Smartphone

Pilih Mana: Asus atau Xiaomi?

Asus dan Xiaomi merupakan dua merek ponsel besar bagi masyarakat Indonesia. Kedua vendor ini memang terlihat saling berebut pasar smartphone kelas menengah ke atas melalui perangkat terbarunya. Tidak hanya memiliki kemiripan di bidang spesifikasi, namun kedua vendor ini menghadirkan perangkat dalam waktu yang hampir bersamaan.

Asus

Asus merupakan salah satu vendor smartphone asal Taiwan yang juga berpengalaman dalam membuat notebook dan komponen komputer. Salah satu perangkat yang baru saja diluncurkan Asus ialah seri Asus Zenfone Max Pro M1. Perangkat ini dibekali dengan layar seluas 6 inci dengan aspek rasio 18:9 dan memiliki layar Full HD+ dengan resolusi 2160 x 1080 pixel. Baca juga Pilih Mana: Asus Zenfone 5Z atau Pocohpone F1?

Kelebihan Asus

1. Memiliki 3 varian RAM
Asus memberikan 3 varian RAM yang beragam sesuai kebutuhan penggunanya. Ukuran RAM tersebut terdiri dari RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 64 GB. Sementara Xiaomi hanya memiliki dua varian RAM yakni versi RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB.

2. Unggul dalam kinerja
Secara teori, kinerja dari Asus lebih unggul dibandingkan Xiaomi. Bahkan dari beberapa sumber mengungkapkan bahwa skor AnTuTu Asus mencapai 116.685, sementara Xiaomi hanya mencapai skor 113.318.

Kekurangan Asus

1. User interface terkesan membosankan
Meskipun memiliki kinerja yang unggul, sayangnya Asus masih mengunakan user interface Zen UI yang terlihat polos, kurang menarik dan terkesan membosankan.

2. Minim fitur kamera
Dengan segala kemampuannya, pengguna Asus harus merasa puas dengan kamera beresolusi lebih kecil dan minim fitur. Kecuali penggunanya menggunakan Asus versi 6 GB dan ROM 64 GB.

Xiaomi

Xiaomi merupakan vendor terbaru di pangsa pasar smartphone yang nyatanya sanggup menyita perhatian para pengguna smartphone dunia, terutama Indonesia. Salah satu perangkat yang baru saja diluncurkan Xiaomi ialah Xiaomi Redmi Note 5. Layar Xiaomi Redmi Note 5 berukuran 5,99 inci dengan layar Full HD+ dengan aspek rasio 18:9 inci.

Kelebihan Xiaomi

1. Memiliki MIUI atau user interface beragam
Xiaomi memiliki dukungan MIUI 9 dengan berbagai macam fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengotak-atik tampilan smartphone sesuai keinginan sehingga tampilannya terlihat unik dan nyaman saat digunakan.

2. Sensor kamera lebih unggul
Xiaomi nampaknya lebih unggul dengan menggunakan sensor kamera yang lebih besar dan didukung oleh fitur AI (artificial intelligence) Beautify 4.0 yang diklaim mampu mengindentifikasikan fitur wajah dan memberi ribuan efek peningkatan pada hasil fotonya.

Kekurangan Xiaomi

1. Varian RAM lebih kecil
Vendor Xiaomi hanya memiliki dua varian yang tergolong kecil, akan tetapi Xiaomi menyediakan tempat untuk microSD jika ruang penyimpanan tersebut masih dirasa kurang untuk penggunanya.

2. Kapasitas baterai hanya 4000 mAh
Meski Xiaomi telah mendukung fitur Fast Charging, namun sayang Xiaomi hanya memiliki kapasitas baterai 4000 mAh yang masih kalah jika dibandingkan dengan Asus. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Asus memiliki kapasitas baterai besar mencapai 5000 mAh dengan tambahan fitur Fast Charging. Kapasitas ini sangat mempengaruhi lama tidaknya perangkat dapat menemani aktivitas penggunanya.

Pilih Mana: Asus atau Xiaomi?

AsusXiaomi
Kapasitas baterai– Mencapai 5000 mAh– Hanya berkapasitas 4000 mAh
Resolusi kamera depan – Hanya 8 MP atau 16 MP (versi 6 GB/64 GB)– Hanya 13 MP
Resolusi kamera utama – Dual camera 13 MP + 5 MP atau Dual camera 16 MP + 5 MP (versi 6 GB/64 GB)– Dual camera 12 MP + 5 MP

Kesimpulan

Jika disimpulkan maka Asus bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini karena banyaknya keunggulan yang diberikan Asus untuk para penggunanya. Terutama bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan harga yang tidak terlalu mahal namun dengan kapasitas baterai, RAM dan kinerja yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Asus vs Xiaomi

VS

Leave a Reply