Finance

Pilih Mana: Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Secara harfiah, asuransi itu sama-sama menawarkan perlindungan kerugian maupun risiko terburuk yang di kemudian hari terjadi pada kendaraan. Masih awamnya orang yang membeli atau memiliki mobil bingung untuk menentukan memilih asuransi untuk melindungi kendaraanya. Maka dari itu di kesempatan ini kami uraikan beberapa hal penting tentang pilih mana: asuransi mobil all risk atau TLO yang sesuai kebutuhan kendaraan Anda.

Menurut catatan WHO kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, setelah penyakit jantung dan TBC. Menurut data Korlantas Polisi, ada 105.374 kasus pada 2016. Kelalaian manusia merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan. Faktor ini tidak hanya datang dari Anda akan tetapi juga dari pengendara lain. Kelalaian orang lain ketika berkendara bisa menjadi buruk bagi Anda. Bahkan jika seseorang telah mengemudi secara tertib, dia bisa saja menjadi korban karena pengendara yang ugal-ugalan di jalan.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

Dari tulisannya saja All Risk yang memiliki arti segala risiko. Ini berarti semua tarif premi all risk, tidak hanya menjamin kerugian akibat kehilangan kendaraan tetapi juga menjamin kerusakan sebagian (partial risk), misalnya mobil terserempet di kendaraan lain atau sejenisnya, juga menjamin kerugian total akibat kecelakaan.

Apa Itu Asuransi Mobil Total Loss Only /TLO

Dikutip dari Kompas.com, Total Loss Only biasa merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi jika kendaraan mengalami kehilangan atau kerusakan dengan kondisi minimal 75% yang menyebabkan kendaraan tidak bisa digunakan lagi.

Beberapa faktor untuk menghitung premi:

– Jenis jaminan
Premi jaminan all risk lebih tinggi dari TLO. Apalagi jika semua risiko ditambah dengan perpanjangan garansi yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah premi. Baca Juga Pilih Mana: Unit Link atau Asuransi Murni?

– Jenis kendaraan
Jenis kendaraan ini menjadi faktor perhitungan premi yang nilainya dari persentase harga, semakin mahal harga kendaraan semakin kecil persentasenya. Meski begitu, kendaraan yang dilengkapi dengan fitur keselamatan bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan potongan harga premi.

– Rekaman jejak kredit
Rekam jejak yang bagus di bank atau lembaga keuangan lainnya bisa menjadi dasar untuk mendapatkan keringanan premi. Begitu juga sebaliknya, jika sebelumnya sempat bermasalah dengan sejarah kredit hal ini dapat membebani premi asuransi Anda.

– Riwayat mengemudi & usia pengemudi
Perusahaan asuransi memiliki mata dan telinga di kepolisian, dengan begitu pihak asuransi bisa mengetahui riwayat mengemudi Anda. Jika Anda sering kena tilang, mengalami kecelakaan, dan sebagainya, maka pihak asuransi akan memiliki risiko tinggi yang pada akhirnya biaya premi Anda akan menjadi lebih mahal. Selain itu pihak asuransi juga akan mempertimbangkan jumlah premi jika usia pengemudi berusia di bawah 30 tahun atau di atas 60 tahun.

– Lokasi
Domisili Anda juga mempengaruhi biaya premi. Pasalnya, perusahaan asuransi tersebut memiliki catatan lokasi yang dianggap rentan kriminalitas seperti pencurian kendaraan. Selain itu, perusahaan asuransi juga akan mensurvei rumah Anda apakah Anda memiliki garansi atau tidak.

– Rata-rata jarak tempuh
Faktor ini tidak berlaku untuk kendaraan baru. Dalam faktor ini jika mobil lebih sering digunakan, maka akan semakin tinggi pula risikonya. Dengan begitu, jarak tempuh kendaraan akan menjadi faktor yang mempengaruhi jumlah preminya.

Perbedaan antara asuransi mobil all risk dan TLO.

1. Perhitungan Premi Asuransi
Bila Anda memilih menggunakan asuransi kendaraan ada sejumlah biaya yang harus dibayar untuk mengalihkan risiko kerugian kendaraan ke pihak asuransi. Biaya tersebut dikenal sebagai premi asuransi. Setiap perusahaan asuransi memiliki aturan sendiri untuk premi. Meski begitu, pemilik kendaraan tentu mendambakan premi murah namun pada saat bersamaan proteksinya lengkap. Yang penting Anda jangan langsung tergiur dengan harga murah tapi mengabaikan kualitas layanan asuransi tersebut.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vertcoin atau Monero?

Secara umum, cara menghitung premi asuransi mobil didasarkan pada rate asuransi dikalikan dengan harga mobil. Besarnya biaya premi asuransi TLO atau All Risk juga masih akan ditambah dengan biaya administrasi, biaya polis, cap, dan biaya lainnya. Berdasarkan perhitungan di atas, premi asuransi All Risk lebih besar dari TLO. Anda perlu menyediakan lebih banyak dana jika Anda ingin mendapatkan polis asuransi All Risk. Premi asuransi dibayar hanya satu kali, namun perlindungan asuransi hanya berlaku selama satu tahun.

2. Perlindungan yang Diberikan
Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan atas kehilangan sebagian atau keseluruhan mobil akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya, jika Anda memilih asuransi mobil all risk. Jenis asuransi seperti ini juga disertai dengan penambahan perluasan jaminan seperti kerusakan akibat banjir atau kerusakan akibat terjebak dalam kasus huru hara, dan hilangnya kendaraan. Selain menanggung semua risiko pada kendaraan, jenis asuransi ini juga memberikan perlindungan jika Anda menabrak kendaraan lain atau biasa disebut pertanggungjawaban pihak ketiga.

Sementara jenis asuransi mobil TLO hanya menjamin risiko kehilangan atau kerusakan kendaraan minimal 75% yang menyebabkan kendaraan tidak bisa digunakan lagi. Perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang klaim jika terjadi kasus seperti itu, namun tidak akan menanggung kerusakan ringan dengan persentase kurang dari 75%. Karena proteksi yang diberikan tidak selebar asuransi mobil all risk, maka preminya juga lebih rendah. Jika Anda memilih asuransi mobil TLO tentu saja Anda bisa lebih hemat dan berhati-hati dalam berkendara.

Jika Kedua Asuransi Dikombinasikan

Tidak perlu bingung. Anda bisa melakukan kombinasi antara TLO dan All Risk. Jika Anda baru membeli mobil dari showroom atau Anda mengkredit mobil bekas, tidak ada salahnya membeli polis asuransi mobil all risk pada tahun pertama dan tahun kedua. Setelah itu, mobil bisa diasuransikan dengan membeli polis asuransi TLO di tahun ketiga dan seterusnya. Beban keuangan sebanding dengan risiko kerusakan menjadi pertimbangan penting. Meskipun kerusakan kecil, ini tidak berlaku jika Anda memiliki mobil baru karena mobil baru selalu membutuhkan biaya yang relatif lebih tinggi sekalipun kerusakannya hanya sedikit. Seiring bertambahnya usia mobil, tidak ada salahnya beralih ke TLO.

Asuransi Mobil All RiskAsuransi Mobil TLO
- Menjamin kehilangan mobil dan kerusakan per bagian mobil- Menjamin kehilangan mobil dan kerusakan total mobil
- Premi terbilang besar- Premi lebih kecil
- Kerusakan bagian yang kecil hingga rusak total mobil dapat ditanggung- Asuransi dapat digunakan jika kerusakan mobil dalam kondisi 75% rusak

Kesimpulan

Semua kembali ke kemampuan dan kebutuhan Anda. Semakin mahal biaya premi tentunya sebanding dengan proteksi yang diberikan oleh pihak asuransi. Jika bicara jumlah premi, premi asuransi TLO jauh lebih rendah dibanding asuransi all risk, namun dalam asuransi all risk Anda mendapatkan keseluruhan perlindungan baik itu kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan sekalipun. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Asuransi Mobil All Risk vs TLO

VS

Leave a Reply