Finance

Pilih Mana: Asuransi atau Investasi?

Apa kamu sudah mempersiapkan tabungan atau uang kamu untuk masa depan kamu dan keluarga kamu? Banyaknya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu agar kamu lebih siap untuk menghadapi masa yang akan datang. Asuransi dan Investasi adalah sebuah cara yang saat ini menjadi pilihan orang untuk mengatur keuangan kamu agar aman di masa mendatang.

Apakah kamu sudah mempunyai Asuransi dan Investasi? Atau kamu baru mau ingin mencoba dari kedua ini? Sebelum kamu memilih keduanya, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Asuransi dan Investasi. Penjelasan dari keduanya sudah saya jelaskan pada artikel kali ini, jadi yuk langsung saja kamu bisa membaca artikelnya di bawah ini.

Asuransi

Asuransi adalah suatu bentuk pengaturan resiko dimana satu pihak mengalihkan resiko yang mungkin terjadi di masa depan kepada pihak yang lain, dalam hal ini perusahaan Asuransi. Sehingga terdapat juga yang mengatakan pengertian Asuransi adalah suatu perjanjian antara pihak tertanggung (nasabah) dengan penanggung (Perusahaan Asuransi ) dimana perusahaan Asuransi bersedia mengganti kerugian yang mungkin dirasakan oleh nasabah di masa mendatang. Baca juga Pilih Mana: GPN atau Visa?

Undang-Undang Nomor. 2 Th 1992 mengenai perasuransian merupakan perjanjian antara 2 pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menyambut premi Asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ketiga yang mungkin akan dialami tertanggung, yang timbul dari sesuatu peristiwa yang tidak pasti, ataupun memberikan sesuatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Kelebihan Asuransi

  • Memberikan jaminan perlindungan dari resiko kerugian
    Bila kamu sudah terlindungi, resiko kehilangan harta benda atau kerusakan apapun bisa diminimalisir melalui program Asuransi.
Memberikan jaminan perlindungan dari resiko kerugian misalnya, bisa ambil contoh sebuah mobil baru tiba-tiba mengalami kecelakaan di jalan. Kalau tidak mempunyai proteksi kendaraan biaya yang ditanggung lebih besar dibandingkan kalau menggunakan Asuransi.
  • Membantu pengaturan keuangan
    Biaya premi (uang yang harus dibayarkan setiap bulan sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaan). Besarnya biaya disesuaikan perusahaan masing-masing.
Adanya tanggung jawab pembayaran premi tiap bulan, secara tidak langsung membuat kalian wajib menyisihkan pendapatan beberapa persen. Dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk membeli barang konsumtif dan tidak berguna. Hal ini sangat membuat kamu mengatur keuangan kamu.
  • Dana cadangan atau tabungan
    Asuransi juga dapat menjadi cadangan tabungan kamu, jadi kamu bisa mengetahui kemana saja uang kamu berada. Hal ini sangat penting untuk kamu menyiapkan masa depan kamu dengan kamu menggunakan Asuransi apapun jenisnya.
Asuransi juga tidak perlu kamu kontrol sendiri, kamu hanya memberikan kepercayaan kepada perusahaan yang kamu pilih, dan akan ada report pada setiap bulannya akan lebih praktis.

Kekurangan Asuransi

  • Dana hangus bila tidak terjadi klaim
    Para nasabah yang secara tiba-tiba berhenti membayar premi. Maka haknya akan diambil oleh perusahaan penyedia Asuransi. Tentu saja hal tersebut membuat kecewa, untuk itu dari awal mohon baca cara klaim secara seksama.

  • Penanggulangan terbatas
    Penanggulangan potensi kerugian oleh perusahaan cukup terbatas pada risiko yang bisa diukur nilai ekonomisnya. Terbayarnya “ganti rugi” hanya jika anda benar-benar mengalami masalah atau kerugian akibat kecelakaan, sesuai dengan isi polis yang sudah ada.
  • Belum banyak orang mengetahui peranannya
    Kekurangan satu ini memang pada dasarnya orang lebih suka menabung sendiri sehingga peranan Asuransi ini sangat minim orang mengetahuinya. Kebanyakan orang lebih tau sisi negatif dari Asuransi ini.

Jenis-Jenis Asuransi.

Jenis AsuransiKeterangan
Asuransi JiwaJenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.
Aruransi KesehatanJenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan.
Asuransi KendaraanAsuransi kendaraan yang paling populer di indonesia adalah jenis asuransi mobil yang fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. Asuransi ini juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.
Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti Sebagai aset yang dinilai cukup berharga, biasanya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung.
Asuransi PendidikanAsuransi yang paling populer dan menjadi favorit para pemegang polis. Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.
Asuransi BisnisAsuransi ini merupakan layanan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.
Asuransi KreditAsuransi kredit merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan.

Investasi

Investasi adalah sesuatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Sebutan itu berhubungan dengan akumulasi sesuatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.

Investasi bukanlah menjadi hal yang asing lagi untuk setiap orang. Pada dasarnya Investasi merupakan aktivitas menanamkan modal pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari.

Kelebihan Investasi

  • Mendapatkan keuntungan
    Investasi menjadi alasan mengapa banyak orang ingin menjalankan Investasi adalah keuntungan yang didapat. Bahkan dapat dikatakan alasan ini menjadi landasan utama mengapa banyak orang melakukan Investasi, Investasi memang menjamin keuntungan yang begitu menguntungkan.
Keuntungan Investasi yang kamu capai  tidak didapatkan dari sebuah kerja keras. Kamu hanya perlu menyetorkan uang sebagai modal Investasi sebuah perusahaan dan kamu akan mendapatkan keuntungan pada saat perusahaan mendapat profit.
  • Sumber penghasilan yang sangat ampuh nilainya
    Bila kamu tidak Investasi maka sama saja kamu melewatkan sumber penghasilan yang nilainya sangat signifikan terhadap keuangan di masa mendatang.
Investasi merupakan satu dari sekian banyak hal yang bisa kamu ambil untuk menciptakan sumber penghasilan tambahan. Bila perlu, kamu sandingkan juga dengan bisnis sampingan yang berpotensi menjadi passive income kamu.

  • Dapat dijadikan tabungan pensiun
    Kelebihan lainnya yang menjadi alasan mengapa banyak orang menjalankan Investasi adalah Investasi dapat dijadikan sebagai tabungan di hari tua. Untuk menyiapkan tabungan pensiun, kamu dapat menyiapkannya meskipun di usia yang masih sangat muda. Hal ini agar kamu bisa menghadapi masa pensiun dengan lebih matang.
Kamu bisa memilih Investasi jangka panjang sedari dini, sehingga keuntungannya akan bisa dirasakan nanti ketika sudah memasuki masa pensiun.

Kekurangan Investasi

  • Dapat terjadi kerugian
    Dengan banyaknya jenis Investasi yang bisa kamu lakukan tidaklah semua Investasi akan mendapatkan keuntungan, banyaknya juga orang yang mengalami kerugian karena adanya penurunan harga pada Investasi itu sendiri contohnya seperti Investasi saham, jika terjadinya resiko penurunan harga saham. Saat harga saham turun, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah Investasi gulung tikar.
  • Terdapat modal yang besar beberapa jenis investasi
    Kekurangan lainnya adalah bahwa terdapat modal yang besar untuk kamu memulai Investasi tersebut. Salah satu jenis Investasi yang memerlukan modal besar adalah Investasi properti. Meski begitu, keuntungan yang didapat akan sebanding bahkan lebih bisa lebih besar dibanding modal yang dikeluarkan.
  • Adanya pinalti
    Berbagai jenis Investasi yang bisa kamu pilih pasti ada kekurangannya tersendiri. Adanya pinalti adalah kekurangan dari Investasi deposito, maksud dari ini sendiri tidak bisa sewaktu-waktu ditarik dan adanya penalti yang justru akan mengurangi nilai penambahan keuntungan.

Persamaan Manfaat Asuransi dan Investasi

  • Asuransi menghadirkan rasa aman, dalam artian bahwa dengan kamu mempunyai Asuransi itu membuat kamu dapat lebih berkonsentrasi dalam beraktivitas dan mengembangkan diri. Hidup Anda pun akan lebih tenang karena merasa terlindungi. Invesatasi juga akan memberikan rasa aman terhadap kamu yang melakukan Invesatsi, karena dengan Investasi juga akan meberikan kamu lebih berkonsentrasi untuk melakukan kegiatan, karena hidup kamu dan keluarga sudah terjamin.
  • Asuransi dan Investasi dapat kamu jadikan sebagai dan dimasa yang akan datang atau dengan nama lain bisa kamu pergunakan sebagai dana di masa tua atau dana pensiun. Adanya jenis Asuransi dan Investasi yang jangka panjang membuat kamu mempunyai tabungan lainnya selain hasil dari uang pensiun kamu dari tempat kamu bekerja.
  • Baik Asuransi dan Investasi dapat menjadi sebuah tabungan untuk biaya pendidikan anak. Karena dengan adanya Asuransi dan Investasi sampai dengan anak selesai sekolah uang dari Asuransi dan Investasi dapat menjadi  tabungan yang sangat bermanfaat untuk anak kamu.
Tetapi perbedaan yang mencolok dari Asuransi dan Invesatasi adalah Asuransi lebih baik untuk melindungi kehidupan keluarga dan dapat menjadikan taraf hidup yang aman dan sejahtera dimasa yang akan datang, Investasi lebih berfokus untuk mengahasilkan profit atau keuntungan dan kesejahteraan pada Investasi tersebut tetapi tidak adanya perlindungan kehidupan.

Jenis-Jenis Investasi.

Jenis InvestasiKeterangan
Investasi DepositoDeposito adalah sistem investasi dengan cara menyimpan uang dalam jumlah tertentu dengan jangka waktu yang telah disepakati antara investor dan pihak bank. Uang yang disimpan diendapkan dan hanya dapat dicairkan jika telah jatuh tempo sesuai tanggal yang tertera dalam ketentuan tertulis investasi ini dilakukan. Bila tetap ingin mencairkan dana sebelum jatuh tempo maka akan dikenakan penalti.
Investasi EmasInvestasi emas termasuk jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Jika ingin memiliki investasi dalam bentuk emas, sebaiknya pilihlah emas batangan (logam mulia) atau dalam bentuk koin emas. Sebab, emas batangan atau koin emas tidak mengalami penyusutan harga karena upah pembuatan.
Investasi SahamInvestasi dengan menanamkan modal kepada perusahaan, perusahaan akan memberikan keuntungan berupa deviden kepada investor. Bila image operasional suatu perusahaan dianggap baik, investor berlomba-lomba menanamkan sahamnya dan hal ini akan berpengaruh pada nilai jual saham yang tinggi nantinya. Namun bila perusahaan bangkrut, maka saham Anda pun menjadi imbasnya.
Investasi PropertiBisnis investasi properti merupakan bisnis yang paling banyak dilakukan. Terkadang tidak harus dalam bentuk besar terlebih dahulu. Aset dalam investasi properti bisa berupa kepemilikan rumah dan tanah. Harga rumah dan tanah selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.
Investasi ObligasiInvestasi obligasi merupakan sistem investasi dimana seorang investor memberikan pinjaman dana pada suatu perusahaan atau pemerintah dan dibuktikan dengan adanya surat hutang dari negara. Pihak yang berhutang akan dikenakan bunga dan jangka waktu pengembalian lewat dari satu tahun.
Investasi ReksadanaJenis investasi reksadana merupakan model investasi dengan cara menghimpun dana secara kolektif. Seorang investor akan menyediakan sejumlah aset kepada manager investasi untuk dikelola dalam bentuk investasi-investasi lainnya.
Investasi TabunganInvestasi paling sederhana, mudah, dan banyak peminatnya. Modalnya tidak terbatas dan cara yang dilakukan sangat mudah. Cukup menyimpan sejumlah dana pada bank, dapat ditarik bila diperlukan. Adanya sistem bunga bisa menjadi keuntungan yang bisa diperoleh. Namun, biasanya bunga yang diperoleh nilainya ikut tergerus oleh biaya administrasi bank.

Pilih Mana: Asuransi atau Investasi?

AsuransiInvestasi
Kelebihan- Memberikan jaminan perlindungan dari resiko kerugian - Membantu pengaturan keuangan - Dana cadangan atau tabungan - Mendapatkan keuntungan - Sumber penghasilan yang sangat ampuh nilainya - Dapat dijadikan tabungan pensiun
Kekurangan- Dana hangus bila tidak terjadi klaim - Penanggulangan terbatas - Belum banyak orang mengetahui peranannya - Dapat terjadi kerugian - Terdapat modal yang besar beberapa jenis investasi - Adanya pinalti

Kesimpulan

Asuransi dan Investasi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya sudah banyak diminati oleh berbagai orang untuk mengatur keuangan agar lebih aman masa yang akan datang. Karena ada banyaknya jenis Asuransi dan Investasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Untuk kamu yang ingin mencoba salah satu dari kedua ini kamu sudah mengetahui besar kecilnya resiko yang akan kamu dapatkan ya.  Semoga penjelasan artikel saya kali ini bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Asuransi vs Investasi

VS

Leave a Reply