Pilih Mana: Amble Footwear atau Brodo?

Loading...

Saat ini, sudah banyak sekali brand lokal sepatu di Indonesia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Tapi bagi para pecinta sepatu, sudah pasti akan melirik sepatu karya buatan anak negeri. Bahkan dari segi kualitas maupun model, sepatu lokal tidak kalah dari sepatu produk luar negeri. Adapun brand sepatu yang akan kita bandingkan hari ini ialah Amble Footwear dan Brodo. Keduanya bersaing ketat dalam menarik minat masyarakat dalam melestarikan kreativitas buatan dalam negeri. Namun, bagus mana Amble atau Brodo?

Amble Footwear

Dikutip dari Media Indonesia yang mengatakan bahwa Amble Footwear merupakan brand sepatu lokal dengan kualitas dan selera internasional ini didirikan pada tahun 2009 di Antapani, Bandung, oleh Agit Bambang Suswanto. Dengan menggunakan bahan lokal premium, produk Amble Footwear tergolong kelas menengah dengan 70 persen handmade.

Pada mulanya, Agit lebih berfokus pada sepatu pria saja, namun seiring berjalannya waktu, ia mulai merambah ke sepatu wanita. Semakin merebaknya media sosial, Agit menjadikannya sebagai peluang untuk memasarkan Amble Footwear melalui platform Instagram. Bahkan beberapa selebgram juga turut membantu dalam memasarkan brand ini. Baca juga Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas?

Kelebihan Amble Footwear

1. Kuat dan Tahan Lama
Amble Footwear bisa dikatakan penggabungan dari konsep urban boot dan casual shoes. Penampilan akhir yang diproduksi ialah sepatu boot yang kuat dan tahan lama, tetapi tetap ringan untuk digunakan sehari-hari layaknya casual shoes biasa. Keunggulan utama Amble Footwear terletak pada segi kualitas karena telah menggunakan 100 % bahan kulit, desain maksimal, dan 70% proses handmade.

2. Campaign Agresif
Untuk lebih memperkenalkan brand, Amble Footwear menggandeng beberapa selebriti Tanah Air seperti Ayla Dimitri, HiVi, dan Pevita Pearce. Pemiliknya, Agit, sungguh-sungguh ingin membuat produk lokal dengan kualitas dan taste internasional, sehingga kampanye dan promo yang dilakukan telah memiliki sistem yang diadaptasi dari pasar luar negeri, contohnya membuat rancangan model sepatu untuk musim dingin atau gugur di Eropa.

Loading...

Kekurangan Amble Footwear

1. Masih Belum Banyak Dikenal Masyarakat
Kekurangan pertama dari Amble Footwear mungkin masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Meskipun brand didirikan di daerah yang sangat potensial bagi industri kerajinan sepatu, namun Amble masih memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produknya. Mungkin pihak Amble sendiri dapat membuat iklan di televise supaya lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

2. Lumayan Mahal
Dua varian produk Amble Footwear merupakan Amble yang diperuntukkan untuk konsumen lokal dengan dibanderol harga sekitar Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu, dan satunya lagi ditujukan untuk konsumen asing yang dipasarkan mulai dari Rp 1,2 juta. Harga yang lumayan mahal ini dikarenakan Amble memasok bahan baku dengan sangat selektif sehingga tidak sembarang bahan bisa dipakai.

Brodo

Brodo adalah perusahaan fashion pria berbasis ritel dan e-commerce yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Hingga tahun 2017, Brodo menawarkan beberapa produk, seperti sepatu, dompet, t-shirt, tas, dan berbagai aksesoris dengan sepatu kulit sebagai produk andalannya. Brodo didirikan pada tahun 2010 oleh dua mahasiswa teknik ITB yaitu Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia, dengan nama Brodo Footwear.

Kelebihan Brodo

1. Memiliki Toko Resmi
Pada tahun 2012, setelah mendapatkan dana dari investor, Christopher Angkasa, Brodo Footwear mengubah namanya menjadi Brodo Indonesia dan mendirikan sebuah situs website sendiri. Selain situs web, Brodo saat ini memiliki beberapa outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya dan Yogyakarta. Brodo sempat dianugerahi sebagai Perusahaan Paling Kreatif di Indonesia pada tahun 2015 oleh Majalah SWA dan terpilih sebagai sepatu resmi PSSI pada tahun 2017.

2. Kualitas Terjamin
Brodo ialah sepatu asli buatan Indonesia yang terbuat dari berbagai jenis kulit atau leather asli. Insole di dalamnya terasa sangat nyaman dan empuk, kemudian las sepatu terlihat elegan dan begitu pas di kaki. Bahkan ada signature tersendiri seperti motif batik parang di outsolenya. Secara keseluruhan, desain Brodo terlihat sederhana dan vintage sehingga tak mudah termakan zaman.

Kekurangan Brodo

1. Overprice
Sama seperti Amble Footwear, Brodo dikenal sebagai brand sepatu lokal yang overprice alias kemahalan. Untuk membeli sepatu ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar satu jutaan, sehingga banyak sekali barang tiruannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan tergiur oleh harga yang murah karena bisa jadi itu barang imitasi.

2. Tampilan Standar
Sebelum Brodo menggunakan lining material Fabric, pada awalnya lining dalam sepatu terbuat dari kulit imitasi sehingga mudah pecah-pecah alias robek untuk pemakaian yang berat. Laces atau tali sepatunya juga biasa-biasa saja dan konstruksi sepatu hanya cemented.

Pilih Mana: Amble Footwear atau Brodo?

AmbleBrodo
Awal Berdiri- Tahun 2009 di Antapani, Bandung, oleh Agit Bambang Suswanto- Tahun 2010 oleh dua mahasiswa teknik ITB yaitu Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia
Keunggulan utama- Kuat dan tahan lama, 100 % bahan kulit asli, dan 70% handmade- Bahan kulit asli, terdapat toko resmi, desain vintage
Kisaran harga- Rp 450 ribu hingga Rp 1,2 jutaan- Rp 500 ribu hingga Rp 1,2 jutaan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa Amble Footwear dan Brodo memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang memudahkan Anda memiliki sesuai selera dan badget. Keduanya brand lokal buatan anak negeri yang kini mulai merambah internasional dengan meningkatkan kualitas.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Amble Footwear vs Brodo

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *