Auto TechElektronikGadgetsKantorTechnology

Pilih Mana: AMD Ryzen 5 5600G atau Intel Core i5-11400F?

AMD atau Intel? Pertanyaan ini kerap muncul saat akan membeli sebuah komputer, baik itu desktop PC maupun laptop. Alasannya adalah karena produk dua perusahaan pengembang inilah yang paling mudah kita temukan di pasaran. Sebagaimana kita ketahui, prosesor merupakan terpenting dari sebuah komputer.

Sehingga, perlu beberapa pertimbangan dalam memilih sebuah prosesor. Pada artikel kali ini, kita akan coba melakukan perbandingan antara prosesor AMD Ryzen 5 5600G dan Intel Core i5-11400F baik dari segi performa, kelebihan dan kekurangan masing-masing.

AMD RYZEN 5 5600G

Bagi Anda yang hobinya bermain game, pasti kenal dengan prosesor AMD Ryzen. Yup! Ryzen adalah nama merek mikroprosesor x86-64 dan Advanced Micro Devices (AMD) adalah platform desktop mobile. AMD Ryzen banyak digunakan sebagai prosesor yang dipakai bagi banyak gamers. Baca juga Pilih Mana: Laptop Gaming Razer atau Laptop Gaming ROG?

Dirilis 5 Agustus 2021, prosesor terbaru AMD Ryzen 5 5600G bisa jadi combo ampuh antara CPU maupun iGPU yang dibawa. Performa prosesor yang powerful dan Radeon graphic yang hadir bisa jadi game eSPort killer, bahkan resolusi 1080p rata kanan masih mungkin dengan fps cukup nyaman.

Dengan Clockspeed yang tinggi dan jumlah corenya yang juga oke masih jadi bagian keluarga Ryzen 5000 series yang fenomenal.

Sebelum merakit PC, tentu saja Anda harus mempertimbangkan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Berbicara tentang spesifikasi, mari kita simak spesifikasi dan harga AMD Ryzen 5000 G-Series di bawah ini:

SPESIFIKASI:

  • Ryzen 5 5600G (6-Core 12-Thread)
  • Base clock: 3.9GHz
  • Max boost clock: Up to 4.4GHz
  • Total L2 Cache: 3MB
  • Total L3 Cache: 16MB
  • TDP: 65W
  • Graphics Frequency: 1900 MHz
  • Grapihics Core Count: 7
  • Graphics Model: Radeon Graphics

Kelebihan AMD RYZEN 5 5600G

1. Meningkatan performa gaming di fitur Graphics Model
Radeon Graphics. Fitur ini bakal ngasih kamu tampilan paling keren dan juga menyesuaikan dengan performa kartu grafis yang lebih baik di layar Ryzen 5 5600 G.

2. Memiliki Thermal Design Power (TDP) 65W atau pendingin bawaan prosesor
TDP ini berfungsi mendinginkan sistem secara otomatis saat komputer sedang berjalan.

3. System Memory Specification Up to 3200MHz
Sistem memori ini jadi salah satu sistem memori yang paling cepat dari tipe sebelumnya. Jika sedang loading game atau mendownload file maka tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

4. Harganya yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya Intel
Dari segi harga, prosesor AMD terbukti lebih murah dibandingkan Intel. Bahkan pada jenis prosesor yang memiliki spesifikasi sama, harga Intel tergolong lebih mahal.

Kekurangan AMD RYZEN 5 5600G

Adapun kekurangan dari prosesor ini yaitu terletak pada PCIe lanes yang belum mendukung PCIe Gen 4. Hal ini akan melimit bandwidth pada GPU dan SSD yang sudah menggunakan PCIe Gen 4.

Beli AMD Ryzen 5 5600G online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

INTEL CORE i5-11400F

Core dalam sebuah laptop merupakan komponen penting yang berada di dalam prosesor. Semakin banyak jumlah inti pada ‘otak’ komputer, maka kinerjanya akan semakin unggul, terutama saat melakukan kegiatan multitasking.

Lihat juga:  Pilih mana: Dispenser Sharp vs Dispenser Polytron?

Begitu pula dengan prosesor Intel Core i5 yang terdiri dari 2 prosesor Dual core. Namun, ada pula Core i5 yang terdiri dari prosesor Quad Core namun tidak dilengkapi dengan teknologi Hyper-Treading.

SPESIFIKASI:

  • Jumlah Inti: 4
  • Jumlah Untaian: 8
  • Frekuensi Turbo Maks: 3.40 GHz
  • Intel® Turbo Boost Technology 2.0 Frequency‡ 3.40 GHz
  • Frekuensi Dasar Prosesor: 1.60 GHz
  • Cache 6 MB Intel® Smart Cache
  • Kecepatan Bus 4 GT/s
  • TDP 15 W.

Kelebihan INTEL CORE i5-11400F

1. Support Hyper-Treading
2. Terdiri dari 2 processor Dual Core. Terdapat juga seri i5 yang berisi 2 processor Quad Core, namun tidak support Hyper-Treading
3. Turbo Boost maksimum overclocking otomatis antara 2.4 GHz sampai 3.33 GHz.
4. L3 Cache 4-8 MB
5. LGA Socket 1156
6. Intel HD Graphics
7. Maximal RAM 16 GB

Kekurangan INTEL CORE i5-11400F

Pada Intel Core i5 ada beberapa varian yang memiliki fitur Hyper-Threading. Dimana ini berguna bagi prosesor dalam memproses dua thread sekaligus Namun beberapa varian sama sekali tidak mempunyai fitur tersebut.

Beli Intel Core i5-11400F online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: AMD Ryzen 5 5600G atau Intel Core i5-11400F?

Keterangan AMD Ryzen 5Intel Core i5
Kelebihan - Meningkatan performa gaming di fitur Graphics Model - Memiliki Thermal Design Power (TDP) 65W atau pendingin bawaan prosesor - System Memory Specification Up to 3200MHz - Harganya yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya Intel- Support Hyper-Treading - Terdiri dari 2 processor Dual Core. Terdapat juga seri i5 yang berisi 2 processor Quad Core, namun tidak support Hyper-Treading - Turbo Boost maksimum overclocking otomatis antara 2.4 GHz sampai 3.33 GHz. - L3 Cache 4-8 MB - nLGA Socket 1156 - Intel HD Graphics - Maximal RAM 16 GB
Kekurangan - PCIe lanes yang belum mendukung PCIe Gen 4- Beberapa varian Intel Core i5 tidak memiliki fitur Hyper-Threading.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, memilih prosesor sangat tergantung pada preferensi Anda. Sebab, kedua prosesor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bagi Anda yang memutuskan membeli komputer dengan prosesor Intel maupun AMD, maka komputer Acer merupakan jawabannya. Sebab, selain memiliki banyak tipe komputer dengan prosesor Intel, Acer juga punya berbagai komputer terbaik dengan prosesor AMD terbaik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AMD Ryzen 5 5600G atau Intel Core i5-11400F

VS