Aplikasi

Pilih Mana: AoV atau Mobile Legends?

Di Selera kali ini kita akan membahas topik seputar game. Seperti yang diketahui, game yang paling hot dikalangan para gamers saat ini ialah game yang bergenre MOBA seperti Mobile Legends. Ya, game ini menjadi salah satu game paling populer di Android hingga beberapa waktu, namun kepopulerannya terusik karena kemunculan AoV atau Arena of Valor yang mengusung genre sama dengan Mobile Legends. Lantas yang manakah yang paling baik dari keduanya? Mari simak pembahasan di bawah ini.

AoV (Arena of Valor)

Apa itu Arena of Valor? Arena of Valor adalah game genre MOBA yang dikembangkan oleh tencent, dirilis oleh Garena, yang memiliki Game LoL dan Point Blank. Dulunya game ini dinamakan Mobile Arena. Perubahan ini merupakan bagian dari perubahan nama global dan Indonesia merupakan negara pertama yang menerapkannya.

Pada bulan Juli 2017, dilaporkan bahwa game AoV memiliki lebih dari 80 juta pemain aktif setiap hari dan 200 juta pemain aktif bulanan. Ini adalah game paling menguntungkan di dunia (paling menonjol) dan aplikasi unduhan gratis yang paling populer saat ini. Baca juga Pilih Mana: Lancelot atau Martis?

Kelebihan AoV

Apa saja kelebihan dari AoV dibanding Mobile Legends?

1. Ringan saat dimainkan
Hal penting yang gamer tidak bisa lupakan dengan Android yang memiliki spesifikasi rendah, dan ingin bermain game HD terbaru dengan baik. Game AoV sangat ringan untuk dimainkan. Dengan Ping stabil di kisaran 70-80 angka, dan hanya 1 GB RAM, Anda bisa mendapatkan maksimal 30 FPS di game ini.

2. Lebih banyak Kompetisi dan Turnamen
Tahun lalu, dikabarkan jika game Arena of Valor mengajak para tetua game Legends dan MOBA untuk acara Gamescom Arena of Valor 2017. Didampingi oleh ESL, ada 11 orang yang merekam legenda game MOBA yang hadir dengan Gamescom AoV tersebut. Mereka akan saling bertarung untuk menghibur para pengunjung. Ini menunjukkan bahwa game AoV ini akan berkembang dan semakin maju dalam hal Turnamen, baik lokal maupun internasional.

3. Grafik Lebih Cantik
Berbicara tentang grafis, AoV memiliki grafis yang sangat bagus dan sangat menyenangkan. Ini akan membuat para pemain bertahan bermain game, karena semua data kuota dan storagenya dipuaskan dengan grafis yang sangat cantik indah.

4. Insentif Terhadap Promosi
Game AoV sangat sering mengadakan promosi, mulai dari media digital, media televisi, hingga media cetak. Sampai spanduk di kota besar juga menggunakan promosi game AoV ini yang berarti perusahaan memang memiliki fokus spesial pada AoV.

Kekurangan AoV

Namun sama seperti dengan game lainnya, AoV memiliki beberapa kekurangan antara lain:

1. Ukuran Memori Besar
Mungkin untuk gamer yang memikirkan kuota dan penyimpanan yang lebih efisien, pasti akan memikirkan dua kali untuk mengunduh AoV. Ukuran yang tertera pada saat kita download di Google Play Store adalah sekitar 300 MB. Dan setelah terpasang, akan melejit jadi 700 sampai 900 MB. Bahkan jika sudah lama dimainkan, memori akan dimakan lebih dari 1 GB!

2. Opsi Pahlawan Sedikit
Berbeda dengan Mobile Legends yang memiliki banyak hero, AoV hanya memiliki stok hero yang masih minim. Namun jika server di luar negeri, misal di server Taiwan atau yang lainnya mungkin sudah lebih banyak dari Indonesia.

Mobile Legends

Siapa yang tidak kenal Mobile Legends? Tentunya hampir semua gamer Android mengenal dan memainkannya. Game genre MOBA ini tiba-tiba terkenal dan banyak diunduh oleh gamer-gamer di Tanah Air maupun luar negeri. Game besutan Moonton ini sudah menggeser popularitas game CoC atau CR di bagian atas game playstore.

Mobile Legends adalah arena pertarungan online multiplayer game (MOBA) yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan akan berjuang demi mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basis.

Lihat juga:  Pilih Mana: Midtrans atau Go-pay?

Di setiap tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai “pahlawan”, dari perangkat mereka sendiri. Karakter yang terkontrol oleh komputer yang lebih lemah, disebut juga “minions”, berada di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.

Kelebihan Mobile Legends

Pertama-tama, kita akan membahas tentang kelebihan dari game Mobile Legends ini.

1. Ukuran yang lebih kecil
Ya, ukuran Mobile Legends ini sendiri sekitar 100 MB saja. Jadi tidak memerlukan ruang penyimpanan yang terlalu banyak untuk para gamer yang memiliki ponsel dengan minim spesifikasi penyimpanan. Karena itu, gamer yang tidak bisa bermain AoV di perangkat mereka, akan beralih ke Mobile Legends yang lebih ringan.

2. Variasi Hero dan Skin Lebih Banyak
Alih-alih AoV yang stok hero-nya belum banyak, hero di Mobile Legends ini sudah lebih bervariasi sehingga Anda bisa memilih sesuka hati. Selain itu, role atau peran di Mobile Legends juga lebih banyak bila dibandingkan dengan AoV.

3. Spesifikasi yang Diperlukan Lebih Kecil
Dilihat dari poin nomor satu, spesifikasi Mobile Legends yang dibutuhkan lebih kecil dari AoV, pastinya gamer-gamer dengan ponsel low-spek yang tidak bisa mendownload AoV, akan mendownload game ini.

Kekurangan Mobile Legends

Sama seperti AoV, Mobile Legends juga menyimpan beberapa kekurangan seperti:

1. Tuntutan Copyright by Riot Games, Dev. LoL
Riot Games (dev. LOL) secara resmi mengajukan tuntutan hukum terhadap Moontoon karena diklaim telah menggunakan banyak gameplay dan interface dari LoL. Pihaknya telah menghubungi Moonton mengenai masalah ini untuk waktu yang lama, namun tidak dianggap serius oleh Moontoon. Ia juga sempat melaporkan game Mobile Legends: 5 vs 5 ke Play Store, dan akhirnya game tersebut ditarik dari peredaran. Namun, Moontoon tetap bersikeras untuk merilis game dengan nama yang hampir mirip: Mobile Legends: Bang Bang. Namun, tidak perlu khawatir gamer Mobile Legends karena versi ini tidak akan dihapus.

2. Grafik yang tidak memuaskan dibandingkan AoV
Grafik yang ditampilkan dalam Mobile Legends tidak begitu rinci dan HD, berbeda dengan AoV, dengan grafis Bagus, akan membuat gamer merasa nyaman di depan layar Android mereka dalam jangka waktu lama.

3. Sedikit Turnamen
Meski banyak pengguna, game ini jarang mengadakan turnamen dan hadiah besar. Berbeda dengan AoV yang kini digandeng ESL untuk mengikuti turnamen.

Kesimpulan

Sebagai game yang cukup baru, AoV masih memiliki banyak waktu untuk mengembangkan layanannya. Jika melihat aplikasi mobile gaming di tahun 2016 yang dikendalikan oleh Pokemon Go, maka tahun 2017 adalah tahun game MOBA yang dipimpin Mobile Legends dan dimeriahkan oleh AOV.

Sejauh ini, menurut kami, Mobile Legends masih menjadi pilihan terbaik bagi penggemar game MOBA di perangkat mobile. Tapi, bisa jadi persaingan di masa depan akan semakin ramai dengan update di AoV atau ada game baru lainnya yang terlihat berbeda.

AoVMobile Legends
- Sangat cocok dimainkan oleh pengguna smartphone dengan spesifikasi tinggi- Cocok bagi pengguna ponsel low-specs
- Tokoh hero dalam permainan sedikit- Variasi hero dan skin lebih banyak
- Proses yang ringan dalam bermain- Ukuran file apk yang lebih kecil
- Kualitas grafis sangat mempuni- Kualitas grafis lebih di bawah standart AoV

Namun lagi-lagi tergantung dengan selera Anda sendiri. jika Anda sudah nyaman dengan AoV, pastinya akan memilih AoV, dan jika Anda merasa nyaman dengan Mobile Legends, maka akan nyaman dengan Mobile Legends. Namun, jika Anda menginginkan grafis yang lebih cantik dan indah, tidak ada salahnya mencoba AoV ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AoV vs Mobile Legends

VS

Leave a Reply