AplikasiApplicationElektronikLayananTechnology

Pilih Mana: Anteraja atau J&T Express?

Sebagai penjual maupun pembeli online, Anda pasti sudah tidak asing dengan proses kirim barang ke alamat tertentu. Di Indonesia ada bermacam-macam ekspedisi yang dapat digunakan. Setiap jasa ekspedisi pun menawarkan layanan dan keunggulan layanan masing-masing untuk menarik minat pelanggan.

Meskipun demikian, selalu ada yang menjadi pertimbangan sebelum menentukan ingin menggunakan ekspedisi yang mana. Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas 2 ekspedisi yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia yaitu, Anteraja dan J&T. Selain itu, kita akan membahas layanan yang mereka tawarkan pada pelanggannya. Untuk itu simak pembahasan ini sampai akhir!

Anteraja

Sebagaian besar masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan nama Anteraja. Jasa ekspedisi ini dikenal karena bekerja sama dengan beberapa situs ecommerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee. Tak heran jika Anteraja menjadi pilihan. Baca Juga Pilih Mana : JNE atau TIKI?

Anteraja memiliki pilihan layanan yang cukup lengkap untuk konsumen melakukan pengiriman barang. Selain itu, banyak respon positif dari sebagian besar pelanggannya, terutama karena keramahan kurir dan kecepatan waktu kirim sampai ke tujuan.

Beberapa layanan yang ada di Anteraja antara lain Anteraja Next Day, Anteraja Same Day, dan Anteraja Reguler. Sementara itu, Anteraja mengandalkan terknologi terkini yaitu menggunakan aplikasi dan website untuk aktivitas pengirimannya seperti pengecekan resi dan lain sebagainya.

Kelebihan Anteraja

1. Tarif Lebih Murah
Kelebihan utama dari Anteraja adalah tarifnya murah, dimana untuk pengiriman keseluruh Indonesia harganya lebih rendah dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Untuk dapat mengirimkan barang Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp.5000 saja.

2. Gratis Ongkir AnterAja
Karena sudah bekerjasama dengan beberapa marketplace maka akan ada gratis ongkir sehingga akan menghemat pengeluaran. Biasanya gratis ongkir menggunakan voucher promo Anteraja dimana bisa ditambahkan secara online.

3. Cek Resi Lebih Mudah
Kami review untuk soal cek resi memang sangat mudah karena tampilan website simple, disamping itu anda juga dapat menggunakan aplikasi Anteraja untuk tracking. Loading untuk menampilkan posisi barang juga cepat serta akurat.

4. Kecepatan Pengiriman
Dari segi kecepatan pengantaran, Anteraja memang sangat dapat diandalkan, maksimal waktu 3 hari paket akan sampai ketujuan dengan selamat. Selain itu, kurir juga akan menghubungi jika paket sudah dekat dengan lokasi sehingga penerima dapat besiap.

5. Bisa Request Pick Up
Kelebihan lain yang bisa didapat adalah request pickup yang disediakan oleh pihak Anteraja. Sehingga Anda tidak perlu datang ke outlet untuk mengantarkan barang. Cukup jadwalkan penjemputan kemudian kurir akan mengambil barang kemudian akan diantarkan sampai tujuan.

Kekurangan Anteraja

1. Barang Ditarik Kembali
Masalah ini pernah dihadapi beberapa orng, dimana barang yang belum sampai ditarik kembali oleh pihak Anteraja padahal telah melakukan cek resi. Setelah mengubungi Customer Service Anteraja ternyata barang ditarik kembali dengan alasan kurir tidak menemukan lokasi tujuan.

2. Zona Pengiriman Tidak Tersedia di Beberapa Daerah
Kekurangan selanjutnya terjadi pada kantor pengiriman barang yang tidak tersedia pada zona tertentu yang mengharuskan kita untuk mencari kantor ekspedisi pada lokasi-lokasi tertentu.

Lihat juga:  Pilih Mana: YouTube atau YouTube Go?

J&T Express

J&T merupakan jasa ekspedisi pengiriman barang antar kota, dalam kota dan juga antar provinsi. J&T menawarkan kemudahan dalam penjemputan barang, fasilitas drop point, tracking paket serta pengantaran sampai ke alamat tujuan secara akurat.

Sistem kerja J&T yaitu sentralisasi bernama drop point dimana dapat menghubungkan pengirim ke penerima dengan cara mengirimkan lewat kurir. Sistem 1 counter 1 kurir juga sudah diterapkan J&T sehingga waktu pengiriman akan lebih cepat.

Selain itu, tarif kirim paket menggunakan J&T tergolong lebih murah jika dibandingkan. Meskipun hanya ada satu layanan kiriman namun J&T tetap memiliki komitmen untuk memberi rasa aman bagi para pelanggannya.

Kelebihan J&T Express

1. Jangkauan seluruh Indonesia
Berbicara mengenai jangkauan, J&T sendiri memiliki cakupan jangkauan ke seluruh Indonesia. Ini membuktikan keseriusan ekspedisi ini melayani pelanggan hingga ke pelosok negeri.

2. Biaya Kirim Murah
Ongkos kirim biasanya menjadi kendala bagi pelanggan. Bahkan terkadang, ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang dikirimkan. Maka dari itu J&T memberlakukan biaya ongkos kirim lebih murah demi meringankan beban terhadap pelanggan.

3. Beroperasi 365 hari tanpa libur
Demi memaksimalkan kepuasan pelanggan, J&T Express memberlakukan operasi 365 hari tanpa libur, meskipun hari besar sekalipun sehingga memudahkan masyarakat dalam mengirimkan paket.

4. Klaim Asuransi Cepat
Hal yang berkesan dari J&T ialah proses klaim asuransinya yang cepat. Hal ini begitu penting karena jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket akan langsung ditangani dalam waktu maksimal 3 hari, berbeda jauh dengan beberapa jasa pengiriman lain dimana bisa sampai berminggu minggu dan menyulitkan.

5. Sistem Pelacakan Real Time
Bagi Anda yang ingin mengecek posisi paket Anda berada dimana, maka Anda dapat mengecek paket melalui website yang disediakan oleh J&T. Caranya pun cukup sederhana, hanya dengan membuka website J&T dan memasukan nomor resi, Anda akan dapat melihat posisi paket sedang berada dimana.

Kekurangan J&T Express

1. Jadwal Pengiriman Kerap Berubah
Hal yang menjadi kekurangan dari J&T terletak pada jadwal pengiriman. Dimana terkadang jadwal pengiriman kerap berubah sehingga membuat barang lama sampai ketujuan.

Pilih Mana: Anteraja atau J&T Express?

Keterangan AnterajaJ&T Express
Kelebihan - Tarif Lebih Murah - Gratis Ongkir AnterAja - Cek Resi Lebih Mudah - Kecepatan Pengiriman - Bisa Request Pick Up- Jangkauan seluruh Indonesia - Biaya Kirim Murah - Beroperasi 365 hari tanpa libur - Klaim Asuransi Cepat - Sistem Pelacakan Real Time
Kekurangan - Barang Ditarik Kembali - Zona Pengiriman Tidak Tersedia di Beberapa Daerah- Jadwal Pengiriman Kerap Berubah

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Anteraja dan J&T yang  sering digunakan untuk pengiriman produk online shop ke konsumen serta kebutuhan lainnya. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh kedua ekspedisi ini cukup menarik perhatian. Sekarang, jawaban ada pada Anda mau menggunakan yang mana. Selamat menentukan pilihan.