ElektronikMusikTechnology

Pilih Mana: Apple Airpods vs Galaxy Buds

Mendengarkan musik tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi semua orang. Untuk kamu yang senang mendengarkan musik terutama saat kondisi sekitar sedang bising, headset atau headphone tentu menjadi barang wajib yang kamu gunakan.

Di era yang semakin canggih, headset yang tadinya memiliki kabel ini sudah banyak mengalami perubahan yaitu menjadi headset wireless. Ada beberapa pilihan yang dapat dibeli jika kamu ingin menggunakan headset tanpa kabel. Apple Airpods dan Galaxy Buds merupakan dua headset wireless yang saat ini sedang terkenal. Yuk simak ulasan tentang dua wireless headset ini!

Pilih Mana Apple Airpods vs Galaxy Buds

Apple Airpods

Apple merupakan merk yang sudah sangat terkenal. Brand dengan logo khas apel tergigit ini banyak memproduksi produk seperti iPhone, iPod, iPad dan Macbook. Seluruh produk produksi Apple dinilai sebagai produk yang memiliki kualitas tinggi mengingat Apple juga memasang harga menengah ke atas untuk hampir setiap produk yang dibuatnya. Baca Juga: 10 Headset Bluetooth Terbaik 2019

Selain produk yang sudah disebutkan di atas, Apple juga mengeluarkan airpods yang merupakan headset wireless yang dapat menggantikan jack audio 3.5mm yang ada. Sejak mengeluarkan iPhone jenis terbaru, Apple justru tidak memberikan headset di dalam kotaknya. Maka mau tidak mau pengguna membeli secara terpisah dan mungkin pilihan pengguna iPhone jatuh pada airpods yang satu ini.

Kelebihan Apple Airpods

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Apple Airpods:

  • Kualitas audio yang baik
    Apple airpods ini dinilai memiliki kemampuan mengeluarkan audio yang sangat baik, nyaman di telinga kamu yang menggunakannya. Produk yang satu ini tidak mengeluarkan suara yang terlalu ngebass dibandingkan dengan produk Galaxy Buds.
  • Battery case memiliki cengkeraman magnet yang lebih kuat
    Case yang digunakan untuk mengisi daya Airpods memiliki magnet di dalamnya sehingga airpods yang dimasukkan akan lebih aman karena dicengkram dengan kuat oleh magnet yang terdapat di bawah case tersebut.
  • Bisa disambungkan dengan perangkat selain Apple
    Berbeda dengan produk Apple yang kebanyakan tidak bisa disambungkan dengan perangkat android atau perangkat lain selain perangkat Apple itu sendiri, Airpods ini memiliki kemampuan untuk digunakan di perangkat selain Apple meskipun dengan cara penyambungan yang sedikit lebih rumit dibanding saat akan disambungkan dengan perangkat Apple.

Pilih Mana Apple Airpods vs Galaxy Buds

Kekurangan Apple Airpods

Selain memiliki kelebihan, Apple Airpods ini tentu juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah:

  • Daya tahan baterai yang sebentar
    Perangkat wireless yang satu ini hanya dapat kamu gunakan 5 jam untuk mendengar musik atau 3 jam untuk melakukan telepon. Waktu penggunaan airpods ini jauh lebih sebentar jika dibandingkan dengan waktu penggunaan Galaxy Buds.
  • Tidak dilengkapi fitur tahan keringat
    Hal yang satu ini merupakan perbedaan yang cukup signifikan dari Airpods milik Apple dan Galaxy Buds milik Samsung. Untuk kamu yang menggunakan airpods saat sedang berolahraga maka kamu harus hati-hati karena airpods tidak memiliki fitur tahan air.
  • Hanya tersedia dalam satu pilihan warna
    Seperti yang sudah diketahui bahwa baik headset biasa yang ada sejak peluncuran pertama produk Apple, headset wireless yang satu ini juga hanya memiliki satu varian warna yang dapat kamu pilih yaitu warna putih–persis seperti headset iPhone, yang membedakan tentu saja Airpods ini tidak memiliki kabel.
Apple AirpodsGalaxy Buds
Color WhiteBlack, White, Yellow
USB -Type-C
Harga per Desember 2019Rp. 2.150.000-,Rp. 1.699.000-,

Galaxy Buds

Samsung merupakan salah satu produk yang memang sering disandingkan dengan Apple. Produsen berbagai produk elektronik ini juga dikenal dengan kualitas barangnya yang sangat bagus. Hanya saja, yang membedakan kedua produsen ini adalah beberapa produk samsung memiliki harga jual yang masih terjangkau dibandingkan dengan produk Apple.

Galaxy buds merupakan salah satu produk terbaru keluaran samsung. Samsung sedikit mencontek Airpods untuk penyambungan perangkat wireless yang satu ini ke ponsel, tablet ataupun laptop buatan samsung itu sendiri. Sedangkan untuk sambungan dengan perangkat lain, baik airpods maupun galaxy buds memiliki cara yang sedikit lebih rumit.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laptop atau Tablet?

Galaxy Buds ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik meski dibanderol dengan harga yang lebih murah. Galaxy buds ini juga dapat tersambung ke perangkat android selain samsung, bahkan dapat disambungkan dengan perangkat Apple.

Kelebihan Galaxy Buds

  • Bentuknya yang lebih baik
    Kelebihan yang satu ini adalah kelebihan yang sangat mencolok antara airpods dan galaxy buds. Airpods memiliki desain yang cukup mudah terlepas dari telinga terutama jika kamu menggunakannya saat sedang melakukan kegiatan yang menyebabkan kamu banyak bergerak.

    Galaxy buds memiliki desain seperti pil obat yang dinilai lebih pas di telinga, selain itu galaxy buds ini dilengkapi dengan karet yang mampu membuatnya tidak mudah terlepas meski kamu melakukan kegiatan yang membuatmu banyak bergerak.

  • Memiliki fitur yang lebih mumpuni
    Ada banyak fitur dari galaxy buds yang menjadikannya lebih baik dibandingkan dengan airpods. Fitur tersebut adalah tahan fitur yang membuat galaxy buds ini lebih tahan keringat sehingga dapat kamu gunakan saat sedang berolahraga.

    Selain itu, fitur lain yang tidak ada di airpods adalah “Ambient Sound”, di mana kamu bisa tetap mendengarkan lagu atau menonton video tanpa terisolasi dengan lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu kamu untuk fokus mendengarkan suara yang ada di galaxy buds namun tetap bisa mendengar suara dari sekitar.

  • Daya tahan baterai yang lebih lama
    Jika dibandingkan dengan airpods dari apple, galaxy buds ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Galaxy buds dari samsung ini bisa kamu gunakan  6 jam untuk mendengarkan musik atau 5 jam untuk melakukan panggilan telepon.

Pilih Mana Apple Airpods vs Galaxy Buds

Kekurangan Galaxy Buds

Eits, meskipun memiliki bayak kelebihan, galaxy buds ini tetap produk ciptaan manusia yang pasti memiliki kekurangan juga, kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jumlah mikrofon yang lebih sedikit
    Jumlah mikrofon yang ada pada galaxy buds ini hanya 2, berbeda dengan Apple Airpods yang memiliki 4 mikrofon. Hal ini menjadikan kualitas suara yang dihasilkan galaxy buds kurang baik jika dibandingkan dengan Airpods.
  • Battery case yang biasa saja
    Berbeda dengan case airpods yang memiliki magnet di dalamnya, galaxy buds ini memiliki case yang biasa saja, tidak memiliki magnet yang kuat untuk mencengkram earphone yang satu ini. Tapi ini bukan masalah yang besar, bukan?
  • Desain battery case sulit dibuka
    Bagian buruknya dari desain Battery Case yang ada pada Galaxy Buds adalah tidak bisa dibuka dengan satu tangan, berbeda dengan desain battery case airpods yang lebih mudah dibuka bahkan jika kamu hanya menggunakan satu tangan saja.

Pilih Mana: Apple Airpods vs Galaxy Buds

Apple AirpodsGalaxy Buds
Kelebihan- Kualitas audio yang baik - Battery case Airpods lebih baik karena memiliki cengkeraman magnet yang lebih kuat - Bisa disambungkan dengan perangkat selain Apple - Bentuknya yang lebih baik - Memiliki fitur yang lebih mumpuni - Daya tahan baterai yang lebih lama
Kekurangan- Daya tahan baterai yang sebentar - Tidak dilengkapi fitur tahan keringat - Hanya tersedia dalam satu pilihan warna - Jumlah mikrofon yang lebih sedikit - Battery case yang biasa saja - Desain battery case sulit dibuka

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa galaxy buds memiliki beberapa fitur yang lebih baik jika dibandingkan dengan airpods. Samsung galaxy buds memiliki fitur tahan keringat dan bentuk yang lebih baik dengan harga yang lebih murah, selain itu memiliki tiga variasi warna yang dapat kamu pilih.

Meski begitu, jika kamu pengguna produk Apple seperti iPhone atau yang lainnya, tentu akan lebih baik jika kamu memilih Apple Airpods karena memiliki lebih banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan seperti fitur siri.

Kedua produk ini sama-sama merupakan produk yang baik, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu, ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Apple Airpods vs Galaxy Buds

VS

Leave a Reply