Auto TechGadgets

Pilih Mana: Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

Apple merupakan produsen gadget yang sangat terkenal. Seluruh produk yang dikeluarkan oleh Apple pasti menjadi perbincangan dan menjadi produk yang memiliki banyak sekali penggemar meskipun brand yang memiliki logo apel digigit ini memiliki harga jual yang sangat mahal.

Apple pencil merupakan salah satu produk apple yang cukup populer terutama untuk kamu yang terbiasa dengan dunia desain dan mempunyai gadged iPad. Kini, Apple pencil memiliki generasi kedua yang dirilis bersamaan dengan perilisan salah satu produk iPad terbaru.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaak Apple Pencil 1 dan Apple Pencil 2, yuk simak penjelasan yang sudah ada di bawah!

Pilih Mana: Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

Apple Pencil 1

Apple pencil 1 merupakan generasi pertama yang dirilis apple. Apple pencil generasi 1 ini dirilis pada tahun 2015 dan memiliki banyak kegunaan untuk kamu yang menggunakan iPad. Apple pencil 1 ini mendukung lebih banyak iPad dibandingkan dengan Apple Penci 2 yang dirilis tiga tahun setelahnya.

Selain itu, kamu juga akan sedikit lebih menghemat uang saat membeli apple pencil 1 ini jika dibandingkan dengan membeli apple pencil 2. Untuk lebih lanjutnyam, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Kelebihan Apple Pencil 1

  • Memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi
    Apple menjelaskan jika Apple Pencil memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap tekanan. Jadi, sederhananya, ketika kamu menggunakan Pencil, iPad Pro akan meningkatkan jumlah pemindaian pada panel layar untuk meningkatkan akurasi.

    Meskipun menyerupai alat tulis klasik, Apple Pencil lebih dari sekadar alat tulis, misalnya bila kamu menggunakan Apple Pencil pada tekanan yang rendah maka garisnya akan kecil dan tipis. Begitu pula sebaliknya, saat pengguna menggunakan dengan tekanan yang tinggi maka garisnya akan tebal dan hitam.

  • Proses pengeditan akan lebih presisi
    Teknologi di dalam Apple Pencil harus diakui memang rumit. Namun, ketika kamu menggunakannya di iPad akan terasa benar-benar alami dan intuitif.

    Hal itu karena dengan Apple Pencil, kamu dapat memberi anotasi, menandai, dan mengedit langsung di aplikasi yang kamu gunakan setiap hari dan sekarang ini mencakup Pages, Numbers, dan Keynote, yang sudah otomatis terpasang di iPad.

    Hasilnya, kamu bisa melakukan pengeditan dengan presisi untuk dokumen, spreadsheet, dan presentasi rumit yang akan dibagikan kepada kolega.

  • Dapat digunakan dengan iPad keluaran lawas 
    Untuk kamu yang memiliki iPad keluaran lawas, maka apple pencil 1 menjadi yang paling kompatibel, hal ini dikarenakan apple pencil 2 untuk saat ini tentu hanya kompatibel dengan perangkat iPad yang terbaru. Kedua apple pencil ini memiliki perangkat yang kompatibel tersendiri seperti pada tabel yang kami berikan di bawah.

Pilih Mana: Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

Kekurangan Apple Pencil 1

  • Cara pengisian baterai yang “aneh” 
    Apple Pencil lawas punya port Lightning di bagian atas dan bisa dihubungkan ke iPad Pro untuk pengisian baterai yang terlihat aneh, hal ini resmi hilang di Apple Pencil generasi baru. Selain itu, tetap saja, teknologi pengisian ulang untuk sebuah ‘pensil’ ini cukup membingungkan beberapa pengguna yang malas mengisi ulang perangkat yang hanya berwujud pensil.
  • Tidak mendukung ‘double tap’
    Salah satu kekurangan yang dimiliki apple pencil 1 jika dibandingkan dengan penerusnya adalah tidak dapat menggunakan mode Double Tap yang fungsinya digunakan untuk mengubah Brush ke mode Eraser alias penghapus saat kamu menggambar di aplikasi Notes.
  • Tidak bisa digunakan di perangkat selain iPad 
    Kekurangan yang satu ini merupakan kekurangan yang dimiliki dua generasi apple pencil, apple pencil hanya dapat digunakan oleh produk apple yaitu iPad saja. Yap, meskipun apple pencil ini merupakan produk buatan apple, iphone dan produk lain yang juga buatan apple tidak dapat menggunakan produk yang satu ini dengan alasan layar yang tidak kompatibel.
Model yang kompatibel dengan Apple Pencil 1Model yang kompatibel dengan Apple Pencil 2
- iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1 atau ke-2) - iPad Pro 10,5 inci - iPad Pro 9,7 inci iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-3)
- iPad Air (generasi ke-3) - iPad mini (generasi ke-5)iPad Pro 11-inci
- iPad (generasi ke-6) - iPad (generasi ke-7)
Harga per Januari 2020Rp 1.500.000-,Rp 2.300.000-,

Apple Pencil 2

Apple pencil 2 merupakan generasi penerus dari apple pencil 1 yang dirilis bersamaan dengan iPad Pro 2018 di Apple Event Oktober lalu. Apple Pencil 2 dilengkapi dengan kemampuan menempel dengan kuat dan aman di sisi iPad mirip seperti aksesoris Smart Cover yang juga dilengkapi dengan magnet.

Ada beberapa pembaruan yang juga dimiliki oleh apple pencil 2 dibandingkan pendahulunya seperti dari fitur charging, sensitivitas. Tentunya, pembaruan yang dibuat apple pada generasi kedua apple pencil 2 jauh lebih mahal dibanding dengan apple pencil 1.

Kelebihan Apple Pencil 2

  • Pengisian baterai dengan wireless charging
    Jika Apple Pencil lawas memiliki port Lightning di bagian atas dan bisa dihubungkan ke iPad Pro untuk pengisian baterai yang terlihat aneh, hal ini resmi hilang di Apple Pencil generasi baru.

    Apple menggunakan sistem Wireless Charging di Apple Pencil dengan cara yang sangat sederhana. Yaitu tempelkan ke bodi samping kanan dari iPad Pro 2018 atau iPad yang kompatibel dengan Apple Pencil 2. Bagian ini punya magnet yang akan membuat Apple Pencil tetap lekat sembari mengisi baterai.

    Teknologi ini bisa dibilang multifungsi karena kamu bisa mengisi baterai Apple Pencil saat tidak digunakan dan posisinya selalu dekat dari iPad Pro.

  • Mendukung double tap
    Bagian paling menarik dari Apple Pencil generasi kedua adalah fitur Double Tap yang dimilikinya. Secara default, mode Double Tap dapat digunakan untuk mengubah Brush ke mode Eraser alias penghapus saat kamu menggambar di aplikasi Notes.

    Caranya adalah sentuh bagian Apple Pencil 2x berturut-turut sebagai shortcut rahasia tersebut. Nantinya para pengembang aplikasi dapat menggunakan fitur ini dan pengguna bisa membuat kustomisasi penggunaan double tap sesuai seleramu.

  • Mendukung kustomisasi grafir di Apple online store
    Karena ada sisi datar di Apple Pencil yang digunakan untuk melekatkan ke iPad Pro, Apple memberikan layanan personalisasi untuk Apple Pencil generasi kedua.

    Yaitu grafir dengan laser untuk kustomisasi nama atau ucapan pada perangkat Apple Pencil generasi kedua. Layanan ini tersedia secara gratis dan hanya dapat dilakukan jika kamu membeli Apple Pencil lewat Apple Online Store.

Pilih Mana: Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

Kekurangan Apple Pencil 2

  • Harga Lebih Mahal 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga apple pencil 2 ini sedikit–atau bahkan dapat dikatakan jauh–lebih mahal jika dibandingkan dengan pendahulunya, hal ini tentunya sangat amat wajar mengingat ada beberapa fitur yang diperbarui dan disempurnakan.

    Jika Apple Pencil generasi pertama dijual dengan harga $99, Apple Pencil generasi kedua punya harga lebih mahal. Apple memberikan label harga $129 atau sekitar 1.9 juta Rupiah.

  • Tidak ada suku cadang “Tips” tambahan 
    Tips atau ujung Apple Pencil yang bersentuhan langsung dengan layar iPad Pro kini tidak diberikan lagi dalam bentuk tambahan. Apple menjual 4 Tips Apple Pencil di Apple Online Store jika kamu memerlukannya. Aksesoris ini dijual dengan harga $19.

    Padahal jika dilihat secara harga produk, Apple Pencil generasi 2 dijual lebih mahal dibandingkan generasi pertama. Namun tidak ada aksesoris suku cadang seperti yang diberikan pada generasi pertama.

  • Hanya mendukung produk iPad terbaru 
    Yap, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apple pencil 2 ini hanya mendukung dua versi iPad seperti yang ada pada tabel sebelumnya. Hal ini menyebabkan kamu yang memiliki perangkat apple iPad lain tetap saja tidak bisa menggunakan produk apple pencil generasi kedua ini.

Pilih Mana: Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

Apple Pencil 1Apple Pencil 2
Kelebihan- Memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi - Proses pengeditan akan lebih presisi - Dapat digunakan dengan iPad keluaran lawas dan baru - Pengisian baterai dengan Wireless Charging - Mendukung Double Tap - Mendukung Kustomisasi Grafir di Apple Online Store
Kekurangan- Cara pengisian baterai yang "aneh"  - Tidak mendukung 'double tap' - Tidak bisa digunakan di perangkat selain iPad  - Harga Lebih Mahal  - Tidak ada suku cadang “Tips” tambahan  - Hanya mendukung produk iPad terbaru 

Kesimpulan

Tidak ada perubahan yang cukup signifikan dalam perilisan Apple Pencil 2, bagi kamu yang bingung memilih satu di antara kedua Apple pencil ini, kamu dapat menyesuaikan dengan iPad yang sudah kamu miliki atau mungkin iPad yang juga akan kamu beli bersamaan dengan Apple Pencil.

Untuk kamu yang menginginkan apple pencil yang cukup mumpuni dengan harga yang lebih murah maka sudah dipastikan kamu dapat membeli apple pencil 1 yang juga memiliki lebih banyak jenis iPad yang bisa dihubungkan. Sedangkan kamu yang ingin membeli iPad dengan keluaran baru yang kebetulan kompatibel dengan Apple pencil 2, maka pilihanmu sudah pasti cocok dengan apple pencil 2.

Belilah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Apple Pencil 1 vs Apple Pencil 2

VS

Leave a Reply