembeli di dalam toko eBay atau melalui bagian situs lelang. Amazon lebih berorientasi pada pembeli, secara aktif mengundang pembeli untuk mengunjungi situs dan menelusuri dan kemudian membeli inventarisnya sendiri. Sementara beberapa penjual pihak ketiga menggunakan Amazon untuk mendistribusikan produk, perusahaan lebih fokus untuk menarik pembeli ke situsnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Amazon VS eBay

VS

Leave a Reply