AksesorisElektronikFashionFashionGadgetsLifestyleSmartphoneTechnology

Pilih Mana: Apple Watch SE atau Apple Watch Series 4?

Apple memang beda dari produsen smartphone lainnya. Bukan hanya mengeluarkan smartphone canggih, Apple juga merilis berbagai produk canggih lainnya seperti mac, iPod, iPad dan hingga jam tangan canggih bernama Apple Watch.

Ada beberapa series yang telah Apple keluarkan dari Apple Watchnya.  Selain itu, Apple menghadirkan sejumlah peningkatan pada produk smartwatch dibanding generasi sebelumnya. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas 2 varian Apple Watch yaitu, Apple Watch SE dan Apple Watch Series 4.

Apa perbedaan dari kedua produk Apple ini? Mari simak pembahasan berikut ini!

Apple Watch SE

Apple telah merilis smartwatch dalam versi lebih murah dari Watch Series selama ini. Produk tersebut dinamakan Apple Watch SE. Menariknya, meski hadir dalam versi murah, Apple Watch SE dibekali dengan berbagai fitur premium yang mirip seperti yang dimiliki Apple Watch Series 6.

Apple Watch SE sendiri merupakan generasi lanjutan dari Apple Watch Series 3. Nama yang disebut terakhir sudah beredar di pasaran selama tiga tahun belakangan ini. Desain dari Apple Watch SE sendiri dibilang mirip dengan Series 4. Selain itu, ada dua varian yang tersedia, yakni ukuran 40 mm dan 44 mm. Varian tersebut lebih besar dari Apple Watch 3 yang memiliki ukuran 42 mm dan 38 mm.

Apple Watch SE dibekali dengan berbagai fitur yang sama dengan Apple Watch Series 6, termasuk built in accelerometer, gyroscope, altimeter yang selalu menyala, sleep tracking, pendeteksi jatuh, dan deteksi cuci tangan. Apple mengklaim, Apple Watch SE punya kemampuan dua kali lebih baik ketimbang Series 3.
Untuk harga, Apple Watch SE dibanderol dengan Rp5.499.000 untuk model GPS 40mm dan Rp5.999.000 untuk model GPS 44mm.

Kelebihan Apple Watch SE

1. Memiliki Fitur Emergency SOS
Apple Watch SE dengan jaringan seluler juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan bahaya melalui fitur Emergency SOS.

2. Memiliki alarm pintar
Fitur ini dapat menentukan apakah Anda sedang dalam keadaan tidur ringan atau berat serta akan membangunkan Anda dalam jangka waktu tertentu sebelum alarm.

3. Memiliki mode multi-sport
Dengan mode multi-sport Anda dapat dengan mudah melacak jenis olahraga seperti lari, bersepeda, dan berenang. Fitur ini cocok bagi Anda yang ingin beralih dengan cepat ke berbagai aktivitas.

4. Bobot lebih ringan
Bobotnya yang ringan akan membuat jam ini nyaman untuk dibawa kemana-mana.

5. Internal storage 32GB lebih besar
Dengan penyimpanan internal dalam jumlah besar, Anda dapat menyimpan aplikasi dan file lebih banyak.

6. Memiliki fitur sosial
Teman-temanmu yang menggunakan aplikasi sama dapat diintegrasikan dengan akunmu, sehingga kamu bisa bersaing dengan mereka. Lebih seru dan lebih menantang!

Kekurangan Apple Watch SE

1. Fitur Premium yang kurang lengkap
Apple Watch SE tidak memiliki kemampuan always-on display (ada di Apple Watch Series 5 dan 6); kemampuan ECG (ada di Apple Watch Series 4, 5, dan 6); dan oximeter (ada di Apple Watch Series 6).

Lihat juga:  10 Kulkas Mini Terbaik 2022

2. Pengisian Daya Yang Cukup Mahal
Untuk pengisian daya, Apple Watch memerlukan pengisi daya khusus, namun hal untuk mendapatkan itu membutuhkan budget yang cukup mahal.

 

Apple Watch Series 4

Apple juga memperkenalkan seri terbaru smartwatch Apple Watch. Disebut dengan nama Apple Watch Series 4, jam tangan pintar ini mengusung beragam perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya, misalnya dalam hal desain.

Apple Watch Series 4 punya layar lebih jumbo dengan dua pilihan, yaitu 40 mm dan 44 mm, yang meningkat dari sebelumnya 38 mm dan 42 mm. Meski layar membesar, Series 4 ini lebih langsing dari Series 3 karena Apple memperkecil ukuran bezelnya.

Kelebihan Apple Watch Series 4

1. Layar Jumbo
Seperti yang telah disebutkan di atas, Apple Watch Series 4 memiliki layar jumbo dengan dua pilihan, yaitu 40 mm dan 44 mm. Meski demikian, tetap nyaman saat dipakai.

2. Dibuat dari Material Keramik dan Safir
Seluruh versi Series 4 ini dibuat dengan material keramik dan safir sehingga terlihat lebih elegan.

3. Performa Chipset Gahar
Dari segi chipset, Apple Watch Series 4 ditenagai oleh chipset baru Apple S4 yang memadukan CPU dual core 64 bit serta GPU powerful. Performanya diklaim 2 kali lipat gaharnya dibanding Series 3.

4. Memiliki Fitur ECG Untuk Mengukur Detak Jantung
Fitur unggulan terbaru adalah ECG (electrocardiography) yang lebih baik sehingga lebih mumpuni dalam mengukur detak jantung penggunanya.

5. Sensor giroskop Pendeteksi
Jika sewaktu-waktu Anda jatuh, maka Series 4 akan menanyakan apakah perlu memanggil layanan darurat. Jika tidak ada tanggapan dan pengguna tak bergerak lebih dari 5 detik, Siri akan otomatis menghubungi paramedis.

Kekurangan Apple Watch Series 4

1. Belum Ada Fitur Always On
Meskipun Apple Watch Series 4 memiliki beragam fitur canggih. Sayangnya, belum ada fitur layar always on yang mungkin sedikit mengecewakan.

Keterangan Apple Watch SEApple Watch Series 4
Kelebihan - Memiliki Fitur Emergency SOS - Memiliki alarm pintar - Memiliki mode multi-sport - Bobot lebih ringan - Internal storage 32GB lebih besar - Memiliki fitur sosial- Layar Jumbo - Dibuat dari Material Keramik dan Safir - Performa Chipset Gahar - Memiliki Fitur ECG Untuk Mengukur Detak Jantung - Sensor giroskop Pendeteksi
Kekurangan - Fitur Premium yang kurang lengkap - Pengisian Daya Yang Cukup Mahal- Belum Ada Fitur Always On
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Pilih Mana: Apple Watch SE atau Apple Watch Series 4?

Kesimpulan

Kedua produk Apple tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda yang memiliki budget lebih, silahkan memilih di antara keduanya. Tapi perlu diingat, sesuaikan spesifikasi dengan kubutuhan kalian. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Apple Watch SE atau Apple Watch Series 4

VS