Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Apel atau Pir?

Buah-buahan tentunya mengandung beberapa vitamin yang tentunya berguna untuk kesehatan kita sehari-hari contohnya seperti Apel dan Pir. Tidak hanya itu, apel dan pir mempunyai rasa yang enak dan tentunya segar saat memakannya apalagi dalam keadaan dingin. Kali ini saya akan membahas mengenai Apel dan Pir. Disini aja ya..

Apel

Apel sendiri pertama kali ditanam di Asia Tengah dan kini makin berkembang pesat di semua negara termasuk di Indonesia. Baca juga Pilih mana: Susu atau Yogurt

Apel yang siap buat dimakan umumnya berwarna merah, namun ada juga apel yang berwarna kuning dan hijau bisa juga dimakan. Apel juga memiliki beberapa biji didalamnya dan mempunyai kandungan air yang membuat apel semakin segar buat dimakan.

Untuk memakan apel bagusnya dengan mencucinya terlebih dahulu karena seperti yang kita tahu para penanam apel kerap menyemproti apel dengan cairan pengawet agar apel tumbuh kembang lebih baik.

Mengkonsumsi apel juga alangkah baiknya dengan mengupas terlebih dahulu kulitnya, namun tidak jarang juga orang kerap memakan apel langsung dengan kulitnya juga.

Kandungan yang terdapat di buah apel adalah vitamin C yang bagus untuk kekebalan tubuh dan vitamin B yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu, apel juga mengandung serat sehingga bisa membuat tubuh kamu menjadi kenyang.

Apel sangat digemari dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa juga. Untuk mengikuti hidup sehat orang-orang kerap memakan buah apel sebagai penutup dari makanan berat mereka khususnya untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Disamping itu alangkah baiknya membiasakan anak-anak sedari dini untuk mengkonsumsi apel, ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan mereka di masa yang akan mendatang.

Kamu bisa temukan apel di toko buah, mall, supermarket, lotte mart dan toko-toko yang menyediakan apel lainnya.

Jenis-jenis Apel:

Manalagi
Apel ini adalah apel yang berasal dari Malang, rasanya manis sehingga banyak orang yang menyukai apel jenis ini. Kulit dari apel ini berwarna hijau kekuningan yang sudah siap untuk dimakan dan aroma dari apel ini sangat kuat. Apel ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh dari Malang.

Ceri
Apel ceri umumnya sama seperti apel manalagi namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Warnanya hijau kekuningan sama seperti apel manalagi.

Rome Beauty
Apel ini juga berasal dari Malang, memiliki kulit berwarna hijau dengan sedikit kemerahan dan rasanya yang manis kerap dijadikan sebagai sari apel. Sari apel sendiri biasa dijadikan oleh-oleh dari Malang.

Anna
Berbeda dengan apel kebanyakan, apel ini berbentuk bulat dan memanjang. Warna dari apel ini juga hampir mirip dengan warna mangga yakni kuning sedikit kemerahan. Kandungan air dari apel ini sangat tinggi yang tentunya akan sangat segar jika memakannya langsung. Keunikan dari apel ini adalah akan terasa manis jika kita biarkan selama 3-4 hari, dan sebaliknya jika kita petik dan makan apel anna ini langsung maka rasanya akan asam.

Fuji
Sesuai dengan namanya, apel ini diberi nama sesuai dengan gunung yang berada di Jepang yakni Fuji. Apel fuji ini sendiri memiliki kulit yang berwarna merah muda dan rasa dari apel ini segar dan lezat. Apel ini juga kerap dijadikan jus oleh beberapa pedagang karena rasanya yang segar.

Washington
Apel ini berasal dari Amerika Serikat, memiliki ukuran yang lebih kecil daripada apel Fuji. Warna dari apel ini merah pekat dan teksturnya lebih lunak dengan rasa yang manis-manis asam.

Royal Gala
Apel ini berasal dari Selandia Baru. Memiliki warna yang kuning dipadupadankan dengan garis-garis halus berwarna merah muda. Tekstur dari apel ini cenderung lebih padat dan keras, rasanya juga manis dengan aroma yang tajam.

Pir

Pir adalah buah dengan bentuk yang menyerupai apel namun memiliki ukuran yang lebih besar, pir sendiri memiliki warna putih pucat dengan bintik-bintik kecil di seluruh permukaan.

Tekstur dari pir juga berair dan memiliki beberapa biji didalamnya. Rasa dari pir sendiri juga sangat khas, namun jika dibandingkan dengan apel, pir tidak terlalu manis. Buah ini cocok banget buat kamu yang doyan makan buah yang tidak terlalu manis.

Kandungan dari buah pir sendiri adalah vitamin C yang bagus untuk kekebalan tubuh dan juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata. Kandungan pir lainnya juga sangat baik dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang mempunyai efek yang negatif.

Pir juga memiliki beberapa penikmat dimulai dari anak-anak, remaja dan dewasa pun banyak yang suka dengan buah berair ini.

Sama seperti apel, pir juga cocok banget buat kamu yang sedang mengikuti pola hidup sehat atau yang sedang menjalani diet karena pir mengandung serat yang membuat kamu menjadi kenyang.

Pir juga bagus untuk mencegah penyakit kanker, dengan serat serta kandungan yang sangat bernutrisi pir mampu untuk mencegah penyakit kanker usus yang bisa berdampak kematian bagi seseorang.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari buah pir adalah baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folat yang terkandung didalam buah pir sangat bagus untuk para ibu hamil khususnya untuk menunjang keselamatan sang bayi saat sedang lahiran nanti.

Kamu juga bisa temukan pir di toko buah, mall, supermarket, lotte mart dan toko-toko yang menyediakan pir lainnya.

Jenis-jenis Pir:

Forelle
Pir ini memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk oval. Sama seperti pir lainnya, forelle juga memiliki bintik-bintik hitam di seluruh permukaannya. Pir ini mempunyai tekstur yang lembut dan manis. Forelle sendiri banyak ditemukan di negara Eropa.

Bosc
Pir ini mempunyai bentuk yang besar, tegap dan agak sedikit ramping namun memanjang. Warna dari pir ni adalah coklat kekuningan atau kerap ditemukan dalam warna kehijauan. Rasa pir ini manis dan renyah.

Asian
Pir ini memiliki bentuk kurang lebih seperti apel , tekstur nya sedikit berpasir dan juga tidak begitu lembut seperti pir pada umumnya. Keunikan dari pir ini adalah tidak akan mengalami perubahan warna dikala dipetik dan disimpan.

Comice
Pir ini pada umumnya memiliki warna merah dan berwarna hijau. Kekurangan dari pir ini adalah mudah rusak, namun meski begitu pir ini bertekstur lembut, juicy dan juga sangat manis.

Concorde
Pir ini sekilas seperti buah jambu dengan warna hijau sedikit kemerahan, bentuknya ujungnya kecil dan besar dibawahnya. Rasa dari pir ini sangat manis dan dagingnya juga sangat lembut.

Seckel
Pir ini memiliki ukuran yang kecil dan gemuk, rasanya juga manis. Warna dari pir ini kurang lebih sama seperti jenis concorde yakni hijau sedikit kemerahan.

Pilih mana: Apel atau Pir

ApelPir
Kelebihan - Bantu turunkan berat badan - Kaya akan nutrisi - Menjaga kesehatan jantung - Memperkuat sistem imun - Mengurangi risiko terkena kanker - Melancarkan pencernaan
Kekurangan- Reaksi alergi - Kerusakan kulit - Diare - Konstipasi

Kesimpulan

Apel dan Pir adalah buah dengan banyak manfaat di dalamnya. Biasakan memakan buah sedari dini agar pencernaan selalu tetap terjaga dan tentunya beberapa efek positif lainnya. Jika kamu malas memakan buah apel dan pir secara langsung kamu juga bisa membuat jus apel dan jus pir tanpa mengurangi beberapa kandungan positif didalamnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Apel vs Pir

VS

Leave a Reply