ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Android atau Windows Phone?

Saat berencana membeli sebuah smartphone, yang menjadi salah satu faktor pertimbangan dalam memilihnya yakni sistem operasi (OS) apa yang diusung oleh smartphone tersebut.Terdapat beberapa OS terbaik saat ini sebut saja Android dari Google dan Windows Phone dari Microsoft. Tentu saja, keduanya merupakan perusahaan IT berkelas dan berpengalaman di dunianya. Namun antara Android vs Windows Phone bagus mana? Berikut rincian selengkapnya.

Android

Android menawarkan fitur Google yang terintegrasi, asisten pribadi cerdas yang dapat membantu pengguna bisnis tetap di jalurnya dan tidak pernah melewatkan panggilan ataupun pertemuan. Layanan ini berfungsi memantau aktivitas pengguna di dalam ekosistem Google dan mendorong pemberitahuan yang relevan dengan Anda saat terdeteksi. Dalam praktiknya, layanan ini dapat memberi tahu Anda tentang penundaan lalu lintas, cuaca, janji untuk datang dan masih banyak lagi. Baca juga Pilih Mana: iOS atau Android?

Kelebihan Android yang bisa Anda ketahui:

1. Memiliki berbagai aplikasi yang bisa didownload
Aplikasi apa saja dapat dengan mudah pengguna Android download melalui Google Play Store. Lebih dari 1 juta aplikasi yang tersedia dan sangat kompatibel dengan ponsel bersistem Android. Tidak seperti Windows Phone yang hanya memiliki sekitar 100.000 aplikasi saja untuk smartphone miliknya.

2. Menjadi OS andalan para vendor smartphone
Seperti yang diketahui, saat ini Android menjadi salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh para vendor smartphone ternama di dunia. Hampir seluruh vendor smartphone menggunakan OS andalan ini sebut saja Samsung, Oppo, Vivo, Lenovo, LG dan lain sebagainya.

Kekurangan Android yang bisa Anda ketahui:

1. Rentan terkena virus
Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, dengan adanya kemudahan dalam men-download semua aplikasi yang diinginkan maka penggunanya harus bersiap jika smartphone Android Anda terkena virus apalagi jika Anda men-download aplikasi di luar Google Play Store, seperti misalnya men-downloadnya melalui PC atau komputer.

2. Pemakaian RAM yang lumayan besar
Android memiliki kekurangan dalam pemakaian RAM yang sangat rakus (lumayan besar) sehingga jika smartphone yang dimiliki memiliki RAM yang kecil, maka penggunanya harus bersipa jika performa Android akan terasa berat saat digunakan.

Windows Phone

Windows Phone terintegrasi penuh dengan Microsoft Office yang menjadi satu-satunya platform seluler dengan Live Tiles yang akan secara real time menampilkan informasi relevan di layar kanan beranda seluler penggunanya, sekaligus memastikan penggunanya tidak pernah melewatkan pesan atau catatan rapat.

Kelebihan Windows Phone yang bisa Anda ketahui:

1. Keamanan canggih
Windows Phone termasuk memiliki keamanan yang canggih, bahkan semua aplikasi harus ditinjau dan disetujui terlebih dahulu oleh pihak Microsoft. Tidak seperti Android yang tidak perlu mempertimbangkan dedicated anti-virus dan software anti-malware.

2. Tidak boros RAM
Tidak boros dalam mengonsumsi RAM smartphone menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows Phone.

Kekurangan Windows Phone yang bisa Anda ketahui:

1. Hanya memiliki beberapa vendor
Windows Phone hadir hanya pada beberapa model smartphone saja. Nokia dan HTC menjadi vendor yang mengusung Windows Phone untuk smartphone buatannya.

2. Program yang sedikit
Dikutip dari KasKus.co.id, jumlah progam yang dimiliki oleh Windows Phone relatif lebih sedkit ketimbang Android. Sehingga penggunanya tidak memiliki kebebasan dalam menikmati berbagai program aplikasi lain layaknya yang ada pada Android.

Pilih Mana: Android atau Windows Phone?

AndroidWindows Phone
Keamanan– Open source– Close source
Jumlah Aplikasi– Jutaan aplikasi– Masih ribuan aplikasi
Vendor– Banyak vendor smartphone– Hanya Nokia dan HTC

Kesimpulan

Pada dasarnya, Windows Phone hanya unggul dalam hal keamanan saja. Sementara Android lebih unggul dalam kemampuan dan ragam fitur yang dimilikinya untuk melengkapi segala kebutuhan penggunanya. Semoga bermanfaat yaa Sobat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Android vs Windows Phone

VS

Leave a Reply